Membandingkan Teks dalam Genre Makro

Pada tugas ini kalian dihadapkan pada dua teks genre makro yang memiliki kemiripan judul namun sangat berbeda dalam hal isinya. Bacalah baik-baik kedua teks tersebut.
1) Meskipun memiliki judul yang mirip, namun kedua teks ini adalah teks dengan genre yang berbeda. Teks yang pertama adalah surat pembaca dan yang kedua adalah surat lamaran kerja. Bandingkan keduanya dalam hal struktur teks dan isinya.

(a) Surat pembaca
Pulau-pulau di Jawa
Pada Jumat, 25 Juli lalu, wartawan Metro TV dalam berita mudik mengatakan, “Tiket tujuan Jakarta dan pulau-pulau di Jawa sudah habis”.
Berita itu menyesatkan sebab Jawa dikesankan terdiri atas banyak pulau.
Mestinya wartawan itu melaporkan, “Tiket tujuan Jakarta dan kota-kota besar di Pulau Jawa sudah habis”.
Sesat pikir itu selama ini dibiarkan. Pangkalnya, pada hemat saya, mereka yang tinggal di Jakarta merasa bahwa Jakarta tidak berada di Pulau Jawa.
Saban sanak saudara atau handai tolan tiba di Jakarta dari kota-kota lain di Pulau Jawa, mereka yang bermukim di Jakarta mengajukan pertanyaan standar: “Dari Jawa berangkat jam berapa?”
Kesalahan ini harus diperbaiki agar tak jadi kebiasaan yang salah. Jakarta ataupun Bandung tetap bagian dari Pulau Jawa.
Paulus Mujiran
Jalan Borobudur, Semarang

(b) Surat lamaran kerja
Yth. Pemasang Iklan
Harian Bisnis Sukses
PO BOX 1234
Jakarta
Dengan hormat,
Setelah membaca iklan yang dimuat dalam Harian Bisnis Sukses tanggal 18 Juli 2015 yang isinya menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan tenaga administrasi, maka yang bertanda tangan di bawah ini saya:
nama : Sita Sitiane
tempat, tanggal lahir : Sragen, 7 Februari 1997
alamat : Jln. Jati 123 Sragen
pendidikan : SMK Akuntansi
dengan ini mengajukan permohonan untuk diterima sebagai karyawan sesuai dengan lowongan tersebut.
Saya dapat mengoperasikan komputer MS Word, Excel, adobe pagemaker, dan Coreldraw, serta dapat berbahasa Inggris. Saya pernah melakukan praktik industri selama 6 bulan di bagian administrasi, sehingga kiranya saya dapat memenuhi persyaratan yang Bapak/Ibu tentukan.
Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:
1) daftar riwayat hidup,
2) fotokopi ijazah SMK,
3) fotokopi ijazah kursus komputer,
4) fotokopi sertifikat praktik kerja Industri,
5) SKCK,
6) pasfoto.
Saya berharap kiranya Bapak/Ibu berkenan menerima saya, dan jika memerlukan wawancara, saya bersedia memenuhinya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Sita Sitiane

Setelah membaca kedua teks tersebut, kalian tentu sudah dapat menarik kesimpulan awal mengenai persamaan ataupun perbedaan struktur teks dan isinya. Tugas kalian selanjutnya adalah membuat surat balasan dari kedua teks tersebut. Isi balasannya bisa berupa penerimaan maupun penolakan. Untuk mempermudah tugas kalian, berikut ini disajikan struktur teks surat lamaran pekerjaan: hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, nama terang. (buku 13 bahasa indonesia)