Variasi dan Kombinasi Lompat

Variasi dan Kombinasi Lompat
Lompat adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari suatu titik ke titik lain dengan tumpuan satu kaki dan mendarat dengan dua kaki.

Nama permainan: Lompat Kardus

Deskripsi pembelajaran: Kamu dan teman lainnya harus berusaha melewati kardus yang telah disusun oleh guru dengan cara melompat. Ketika kalian melakukan lompatan, harus melakukannya dengan penuh sportivitas, tanggung jawab.
Pengembangan akhir yang bisa diharapkan setelah mempelajari ini adalah berkembang dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Kamu harus mengamati teman kamu, ketika teman kamu melakukan, cobalah ajukan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah kamu mengamati dan bertanya cobalah kamu lakukan tugas belajar gerak tersebut.
Ketika kamu melakukan, cobalah kamu tentukan gerakan mana yang paling efektif. Cobalah komunikasikan dengan teman kamu ketika kamu telah selesai melakukan pembelajaran supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Capaian belajar siswa: Dapat berkembang dalam hal memanfaatkan celah antara kardus satu dengan yang lainnya, saling memberikan kesempatan dalam melakukan tugas belajar gerak dan berkembang dalam hal gerakan lompatan.
Alat dan bahan pembelajaran: Kardus bekas, rapia, pembatas lapangan.

Aturan dan peraturan permaian:
1. Bagilah kelas menjadi kelompok kecil dengan jumlah tiap kelompok sebanyak 4 sampai enam orang.
2. Kamu harus melakukan tugas belajar gerak yang diberikan oleh guru, yaitu lompat melewati kardus yang disusun oleh guru.
3. Kamu dinyatakan gagal bila menyentuh kardus yang telah disusun.
4. Kamu harus bisa melewati semua kardus.
5. Kelompok dinyatakan menang jika semua anggota kelompok telah menyelesaikan tugas belajar gerak.
6. Jika ada teman kelompok yang menyentuh, permainan harus memulainya dari awal.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Mengurangi jumlah kardus
2. Memperpendek ketinggian kardus
Cara mempersukar:
1. Jarak kardus diperpendek (dirapatkan)
2. Menambah ketinggian kardus

Nama permainan: Bom Ranjau

Deskripsi pembelajaran: Pada pembelajaran kali ini, siswa harus benar-benar berkonsentrasi dalam melakukan tugas belajar gerak, jika tidak maka tidak akan bisa menyelesaikan tugas belajar gerak yang telah disiapkan oleh guru. Siswa harus melewati ranjau yang telah disiapkan dan harus sampai pada garis 􀃀􀁑􀁌􀁖􀁋. Kamu harus mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Setelah kamu mengamati, cobalah untuk menanyakan cara melakukan tugas belajar yang dicontohkan tadi.
Ketika proses menanya telah kamu lakukan, langkah selanjutnya cobalah kamu lakukan/mencoba tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman kamu. Ketika kamu melakukan, kamu harus bisa membandingkan gerakan mana yang paling efektif dalam tugas belajar gerak. Ketika kamu selesai membandingkan, diharapkan kamu bisa memberikan saran kepada teman kamu tentang tugas belajar gerak yang efektif.

Capaian belajar siswa: Dapat memosisikan diri dalam melakukan tindakan, memberikan masukan kepada teman dan berkembang dalam gerak lompat.
Alat dan bahan pembelajaran: Alat tulis, kertas berwarna warni, minimal 4 warna atau bisa juga menggunakan count yang lunak (jika terinjak tidak berbahaya).

Aturan dan peraturan permaian:
1. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa yang ada di kelas.
2. Kamu dan teman berdiri di belakang ranjau yang telah disediakan oleh guru.
3. Kamu harus melakukannya dengan cara melompat/meloncat dengan menggunakan satu atau dua kaki.
4. Lakukan lompatan ke setiap kertas atau cone yang telah disiapkan oleh guru, dalam kertas atau cone tersebut terdapat bom.
5. Jika kamu menyentuh cone atau kertas yang terdapat bomnya, kamu harus kembali ke barisan dan menempati bagian yang paling belakang.
6. Kemudian, lakukan kembali setelah sampai pada giliranmu, hingga semuanya bisa melewati ranjau yang telah disiapkan oleh guru.
7. Kamu dinyatakan menang jika bisa melewati semua ranjau dengan selamat tanpa menginjak bom.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Mengurangi jumlah bom
2. Mengurangi jumlah level mencapai 􀃀􀁑􀁌􀁖􀁋
Cara mempersukar:
1. Memperbanyak jumlah bom
2. Memperpanjang jarak level mencapai 􀃀􀁑􀁌􀁖􀁋

