Variabel dalam Pemrograman Dasar

Materi Pertemuan 2 Variabel dalam Pemrograman Dasar
saterlat | August 15, 2014 | 0 Comments

variabel
Variabel adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan menggunakan variabel, kita akan mmeperoleh lebih mudah memahami permasalahan. Hal ini dikarenakan kita seolah-olah seudah mendapatkan jawabannya. Biasanya bentuk soal yang menggunakan teknik ini adalah soal counting (menghitung) atau menentuakan suatu bilangan. Tipe variable menentukan nilai yang dapat disimpan variable tersebut dan operator-operator apa yang dapat dikenakan padanya. Sebagai contoh, tipe integer hanya dapat menyimpan bilangan integer dan operator yang dapat dikenakan padanya antara lain operator penjumlahan, perkalian, dan sebagainya.
Terdapat 2 jenis tipe data Variabel secara umum :
1. Tipe data Numerik Adalah tipe data dari sebuah variabel dimana nilai dari variabel tersebut adalah merupakan nilai angka yang dapat dilakukan proses matematika (contoh : jumlah, Nil2, total_biaya).
2. Tipe data Alfa Numerik
Adalah tipe data dari sebuah variabel dimana nilai dari variabel tersebut adalah merupakan nilai yang tidak dapat dilakukan proses matematika (Contoh : nama, alamat, no_hp).

Karakter yang sering digunakan :
1. Bilangan/Numerik
Bilangan/Numerik dibagi menjadi dua yaitu bilangan bulat/numerik dan bilangan real/pecahan.
* Bilangan bulat memiliki 2 tipe yaitu Integer dan Long
* Bilangan real memiliki 2 tipe yaitu Single dan Double
2. Karakter / String
String adalah semua karakter yang ada dalam tabel ASCII, contoh : ‘a’…’z’…’0′…’9′. Operasi yang bisa dilakukan hanya operasi perbandingan saja. Tipe String ialah gabungan dari karakter, tipe string digunakan untuk menyimpan data yang berupa untaian karakter.
3. Tipe Boolean/Logical
Tipe ini memiliki 2 jenis yaitu True dan False. Operator pembanding digunakan untuk membandingkan dua buah operand. Misalnya : Yang dibandingkan dalam string ialah nilai ASCII dari string tersebut.
4, Tipe Record
Record adalah gabungan dari beberapa variabel untuk suatu maksud tertentu, Tipe record bisa menggabungkan beberapa variabel yang tipenya tidak sama.

Ada beberapa syarat dalam penamaan variabel, yaitu :
Nama harus diawali huruf alfabet
biasakan memakai huruf kecil semua, karena beberapa bahasa pemprograman memakai caes sensitif.
tidak boleh dipisahkan oleh spasi
tidak boleh mengandung operator aritmatika, tanda baca dan karakter khusus lainnya

Contoh penulisan :
String nama;
nama := String;
int jumlah_penduduk;





0 Response to "Variabel dalam Pemrograman Dasar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.