Mengenal hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file atau data website sehingga website tersebut dapat diakses oleh banyak orang secara online. Hosting juga dapat didefinisikan sebagai jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu untuk menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.
Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.
Jenis–Jenis Hosting
Layanan web hosting terdiri atas beberapa jenis, diantaranya shared hosting, VPS (Virtual Private Server), dedicated server, dan colocation server.
1. Shared Hosting
Yaitu sebuah layanan hosting yang menggunakan server hosting secara bersama-sama dengan pengguna lain – satu server digunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya, dalam satu server tersebut terdapat beberapa akun.
2. VPS (Virtual Private Server)
Layanan hosting ini juga dikenal sebagai VDS (Virtual Dedicated Server), merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini bersifat virtual, maka hal ini memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
3. Dedicated Server
Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VDS. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting.
4. Colocation Server
Yaitu sebuah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
Tips Memilih Hosting
Karena kualitas layanan hosting akan menjadi penentu perkembangan website Anda, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum menentukan pilihan, diantaranya:
1. Kualitas Server
Sebelum menentukan pilihan, Anda perlu mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu. Ini adalah hal paling pokok yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai kesuksesan Anda di dunia online terhambat hanya karena website Anda sulit diakses, atau sederet permasalahan teknis layanan hosting lainnya.
Ada banyak parameter yang bisa Anda cermati. Misalnya, lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pengunjung website Anda berada. Apabila Anda ingin membuat website dengan target pengunjung dari Indonesia, akan lebih baik apabila server website Anda juga berada di Indonesia.
Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting bersangkutan. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka kecepatan aksesnya akan semakin baik).
2. Review Pelanggan
Sebelum memutuskan layanan yang ingin Anda gunakan, ada baiknya Anda mempertimbangkan pendapat orang lain. Anda perlu melihat review dari pengguna lain untuk dijadikan sebagai dasar pertimbangan.
Ada banyak sumber yang bisa Anda telusuri, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mengenai suatu layanan hosting. Tidak semuanya obyektif, tentu saja. Anda perlu berhati-hati. Temukan ulasan dari blog atau forum terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih relevan.
Anda dapat menyimak kelebihan yang ada berdasarkan pengalaman dan sudut pandang pengguna lain. Kemudian, refleksikan kepada diri Anda, akan seperti apa jika Anda mengalami hal serupa. Ini adalah salah satu cara efektif dalam menakar bagus tidaknya suatu layanan hosting.
3. Kelengkapan Fitur
Selain fitur umum, Anda perlu mempertimbangkan fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan hosting bersangkutan. Ada banyak fitur yang biasanya disediakan. Saking banyaknya, bisa jadi Anda justru kurang fokus sehingga tidak mempertimbangkan fitur apa yang sebaiknya Anda prioritaskan.
Anda perlu memperhatikan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan. Misalnya, Anda memerlukan fitur SpamAssassin Protection serta SpamExperts. Fitur ini nantinya akan membantu Anda mengatasi spam pada website Anda dengan lebih mudah.
Selain itu, masih soal keamanan, Anda perlu memasang BitNinja Smart Security. Ini adalah tool yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan server Anda dari serangan botnet, malware, maupun hacker. Tanpanya, website Anda akan lebih potensial menjadi korban serangan.
Anda juga sebaiknya mempertimbangkan ketersediaan fitur lain yang mungkin akan Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda ingin lebih mudah dalam membangun website, Anda akan membutuhkan fitur tambahan seperti Website Builder. Atau mungkin Anda ingin membuat blog berbasis WordPress hanya dalam beberapa klik, maka Anda dapat mempertimbangkan provider hosting yang menyediakan Softaculous Auto Installer.
4. Dukungan Pelanggan
Saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan layanan hosting yang menyiapkan tim dukungan teknis 24 jam nonstop.
Idealnya tim Customer Support layanan hosting Anda harus tersedia 24 jam nonstop. Mereka harus selalu siap sedia kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis. Tidak hanya siap sedia, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan Anda dengan cepat. Tingkat keramahan serta kesigapan CS merupakan parameter utama yang perlu diperhatikan. Tentunya Anda ingin diperlakukan dengan sebaik mungkin.
Kemudian, perhatikan juga melalui cara apa Anda dapat menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara komunikasi untuk Anda seperti tiket bantuan, email, live chat, maupun panggilan telepon.
5. Garansi Pengembalian Uang
Garansi uang kembali adalah salah satu kemudahan yang harus diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, penyedia layanan tersebut menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan atau dengan konsekuensi mereka akan kehilangan Anda.
Dari pihak pelanggan, adanya kemudahan ini tentu cukup menyenangkan. Bayangkan, penyedia layanan hosting memberikan jaminan kepuasan kepada Anda. Jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, Anda bisa melakukan klaim dan uang Anda akan dikembalikan secara utuh.
Hampir semua penyedia layanan hosting menawarkan kemudahan ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang ditetapkan bisa berbeda-beda. Sebaiknya Anda memilih provider dengan syarat serta ketentuan yang tidak merepotkan.