Istilah-stilah dalam Sejarah Indonesia I - U



Inflasi : Kemerosotan nilai mata uang yang karena banyaknya dan cepatnya uang beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang secara tidak terkendali. Konfrontasi : Cara menentang musuh atau kesulitan dengan berhadapan langsung atau terang-terangan. Misalnya konfrontasi Indonesia dan Malaysia.

Konsepsi Presiden 1957 : Konspesi Presiden Soekarno yang bertujuan untuk mengatasi dan menyelesaikan krisis kewibawaan kabinet yang sering dihadapi dengan dibentuknya kabinet yang anggotanya terdiri dari 4 partai pemenang pemilu dan dibentuknya Dewan Nasional.

Konstituante : Dewan Pembuat Undang-undang Dasar yang dipilih berdasarkan pemilihan umum 1955. Hal ini diatur dalam UUD Sementara 1950.

Mutual Security Act (MSA) : Dasar adanya penandatangan persetujuan bantuan ekonomi, teknik dan persenjataan dari Amerika Serikat kepada Indonesia. Kasus inilah yang menyebakan kabinet Sukiman bubar.

NEFOS : New Emerging Forces, kelompok negara-negara berkembang yang anti imperialis dan kolonialis.

Normalisasi : Pembukaan kembali hubungan diplomasi Indonesia dengan negara-negara tetangga di kawasan regional dan internasional.

Old Estables Forces (OLDEFOS ) : Old Estables Forces, kelompok negara-negara imperialis/ kolonialis kapitalis dan negara-negara berkembang yang cenderung pada kelompok imperialis/ kolonialis.

Oposisi : Merupakan kekuatan pengontrol terhadap penguasa yang memiliki sikap yang berbeda dengan penguasa.

Panca Usaha Tani : Merupakan program yang dicanangkan pemerintah orde baru untukmeningkatkan produksi pangan, terutama beras.

Perang Dingin : Situasi politik dunia yang terjadi karena adanya perseteruan dua ideologi dari dua negara adkuasai yaitu Amerika Serikat yang mewakili blok barat dan Unisoviet yang mewakili Blok Timur.

Politik Mercusuar : Merupakan kebijakan politik yang diterapkan Soekarno pada masa demokrasi terpimpin yang ingin menunjukkan kemegahan di tengah pergaulan antar bangsa.

PRRI : merupakan pemberontakan yang terjadi akibat adanya ketidakpuasan beberapa daerah di wilayah Indonesia terhadap pemerintahan pusat.

Reformasi : merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional.

Reses : Masa waktu istirahat antar sidang, biasanya dimiliki oleh lembaga legislatif dan konstituante

Reshuffle : Pergantian, biasanya dimaksudkan untuk pergantian kabiet.

Sanering : Kebijakan pemotongan nilai mata uang oleh negara untuk menstabilkan nilai mata uang.
Separatisme : Gerakan pengacau keamanan yang bertujuan untuk memisahkan diri dari negara
kesatuan republik Indonesia.

Trikora : Tiga Komando Rakyat, merupakan komando dari Presiden Sokearno untuk melakukan perlawanan secara militer kepada Belanda.

Tritura : Tiga Tuntutan rakyat, merupakan tuntutan yang diajukan mahasiswa dan masyarakat kepada rejim Sokearno untuk memulihkan keadaan nasional.

UNAMET : United Nations Mission in East Timor, Misi Perserikatan bangsa-bangsa untuk kasus Timor Timur.

Buku k13 sejarah indonesia kelas xii



0 Response to "Istilah-stilah dalam Sejarah Indonesia I - U"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.