bagian-bagian penyusun batang

1. Jaringan apa sajakah yang menyusun batang ?
2. Sebutkan perbedaan morfologi batang pada tanaman kacang tanah dan jagung!
3. Sebutkan perbedaan jaringan yang menyusun batang pada tanaman kacang tanah dan jagung!

Jawab Pertanyaan
1. Jaringan pada batang terdiri dari Epidermis, korteks, stele (berkas pengangkut (xilem dan floem), kambium (pada batang dikotil), empulur).
2. Secara morfologi pada tumbuhan kacang memiliki batang berkayu karena tumbuhan kacang merupakan tanaman dikotil yang memiliki kambium dan pada tumbuhan jagung memiliki batang tidak berkayu merupakan tanaman monokotil.
3 Perbedaan jaringan penyusun batang kacang (dikotil) dan jagung (monokotil)

Kacang Tanah
Pada batang (dikotil) terdapat lapisan-lapisan dari luar ke dalam.
a. Epidermis
Terdiri atas selapis sel yang tersusun rapat, tidak mempunyai ruang antar sel. Fungsi epidermis untuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada batang yang mengalami pertumbuhan sekunder, lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus yang dibentuk dari kambium gabus.
b. Korteks
Korteks batang disebut juga kulit pertama, terdiri dari beberapa lapis sel, yang dekat dengan lapisan epidermis tersusun atas jaringan kolenkim, makin ke dalam tersusun atas jaringan parenkim.
c. Stele/ Silinder Pusat
Merupakan lapisan terdalam dari batang. Lapisan terluar dari stele disebut perisikel atau perikambium. lkatan pembuluh pada stele disebut tipe kolateral yang artinya xilem dan floem terletak saling bersisian, xilem di sebelah dalam dan floem sebelah luar. Antara xilem dan floem terdapat kambium

Batang Monokotil (Pada tanaman jagung)
Pada batang Monokotil, epidermis terdiri dari satu lapis sel, batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar, dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder.

Sumber : buku k13 IPA kelas VIII



0 Response to "bagian-bagian penyusun batang"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.