Pementasan

Pementasan
1. Pekerjaan Manajemen Produksi
a. Pimpinan produksi hanya menggontrol keterlaksanaan pementa san serta menyelesaikan masalah bila ada kekurangan dalam pementasan yang terkait dibidang produksi
b. Sekretaris mencatat serta mengarsipkan segala dokumen yang berhubungan dengan produksi pementasan teater modern.
c. Bendahara mengelola pendanaan yang ada, baik dana keluar maupun dana masuk.
d. Tim dokumentasi melaksanakan pendokumentasian pementas an maupun acara yang sedang berlangsung
e. Seksi pendanaan bekerja sama dengan ticketing, dan bendaha ra dalam pengelolaan dana yang ada.
f. Tim ticketing menjual tiket pada penonton, bagi penonton yang belum memiliki tiket menonton.
g. Seksi konsumsi menyiapkan konsumsi sesuai dengan kebutuhan waktu pementasan
h. Seksi keamanan melaksanakan tugasnya, baik dalam gedung pementasan maupun di luar gedung pementasan. Tugas seksi keamanan juga termasuk mengatur kenyamanan dalam hal parkir kendaraan bagi penonton.
i. Seksi gedung atau tempat hanya mengontrol kenyamanan penonton dan pemain pada saat pementasan.
j. Seksi transportasi menyediakan transportasi bila diperlukan selama pementasan teater.

2. Pekerjaan Manajemen Artistik
a. Sutradara atau konseptor hanya mengawasi jalannya pementasan
b. Pemeran melaksanakan permainan peran sesuai dengan peran yang dimainkan
c. Penata panggung dan kru mengontrol penataan panggung termasuk pergantian setting bila dalam pementasan itu memang memerlukan pergantian setting atau tata panggung sesuai dengan rancangan yang telah disepakati dengan sutradara.
d. Penata cahaya melaksanakan tanggungjawabnya terhadap pencahayaan dalam pementasan sesuai dengan yang telah direncanakan dan disepakati dengan sutradara. Tugas penata cahaya sebelum pementasan adalah menata sumber cahaya sesuai dengan rencana.
e. Penata kostum atau busana melaksanakan penataan kostum atau busana pemeran sebelum pementasan dimulai serta memperbaiki ulang pada waktu pementasan bila terjadi kerusakan kostum atau busana pemeran.
f. Penata rias melaksanakan penata rias pemeran sebelum pementasan dimulai serta memperbaiki ulang pada waktu pementasan bila terjadi kerusakan tata rias pemeran.
g. Penata bunyi dan suara melaksanakan tugas terhadap penataan bunyi dan suara agar enak dan nyaman didengarkan oleh penonton. Tugas penata bunyi dan suara sebelum pementasan adalah mengatur dan menginstalasi sumber bunyi dan suara yang telah direncanakan.
h. Penata musik dan sound melaksanakan tugasnya terhadap penataan musik dan sound sesuai dengan isi pementasan. Fungsi penata musik sebenarnya sama dengan fungsi seorang pemeran yang bermain di atas panggung.

Sumber : buku K13 Seni Budaya kelas ix