Nama permainan: Rintangan Hulahoop
Deskripsi pembelajaran: Pembelajaran kali ini tidak berbeda dengan sebelumnya, yakni menekankan pada lompatan yang dilakukan baik dengan menggunakan dua kaki atau satu kaki. Dalam melakukan harus hati-hati supaya kaki kalian tidak menyentuh hulahoop yang telah disebar oleh guru. Lakukan semua tugas belajar gerak dengan sportif, tanggung jawab, dsb.
Diharapkan setelah mempelajari aktivitas ini berkembang aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Pada dasarnya, pembelajaran yang dilakukan harus mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan apa yang terjadi dalam belajar. Ketika kamu melakukan pembelajaran, kamu harus mengamati apa yang dilakukan oleh guru atau teman kamu.
Ketika semua itu telah dilakukan, cobalah untuk menanyakan kepada teman atau guru kamu dalam melakukan tugas belajar gerak. Setelah kamu mengamati dan menanyakan, cobalah kamu lakukan aktivitas pembelajaran yang diperintahkan oleh guru kamu. Ketika kamu melakukan, cobalah kamu bandingkan dan pilih mana gerakan yang paling mudah dilakukan dan bermanfaat.
Setelah hal tersebut dilakukan, cobalah komunikasikan dengan teman kamu dan guru kamu.

Capaian belajar siswa: Mampu memosisikan diri supaya bisa meraih rintangan yang telah disediakan, memberikan kesempatan kepada teman yang berada di belakang kamu untuk melakukan tugas belajar gerak, berkembang dalam gerak melompat.
Alat yag digunakan: Hulahoop, pembatas lapangan, alat tulis.

Aturan dan peraturan permaian:
1. Kamu harus berusaha melewati hulahoop yang telah disusun oleh guru.
2. Kamu harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan boleh melewatinya dengan dua kaki atau satu kaki.
3. Jika kamu menyentuh hulahoop, kamu harus mengulanginya dari awal.
4. Untuk mengulanginya, kamu harus mengantri dulu ke belakang sampai semuanya melakukan tugas belajar gerak.
5. Kamu harus berusaha melakukannya dengan secepat mungkin tanpa menyentuh hulahoop-nya.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Lompatan bebas (bisa dua atau satu kaki)
2. Jarak hulahoop diperdekat
Cara mempersukar:
1. Jumlah hulahoop diperbanyak
2. Jarak antar-hulahoop diperjauh


Nama permainan: Melompat dari satu alas ke alas lain
Deskripsi pembelajaran: Tugas belajar gerak yang dilakukan berkaitan dengan melompat. Kombinasi yang dikembangkan menggunakan media alas. Alas yang digunakan bisa terbuat dari kertas, atau bahan lainya. Kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan kalian tanpa mengesampingkan nilai sportivitas, tanggung jawab, dsb.
Kamu harus mengamati teman kamu, ketika teman kamu melakukan cobalah ajukan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah kamu mengamati dan bertanya cobalah kamu lakukan tugas belajar gerak tersebut. Ketika kamu melakukan, cobalah kamu tentukan gerakan mana yang paling efektif. Cobalah komunikasikan dengan teman kamu ketika kamu telah selesai melakukan pembelajaran, supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Capain belajar siswa: Mampu menempatkan lompatan sesuai dengan pola yang telah disediakan, belajar menghargai teman, dan berkembang dalam gerak melompat.
Alat dan bahan pembelajaran: Lapangan terbuka yang aman dan nyaman, kertas atau koran atau yang lainnya.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Ketika diberikan tugas belajar gerak oleh, guru lakukan dengan sungguh-sungguh.
2. Kamu harus melakukannya secara bergantian.
3. Cobalah lakukan lompatan dari alas satu ke alas yang satunya lagi.
4. Lakukan sampai semua alas bisa kalian lompati.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Memperbesar ukuran alas
2. Jarak alas diperpendek
Cara mempersukar:
1. Ukuran alas diperkecil
2. Lakukakn kombinasi dalam lompatan

Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX