Perbedaan printer dtg dan uv led dalam dunia persablonan

Dalam dunia sablon kaos atau cetak kaos, kehadiran digital printing memang sangat membantu. Prosesnya yang cepat dan instant, memudahkan siapapun yang tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu di tukang sablon kaos manual.
Teknologi terbaru dari sablon kaos adalah munculnya mesin printer digital seperti Printer DTG dan Printer UV LED. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun memiliki beberapa perbedaan mulai dari cara kerja, kegunaan dsb,
Lalu apa saja perbedaannya? hasil cetaknya lebih bagus yang mana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita akan membahas satu per satu.

Printer DTG
DTG merupakan singkatan dari Direct To Garment. Sesuai namanya, printer dtg merupakan sebuah mesin cetak dengan metode tinta langsung ke produk garmen / kain. Singkatnya, printer DTG adalah mesin printer untuk kaos.
Pada prinsipnya DTG mirip dengan printer pencetak foto pada kertas yang dimodifikasi secara teknis untuk bisa mencetak gambar atau desain dengan menembakkan tinta tekstil secara langsung pada kaos. Kalau media cetak printer foto adalah kertas, maka media cetak DTG adalah kain atau kaos.
Teknologi DTG ini didukung dengan sistem komputer sebagai cara pengoperasiannya. Sistemnya sama persis seperti printer kertas, namun media kertas digantikan oleh kaos. Sebagian besar printer DTG yang beredar di pasaran adalah printer kertas yang dimodifikasi menjadi printer kaos.
Dengan dibantu software khusus, printer DTG ini mampu mengolah desain yang telah dibuat pada komputer, dan secara langsung mencetaknya di atas kain kaos. Melalui teknologi DTG ini, cetak kaos menjadi lebih mudah.
Berikut beberapa macam printer DTG yang sering dipakai para pelaku usaha :
Printer DTG A3 Super
Printer DTG A3 New Era
Printer DTG A3 New Transformer
Printer DTG dapat mencetak gambar yang rumit, proses pencetakan lebih simple, tanpa batasan warna, dan dapat mencetak hasil dalam satuan yang lebih kecil.
Untuk kekurangan dari printer DTG yaitu areanya masih terbatas, proses pengerjaan yang lebih lama dan biaya yang lebih mahal untuk produksi massal jika dibandingkan dengan proses manual, serta tidak stabilnya warna kaos terutama untuk kaos berwarna gelap.
Diperlukan tinta putih untuk mencetak hasil sablon ke kaos berwarna gelap, sedangkan tinta putih memiliki harga yang tinggi. Untuk kaos putih pun memiliki hasil yang berbeda dengan kaos berwarna gelap, karena tinta akan lebih mudah meresap ke kaos putih dibanding ke kaos berwarna gelap.

Printer UV LED
Mesin Digital Printing UV LED merupakan teknologi terbaru mesin printing yang menggunakan sinar ultra violet (UV) untuk mengeringkan tinta print nya. Cara pengerjaannya pun cukup mudah seperti pada printer DTG.
Durasi dalam proses pengeringan tinta ini sangatlah cepat dan tidak membutuhkan waktu lama sehingga printer UV LED bisa melakukan produksi lebih cepat dan lebih banyak.
Cara kerja printer UV LED juga sangat sederhana karena tinggal menyalakan mesin dan menunggu mesin bekerja tanpa memerlukan proses treatment.
Mesin ini sendiri menggunakan tinta khusus UV yang aman dan ramah lingkungan serta hasil printing yang jauh lebih tajam dan detail (High Resolution), dikarenakan tinta mesin UV LED printing ini langsung mengering seketika dan tidak tersebar di sekelilingnya karena tidak butuh diserap media.
Media / bahan yang bisa di print menggunakan mesin UV LED cenderung hampir di segala jenis media mulai dari Acrylic, Kayu, MDF, Plastik, Besi, Stainless, Aluminium, Kulit, Kain, Kertas, ACP, Foam Board, dsb.
Bahan yang dapat di print menggunakan printer UV LED:
Cashing hp
Sandal jepit
Kaos putih
Akrilik
Spinner
Flashdisk
Keyboard, dll.

Secara umum, printer UV LED dan printer sablon kaos DTG memiliki perbedaan yang terletak pada jenis media dan tinta yang digunakan, serta alur proses cetak bahan dimana printer UV LED tidak menggunakan proses treatment sedangkan printer sablon kaos DTG menggunakan proses treatment.
Perbedaan printer UV LED dan printer sablon kaos DTG ini dapat melengkapi satu sama lain yang cocok digunakan untuk menunjang bisnis sablon kaos atau bisnis percetakan sehingga juga bisa mengerjakan media yang beragam dan menjadi nilai plus untuk bisnis percetakan anda.



0 Response to "Perbedaan printer dtg dan uv led dalam dunia persablonan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.