Normal mengalami diare di saat haid

Bintang.com, Jakarta
Banyak perubahan saat kamu mengalami menstruasi. Payudara terasa lebih kencang dan membesar, jugai perut bagian bawah terasa sangat sakit
Tapi, selain itu, haid juga membawa efek samping lain yang bikin kamu nggak nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satunya diare.
Sebagian cewek memang mengalami diare ringan hingga hebat setiap kali mereka mendapat haid. Biasanya, diare saat haid bisa hilang dengan obat biasa.
Tapi, kalau setiap bulan harus minum obat, repot juga, kan? Sebenarnya, apa sih yang menyebabkamu diare setiap kali datang bulan?
Dilansir dari Broadly dari Vice, hal ini terjadi ternyata karena perubahan zat kimia tubuh yang disebut prostaglandin, yaitu lemak yang digunakan tubuh untuk mencegah kehilangan darah dan pembekuan darah.
Usai masa ovulasi, dinding rahim akan menjadi lebih tebal dan penuh dengan prostaglandin. Nah, ketika lapisan ini luruh dan kamu mulai memasuki masa haid, prostaglandin juga ikut dikeluarkan, memberikan sinyal untuk dinding rahim agar melunak sehingga lebih mudah untuk luruh.
Nah, kelebihan zat prostaglandin inilah yang bikin kamu cramps atau sakit perut saat haid. Nah, kalau prostaglandin bocor dan masuk ke dalam aliran darah, zat ini akan memberikan sinyal kepada setiap jaringan otot lembut di tubuhmu, termasuk usus besar. Makanya, sebagian cewek mengalami diare pada saat
haid .



0 Response to "Normal mengalami diare di saat haid"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.