Alasan mengapa harus berinvestasi

4 Alasan mendasar mengapa harus berinvestasi?
Bagi sebagian orang, investasi masih merupakan sesuatu yang asing. Padahal, investasi memiliki banyak manfaat. Inilah alasan mengapa harus berinvestasi :

1. Mengembangkan kekayaan
SepertI telah disebutkan, investasi berpotensi mengembangkan kekayaan. Investasi berbeda dengan menabung. Menabung hanya menyimpan uang untuk kebutuhan di masa mendatang, kalau pun ada bunga, jumlahnya terbilang sangat kecil. Sedangkan investasi, menyimpan sekaligus mengolah uang sehingga dapat memberikan hasil, dengan kata lain, uang akan berkembang jumlahnya.

2. Melawan inflasi
Kenaikan harga dari tahun ke tahun seringkali menyulitkan dalam mengatur keuangan. Oleh karena itu, investasi dapat membantu agar daya beli di masa mendatang tetap terjaga. Hasil dari investasi memiliki potensi lebih besar angkanya dari inflasi yang terjadi.
Misalnya, jika rata-rata inflasi di Indonesia pada 2012 – 2016 adalah 5,5%, imbal hasil reksadana saham bisa melebihi angka tersebut yatu di atas 15% per tahun.

3. Mencapai tujuan keuangan di masa depan
Setiap orang atau keluarga pasti memiliki tujuan keuangan. Ada berbagai macam tujuan keuangan mulai dari biaya pendidikan anak, ibadah haji, membeli rumah, dan sebagainya. Investasi akan membantu dalam mencapai berbagai tujuan keuangan tersebut di masa depan.

4. Antisipasi kebutuhan yang semakin kompleks
Kebutuhan saat ini terbilang lebih kompleks daripada era terdahulu. Kebutuhan yang saat ini sudah terbilang menjadi kebutuhan utama adalah intenet. Contoh lain dari segi pendidikan, anak-anak semakin muda dalam memulai pendidikan, bahkan bermunculan sekolah untuk bayi. Padahal di era dahulu anak-anak baru bersekolah di usia 4-5 tahun.



0 Response to "Alasan mengapa harus berinvestasi"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.