Tips memperlancar BAB


Kadang sangat menyiksa ketika Kamu merasakan perut mulas dan kesulitan buang air besar dengan tuntas. Ini sangat mengganggu aktifitas Kamu sehari-hari. Sebagian orang memang kerap kali mengalami gangguan buang air besar akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Kurangnya konsumsi cairan juga merupakan penyebab utama gangguan buang air besar ini.
Namun, Kamu mungkin tidak tahu bahwa ada sebuah titik di area perut yang dapat Kamu berikan tekanan yang akan membantu Kamu menyelesaikan gerakan usus membuang kotoran. Dalam artikel ini akan dibahas titik tersebut.
Titik ini, atau kita dapat menyebutnya tombol, ditemukan pada tubuh Kamu dan hal itu disebut “lautan energi” oleh para ahli akupresur. Yang perlu Kamu lakukan untuk menemukan titik ini adalah ukur jarak dengan tangan Kamu sebesar tiga jari di bawah pusar.
Sebelum Kamu mulai, pastikan bahwa Kamu berada dekat dengan toilet, tentu untuk alasan yang sudah jelas 😀 untuk siap siap BAB.
Selanjutnya, tekan titik tersebut dengan tiga jari Kamu. Bernapas dalam-dalam saat melakukan hal ini. Jangan berhenti menekan sampai Kamu merasakan dorongan untuk BAB. Ini bisa dilakukan minimal selama 10 detik minimal dan maksimal 3 menit.
Dr Michael Reed Gach adalah terapis akupresur dan mengatakan bahwa tombol ini akan menghidupkan kembali proses penyembuhan tubuh. Sebagian besar dari proses penyembuhan adalah menghilangkan limbah/ kotoran.
Penelitian sebelumnya juga telah membuktikan bahwa memijat perut, seperti yang dijelaskan di atas memberikan rangsangan pada tubuh, sehingga usus besar mulai bergerak dan membersihkan diri. Dr. Gach menambahkan bahwa selain menyebabkan buang air besar, tekanan pada titik ini mengurangi nyeri pada bagian dubur, masalah pencernaan, kram menstruasi dan kelebihan gas.
Untuk menghindari kesulitan BAB lakukan juga beberapa tips di bawh ini:
Berjongkok
Toilet moderen didesain memerlukan posisi duduk ketika BAB. Ketika dalam posisi ini, tubuh ditempatkan pada posisi yang salah. Untuk BAB yang optimal, tubuh perlu berada dalam posisi jongkok.
Rileks
Ketika seseorang duduk di toilet selama beberapa menit, hal yang kita semua biasa lakukan adalah mendorong/ mengejan sangat keras. Namun, melakukan hal itu adalah salah. Mendorong keras menekan tubuh Kamu. Selain itu dapat menyebabkan usus meledak atau aritmia jantung fatal dalam beberapa kasus. Ini sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah.
Tetap aktif
Orang Dewasa perlu melakukan minimal 75 menit aktivitas aerobik setiap minggu. Latihan dapat merangsang kontraksi otot usus. Hal ini penting untuk menghilangkan limbah di usus secara efektif.
Mengonsumsi Serat
Dalam kasus Kamu mengalami sembelit terus-menerus, makan banyak serat adalah hal yang perlu Kamu lakukan. Beberapa sumber serat misalnya biji-bijian, buah, biji rami dan plum. Serat akan membuat kotoran dalam colon Kamu menahan air, sehingga membuatnya jauh lebih lunak dan mudah dikeluarkan.
Nah itu tadi tips untuk Anda ang sulit BAB sobat Ragam, Semoga artikel ini dapat membantu Anda ya !
sumber: losingweightdone.com
http://www.koransehat.com/2016/11/bagi-anda-yang-sulit-bab-metode-ini.html?m=1



0 Response to "Tips memperlancar BAB"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.