English Indonesian Environment.4

Meminta Maaf kepada Peserta didik
I’m sorry. Maaf.
I’m terribly sorry about that. Saya sungguh minta maaf.
Sorry about that. Maaf tentang hal itu.
Sorry, that was my fault. Maaf, itu kesalahan saya.
Excuse me. Permisi.
I’ve made a mistake on the board I’m sorry, I didn’t notice it. Saya membuat kesalahan di papan tulis. Maaf, saya tidak memperhatikan.
Excuse me for a moment I’ll be back in a moment. Maaf saya keluat sebentar, saya akan segera kembali.
Carry on with that exercise while I’m away. Teruskan mengerjakan latihan ketika saya pergi ke luar.
Would you excuse me for a moment? I’ve just got to meet the headmaster. Maaf sebentar, saya harus bertemu kepala sekolah.

 Meminta Peserta Didik Lain Menanggapi Pendapat
Anybody else want to comment on this? Apa ada yang lain yang akan menanggapi?
Have you got anything to add to what Rina said? Apa ada yang ingin menambahkan dari apa yang dikatakan Rina?
Who agrees/disagrees with Irwan? Siapa yang setuju/tidak setuju dengan Irwan?
Does anybody share Dina’s oppinion? Apa ada yang sependapat dengan pendapat Dina?
Gina, what do you thing about this? Gina, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini?
Could someone sum up what has been discussed? Apa ada yang bisa merangkum apa yang sudah diungkapkan?
Perhaphs we could come back to what Fery said earlier. Mungkin kita bisa kembali ke pendapat Fery sebelumnya.

Meminta Peserta didik Menjelaskan Kembali Pendapatnya
Do you really think so? Kamu sungguh berfikir demikian?
Is that your honest opinion? Apakah itu pendapatmu sejujurnya?
Is that what you honestly think? Apakah itu yang sejujurnya kamu katakan?
You’re convinced of this, are you? Kamu sudah yakin dengan hal itu, bukan?
I’m not so sure about that. Saya tidak yakin dengan hal itu.
Well, that all depends on what? Itu tergantung, pada apa?
I’m not sure what you mean? Saya tidak yakin dengan apa yang kamu maksudkan.
I’m not sure what you are saying. Saya tidak yakin dengan apa yang kamu katakan.
Could you explain what you mean? Kamu bisa jelaskan lagi maksudmu?
What exactly are you tryng to say? Apa sebenarnya yang ingin kamu katakan?
Could you go into more detail? Bisa lebih rinci lagi?
Could you expand on that a little? Bisa kamu jelaskan hal itu sedikit lagi?
Be a little more precise. Bisa lebih pasti lagi.
What exactly do you mean? Apa sebenarnya yang kamu maksud.
Correct me if I’m wrong, but do you mean that… Koreksi saya kalau saya salah, tetapi apakah maksudmu…
Could you give me an example? Bisa kamu beri contoh?

Mengungkapkan Giliran Mengerjakan Tugas
Your turn please. Giliranmu.
You next. Kamu berikutnya.
Who’s next? Siapa berikutnya?
Now you’re next. Sekarang kamu berikutnya.
Whose turn is it next? Giliran siapa berikutnya?
Whose turn is it to do number 5? Mengerjakan nomor 5?
Who is the next one to try? Siapa berikutnya yang ingin mencoba?
Who hasn’t had a turn? Siapa yang belum dapat gliran?
Who else is there? Who’s left? Siapa lagi? Siapa yang belum?
You have already had a turn. Kamu sudah dapat giliran?
Please take turns. Silakan bergiliran.
One after another, please. Gantilah sesudah yang lain.

Menawarkan Siapa yang Mau Mengerjakan
Who would like to do this? Siapa yang mau mengerjakan ini?
Who would like to write the answer on the board? Siapa yang mau menulis jawabannya di papan tulis?
Who’ll write that up on the whiteboard? Siapa yang mau menulis di papan tulis?
Who want to be Mrs. Fery ? Siapa yang ingin menjadi bu Fery?
Who’d like to be the reader? Siapa yang ingin menjadi pembaca?
Who wants to change the pictures? Siapa yang mau mengganti gambar?
Anybody willing to clean the board for me? Ada yang mau membantu membersihkan papan tulis untuk saya?

Menanggapi Pendapat Peserta Didik
I see. Saya mengerti.
I get your point. Saya paham maksudmu.
That’s a very good answer. Itu jawaban yang sangat bagus.
What you said is very interesting. Yang kamu katakan sangat menarik.
Yes, that’s true. Ya, itu benar.
Is that so? Seperti itukah.
Really? Sungguh?
That’s a very good point. Itu pendapat yang bagus.
Why? Mengapa?
In what way? How? Dalam hal apa? Bagaimana?
Why do you think so? Mengapa kamu berpendapat demikian?
What makes you say that? Alasannya apa kamu bisa berkata demikian?
Is there any evidence to support what you say? Apa ada bukti untuk mendukung apa yang kamu katakan?

