Contoh Tumbuhan Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka)

Contoh Tumbuhan Gymnospermae
1. Pohon Pinus
Pohon pinus termasuk dalam tumbuhan biji terbuka. Pinus mempunyai nama latin Casuarina Equisetifolia
merupakan tumbuhan yang menghasilkan getah untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bahan baku membuat cat. Selain getahnya, batang pohon pinus juga dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Pohon pinus mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.
2. Melinjo
Contoh tumbuhan berbiji terbuka lainnya adalah melinjo. Nama latin melinjo adalah Gnetum Gnemon Linn.
Biji melinjo sering dimanfaatkan untuk di jadikan berbagai olahan makanan seperti emping, dan daun dari melinjo biasanya menjadi campuran bahan membuat sayur. Selain untuk dikonsumsi biji melinjo juga sangat ampuh untuk terapi berbagi macam penyakit seperti asam urat, pengontrol kolesterol, mencegah berkembangbiakan sel kanker dan lain-lain.
3. Pakis Haji
Pakis haji termasuk dalam tumbuhan biji terbka (Gymnospermae). Pakis haji memiliki nama latin
Cycas Rumphii. Di Indonesia sendiri tanaman ini lebih populer sebagai tanaman hiasan rumah kantor, maupun taman.
4. Pohon Cemara
Pohon cemara termasuk dalam tumbuhan biji terbuka. Pohon cemaa mempunyai nama latin Araucaria Cunninghamii . Pohon cemara identik dengan daunnya yang cantik, selain itu pohon cemara tidak berbuah sehingga termasuk dalam . Pohon cemara biasa tumbuh di daerah dataran tinggi yang berfungsi untuk menguatakan bahu jalan karena akarnya yang kuat. Akar pohon cemara dapat menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengobati cacingan.
5. Pohon Damar
Pohon damar adalah salah satu tumbuhan Gymnospermae.Pohon damara meiliki nama latin Agathis Dammara. Pohon damar mempunyai manfaat yang sangat banyak diantaranya adalah sebagai salah satu bahan dasar pewarna, sebagai bahan dasar pembuat plastik, sebagai bahan dasar pembuatan cat, dan berbagi macam manfaat lainnya.



0 Response to "Contoh Tumbuhan Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka)"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.