Beberapa istilah dalam analisa pembiayaan usaha



􀁴􀀁 Produksi total, yaitu jumlah total produksi yang dihasilkan dari suatu unit usaha.
􀁴􀀁 Harga Produksi atau Harga Satuan, yaitu harga per unit produksi.
􀁴􀀁 Penerimaan atau Nilai Produksi (Return), yaitu jumlah produksi dikalikan harga per unit.
􀁴􀀁 Biaya varibel (Variable Cost) yaitu biaya yang digunakan untuk membeli atau menyediakan bahan baku yang habis dalam satu kali produksi.
􀁴􀀁 Biaya variabel per unit (Average Variable Cost), yaitu total biaya variabel dibagi dengan total produksi.
􀁴􀀁 Biaya tetap (Fixed Cost), yaitu biaya tetap seperti misalnya sewa lahan , pajak lahan, biaya bunga, penyusutan.
􀁴􀀁 Biaya total (Total Cost atau Cost), yaitu jumlah biaya variabel dan biaya tetap.
􀁴􀀁 Pendapatan petani (I), yaitu selisih antara Penerimaan dengan Total Biaya.
􀁴􀀁 Keuntungan yaitu pendapatan dikurangi upah tenaga kerja keluarga (w) dan bunga modal sendiri.
􀁴􀀁 Ratio-ratio neraca (Balance Sheet Ratios), ialah ratio-ratio yang disusun dari data yang berasal dari neraca, misalnya Current Ratio, Aidtest Ratio, Current Assets to Total Assets Ratio, Current Liabilities to Total Assets Ratio.
􀁴􀀁 Ratio-ratio laporan rugi & laba (Income Statement Ratios), ialah ratio ratio yang disusun dari data yang berasal dari income statement, misalnya Gross Pro!t Margin, Net Operating Margin, Operating Ratio.
􀁴􀀁 Ratio-ratio antar laporan (Inter-Statement Ratios), ialah ratioratio yang disusun dari data yang berasal dari neraca dan data lainnya berasal dari income statement, misalnya Assets Turnover, Inventory Turnover, Receivables Turnover.
􀁴􀀁 Ratio likwiditas adalah ratio-ratio yang dimaksudkan untuk mengukur likwiditas perusahaan, misalnya Current Ratio, Acid Test Ratio.
􀁴􀀁 Ratio leverage adalah ratio-ratio yang dimaksudkan untuk mengukur sampai berapa jauh aktiva perusahaan dibiayai dengan hutang, misalnya Debt To Total Assets Ratio. Net Worth To Debt Ratio.
􀁴􀀁 Ratio-ratio aktivitas, yaitu ratio-ratio yang dimaksudkan untuk mengukur sampai seberapa besar e!ektivitas perusahaan dalam mengerjakan sumber-sumber dananya misalnya Inventory Turnover, Average Collection Period.
􀁴􀀁 Ratio-ratio pro"tibilitas, yaitu ratio-ratio yang menunjukan hasil akhir dari sejumlah kebijaksanaan dan keputusan-keputusan, misalnya Pro!t Margin on Sales, Return on Total Assets, Return on Net Worth.





0 Response to "Beberapa istilah dalam analisa pembiayaan usaha "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.