Menyatakan Bahwa Anda Kurang Sehat
I’m sorry I can’t speak clearly. I have got a sore throat today. Maaf saya tidak bisa bicara dengan jelas. Tenggorokan saya sakit hari ini.
I’m afraid I’m not feeling very well today. Maaf, saya tidak begitu sehat hari ini .
I’m afraid I can’t speak loudly. Maaf, saya tidak bisa bicara keras.
I have a sore throat. Saya sakit tenggorokan.
I have a headache. I’ll give you an assigment to make a summary of Chapter two. Saya sakit kepala. Saya akan memberi tugas untuk membuat Bab 2.
If you don’t mind, I’ll sit down. I have got a stomachache. Jika kalian tidak keberatan, saya akan duduk saja. Saya sakit perut.

Memberitahu Peserta didik Harus Pindah Ruang
Sorry, children, we’ve got to move to room 4. Maaf, anak-anak. Kita harus pindah ke ruang 4.
Miss Siska will take you to room 4. Bu Siska akan mengantar kalian ke ruang 4.
Go and join class 1A for your English listening class. Keluar dan bergabunglah dengan kelas 1A untuk kelas listening bahasa Inggris.
I’ll leave Miss Fela some work to give you. Saya akan meninggalkan tugas ke Bu Fela untuk diberikan kepada kalian.
This is my last lesson with you. Go out quietly and move to room 4. Ini pertemuan terakhir dengan kalian. Keluarlah dengan tenang dan pindah ke ruangan 4.
Try not to make any noise as you move to room 6. Jangan bikin gaduh ketika kalian pindah ke ruangan 6.
Stand up in line and wait until the bell rings. Then move to room four. Berdiri dalam barisan dan tunggu sampai bel berbunyi. Lalu pindahlah ke ruang 4.
Wash your hands before you move to the biology laboratory. Cuci tangan kalian sebelum kalian pindah ke lab biologi.

Memberitahu Peserta Didik Agar Memperhatikan
Attention, please! Perhatikan!
Pay attention now! Sekarang perhatikan!
Look over here. Lihat ke sini.
Look at me. Lihat saya.
Can I have your attention, please? Bisa kalian memperhatikan?
Try to concentrate now. Coba untuk berkonsentrasi sekarang.
Don’t look out of the window. Jangan lihat keluar dari jendela.
Eyes to the front, please. Mata ke depan.
Everyone, please look at the blackboard. Kalian semua, lihat papan tulis.
Let’s look at the sentences on the board. Mari kita lihat kalimat dipapan tulis.
Look at the pattern on the board. Lihat pola di papan tulis.

Berkaitan dengan Penggunaan Papan Tulis
Come and stand by the blackboard. Ke sini dan berdiri dekat papan tulis.
Whose turn is it to write the sentence up? Giliran siapa sekarang yang menulis kalimat di sana?
Come and write the word on the board. Ke sini dan tulis kata itu di papan tulis.
Write that on the board. Tulis di papan tulis.
Write it next to/above/bellow that word. Tulis di samping/di atas/di bawah kata tersebut.
Here’s a piece of chalk, write it up on the board. Ini kapurnya, tulis di papan tulis.
Take a board marker and write the sentence on the whiteboard. Ambil spidolnya dan tulis kalimatnya di papan tulis.
Come out and draw a cat on the blackboard. Ke sini dan gambar seekor kucing di papan tulis.

Meminta Peserta Didik Membaca Teks Kembali
Louder, please. Bisa lebih keras lagi?
Speak louder, please Bisa bicara lebih keras lagi?
Please, don’t be too fast, I can’t follow. Jangan cepat-cepat, saya tidak bisa mengikuti.
There’s no need to shout. Tidak perlu berteriak.
Once again, please. Sekali lagi.
Once again, but more fluently. Sekali lagi, tetapi lebih lancar.
Let’s try it again. Mari kita coba lagi.
Try it again from the beginning. Coba lagi dari awal.
The whole sentence, please. Kalimat semuanya.
Use a complete sentence. Gunakan kalimat lengkap.

Memberi Nilai pada Latihan
What is your score? Berapa skor kamu?
What’s your total point? Berapa total skor kalian?
Count up your points. Hitung nilai kalian.
Anybody with one mistake? Two mistakes? Ada yang salahnya hanya satu? Salah dua?
One point for every right answer. Satu angka untuk setiap jawaban benar.
Minus two for every wrong answer. Minus dua untuk setiap jawaban salah.
Give yourself one point for every correct answer. Beri satu angka untuk setiap jawaban benar.
How many points do you get? Berapa skor yang kamu dapatkan?

Sumber : Buku K13 Bahasa Inggris kelas VIII