Nafkah anak.

    Kitab I’anatut thalibin Juz IV halaman 99 :

من له أب وأم فنفقته على أب … أي ولوكان بالغا إستصحابا لما كان في صغره
لعموم خبر هندن السابق
Anak yang masih mempunyai ayah dan ibu, nafakahnya menjadi kewajiban ayahnya, maksudnya walaupun anak itu telah baligh, karena istishhab kepada keadaannya waktu masih kecil dan kepada hadits yang ditujukan kepada Hindun (isteri Abu Sufyan).

    Kitab Al Umm Juz V halaman 81 :

إنّ على الأب أن يقيم بالمؤنة في إصلاح ولده من رضاع ونفقة وكسوة وخدمة
Ayah diwajibkan menjamin segala sesuatu untuk kemaslahatan anaknya yang masih kecil, baik dari segi penyusuannya, nafkahnya, pakaiannya dan perawatannya.

    Kitab Al Muhadzdzab juz II halaman 166 :

إن رجلا جاء إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال يا وسول الله عندى دينار فقال أنفقه على نفسك قال عندى أخرفقال أنفقه على ولدك قال عندى أخرفقال أنفقه على أهلك قال عندى أخرقال أنفقه على خادمك قال عندى أخرقال أنت أعلم به
Telah datang seorang laki-laki menghadap Rasulullah saw. lalu berkata: ‘Aku punya dinar (uang)’. Rasulullah bersabda: ‘Nafakahkanlah bagi dirimu’. Laki-laki tadi berkata lagi: ‘Masih ada sisanya’. Rasulullah bersabda: ‘Nafakahkanlah untuk anakmu’. Laki-laki tadi berkata: ‘Masih ada sisanya’. Rasulullah bersabda: ‘Nafakahkanlah untuk isterimu’. Laki-laki tadi berkata lagi: ‘Masih ada sisanya’. Rasulullah bersabda: ‘Nafakahkanlah untuk pembantumu’. Laki-laki tadi berkata: ‘Masih ada sisanya’. Rasulullah akhirnya bersabda: ‘Engkau lebih tahu cara menggunakannya”.

    Dr. Wahbah Zuhaili dalam kitabnya Fiqh Al-Islami juz VII hal 824 sebagai berikut :

وأما الولد الكبير فلا تجب نفقته على الأب إلا إذا كان عاجزا عن الكسب لأفات … او بسبب طلب العلم
Adapun anak yang sudah besar maka ayah tidak kewajiban memberi nafakah kecuali ia tidak bisa berusaha karena cacat, ……….. atau sebab masih mencari ilmu (kuliah)

    Kitab Al Muhadzdzab juz II halaman 189 :

ومن وجبت عليه نفقته بالقرابة وجبت نفقته على قدر الكفاية ... وإن مضت و لم ينفق على من تلزمه نفقته من الأقارب لم يصر دينا عليه
Barangsiapa diwajibkan memberi nafkah karena ada hubungan kerabat, maka ia wajib memberikan nafkah menurut kemampuannya, ... dan bila masanya sudah berlalu ia tidak memberikan nafkah itu kepada kerabatnya, maka nafkah itu tidak menjadi hutang baginya.