cara menstabilkan video yang goyang-goyang

Beberapa Penyebab Video Goyang

  1. Kamera yang digunakan
  2. Tekhnik pengambilan video
  3. Alat yang digunakan (penopang kamera)
  4. Pengambilan video dengan lari
  5. Dll
Biasanya video akan goyang jika kita merekamnya dengan asal – asalan atau memegang kamera langsung dengan tangan tanpa bantuan pihak kedua seperti halnya gimbal yang berfungsi untuk menstabilkan  kamera.

3 Gimbal Kamera Terbaik

  1. DJI Osmo Mobile
  2. DJI Ronin
  3. Zhiyun Z1 Rider
Itulah 3 gimbal terbaik yang sampai saat ini menjadi pilihan untuk digunakan dalam membantu menstabilkan kamera dalam pengambilan gambar atau video dan tentunya dengan harga yang cukup mahal. Banyak juga gimbal – gimbal kamera yang dapat kita jangkau harganya tapi tidak sebagus itu karena 3 gimbal di atas sudah menggunakan system yang canggih bukan manual lagi walau ada beberapa gimbal yang memang masih manual dan hasilnya juga cukup memuaskan.
Dengan demikian salah satu cara untuk mengatasi video goyang bisa dengan bantuan gimbal yang dipasang pada kamera kita.
Selanjutnya selain dengan bantuan gimbal dan mungkin tidak semua orang bisa membelinya dan video sudah terlanjur kita buat namun hasilnya banyak goyangan maka kalian juga bisa menstabilkannya dengan beberapa software di bawah ini.

2 Software untuk Menstabilkan Video

  1. Sony Vegas Pro
  2. Adobe Premiere
Tiga software di atas merupakan software andalan para youtuber dalam mengedit video sebelum di upload ke youtube. Dengan aplikasi itu juga kita dapat menstabilkan video yang goyang, jadi bagi kalian yang mempunyai video bikin pusing orang yang melihatnya maka bisa kita stabilkan dengan 3 software di atas.
Oke kalau untuk menstabilkan video dengan gimbal mungkin tidak terlalu rumit bahkan jarang juga yang menggunakannya karena badget yang ada apalagi bagi kita yang membuat video dengan kamera handphone maka dari itu aku akan coba menjelaskan bagaimana cara menstabilkan video dengan menggunakan 3 sofware di atas dan nanti silahkan kalian pilih sendiri dengan dengan software apa yang paling mudah, hehe.
Cara Menstabilkan Video dengan Software Sony Vegas
  1. Buka software Sony Vegas Pro 13/14 dan masukan video yang akan distabilkan dari goyangan
  2. Setelah di masukan maka tinggal klik kanan pada video dan pilih Media FX
  3. Silahkan cari di FX – Vegas Stabilize, klik dan jangan lupa OK.
  4. Disana kalian tentukan sendiri Pansmothingdan Stabilization Amount, kalau aku biasa menggunakan 0,25 untuk semuanya. Tapi itu tergantung pada goyangan yang ada, apabila parah maka bisa kita naikan lagi (tentukan sendiri)
  5. Centang dan Apply
  6. Selesai dan lihat hasilnya, jika masih bingung dibawah ini aku sertakan tutorial dalam bentuk video.
Cara Menstabilkan Video dengan Software Adobe Premiere
  1. Buka software Adobe Premiere dan masukan atau import video yang akan kita edit dan Tarik pada timeline.
  2. Setelah siap edit maka tinggal pilih Effects– Video Effects – Distort – Warp Stabilizer
  3. Klik Warp Stabilizer dan Tarik serta masukan atau tempelkan pada video yang ingin kita hilangkan goyangannya.
  4. Tunggu sampai proses menstabilkan video selesai
  5. Setelah selesai maka tinggal di tes dan render untuk hasilnya, jika masih bingung bisa juga kalian lihat tutorial dalam bentuk videonya di bawah ini
Nah itulah 2 software yang sering digunakan oleh youtuber dalam mengedit videonya dan bisa juga kita gunakan untuk menstabilkan video yang goyang. Cukup mudah dan simple namun jika video yang goyangnya parah dan di ambil dari kamera handphone dengan fps yang rendah maka jangan terlalu berharap banyak untuk videonya bisa stabil dengan sempurna karena pasti ada blur, hehe.