Kemana dapat berinvestasi?

bentuk produk atau instrumen investasi yang bisa dipilih?

Ketika berbicara investasi, ada dua sektor yang bisa dipilih, yaitu investasi di sektor riil dan investasi di sektor finansial. Apa pembeda dari dua sektor itu, berikut ini penjelasannya :

Investasi di sektor riil
Investasi di sektor artinya investasi pada sesuatu yang berwujud seperti properti, perkebunan, logam mulia, dan lain sebagainya. Investasi di sektor riil biasanya membutuhkan modal besar, misalnya saja untuk membeli rumah atau tanah atau bangunan jika ingin mendulang keuntungan di sektor properti.

Investasi finansial
Investasi di sektor finansial artinya investasi pada produk-produk keuangan yang terbilang tidak terlihat wujudnya misalnya saham, obligasi, dan reksadana.
Investasi di sektor finansial kini semakin mudah. Selain modalnya tak begitu besar, kini masyarakat juga bisa menikmati kemudahan investasi secara online.

Ciri-ciri investasi bodong

Tak sedikit orang yang telah menjadi korban investasi bodong atau investasi ilegal. Bukannya mendapatkan untung, malah buntung. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi, pertimbangkan matang-matang dari berbagai aspek. Inilah beberapa ciri investasi bodong :

Perizinan tidak jelas, misalnya jika berbentuk lembaga keuangan, tidak ada izin dari OJK

Menjanjikan hasil investasi yang fantastis dalam waktu cepat

Kegiatan menyerupai money game atau skema Ponzi

Tidak jelas bagaimana mengelola dananya

Tidak ada penjelasan mengenai risiko investasi