Adab dalam bergaul


islamuna.info Googlenya Aswaja
#Ngaji_Adab
Adab pergaulan
Apabila memasuki suatu majelis atau jama'ah, hendaklah anda mengucapkan salam dan duduk ditempat yg tersedia utknya serta tdk melangkahi orang lain. mengkhususkan salam kpd orang yg dekat padanya ketika duduk.
apabila diuji saat berkumpul bersama orang banyak, janganlah anda ikut ambil bagian dalam percakapan mereka yg tdk bermanfa'at dan tdk mendengarkan kebohongan2 mereka. tidak menghiraukan perkataan buruk mereka . menghindari pertemuan dgn mereka kecuali jika ada keperluan.
tidak meremehkan seseorang hingga dia binasa, sebab boleh jadi ia tdk tahu mungkin orang itu lebih baik dan ta'at kpd Allah daripada dirinya. tidak memandang mereka dengan ketakdziman dalam urusan2 dunia, sebab dunia itu kecil disisi Allah dan tdk bernilai pula segala isinya.
tidak menganggap besar nilai duniawi yg ada pada dirinya, yg akan mendorongnya utk mengagungkan pecinta dunia, dengan demikian rendahlah ia dalam pandangan Allah.
tdk mengorbankan agamanya kepada mereka utk memperoleh hal2 yg bersifat duniawi dari mereka yg akan menjadikan ia kerdild ihadapan mereka. tidak memusuhi mereka shg tampak permusuhan mereka, merasa tdk mampu utk itu serta tdk dapat bersabar atasnya kecuali permusuhan itu karena Allah azza wajalla. musuhilah perbuatan2 jelek mereka dan pandanglah mereka dengan kasih sayang. tdk berharap banyak kpd mereka agar mereka mencintai, memuliakan, menampakkan wajah berseri dan memuji dirinya. ia tdk menuntut semua itu dan juga tdk ia dapatkan kecuali sedikit sekali.
jika mereka menaruh kepercayaan dan menyerahkan hak kpdnya, dia tdk akan selamat. tdk berharap banyak kpd mereka agar mereka bersikap kpdnya -dibelakangnya- spt sikap yg mereka tampakkan kpdnya, dia tdk berusaha utk mendapatgkan itu semua. tdk bersikap rakus thd apa2 yg ada di tangan mereka, shg dia kehilangan agamanya bersama mereka.
tdk bersikap sombong thd mereka. apabila meminta keperluan kpd siapapun dari mereka, lalu dipenuhi, dia adalah saudara yg memberi kemanfa'atan. jika dia tdk memenuhinya, janganlah mencelanya hingga dia mencari upaya utk memusuhi.
tdk menasehati siapapun dari merekakecuali setelah melihat adanya kerelaan hati darinya. jika tdk ada kerelaan mereka akan berupaya utk memusuhi dan tdk mau mendengar apapun darinya.
apabila melihat kebaikan, kemuliaan dan hal2 yg terpuji pada diri mereka, kembalikanlah hal itu kpd Allah , hendaklah memuji-Nya dan memohon kpd-Nya agar tdk meyerahkannya kpd mereka.
apabila melihat lejahatan, pergunjingan, perkataan jelek atau segala hal yg dibenci pada mereka, serahkan hal itu kpd Allah. berlindunglah kpd-Nya dri kejahatan mereka, dan memohon pertolongan dari-Nya utk menghadapi mereka. tdk menyapa mereka karena mereka tdk paut utuk disapa, sebailknya, ,mereka adalah musuh baginya.
tdklah berhenti kemarahannya bahkan dia mesti kembali kpd Allah dari dosa yg denganya mereka menguasainya. memohon ampunan kpd Allah dari dosa itu agar menjadi pendengar bagi pendengaran yg ada dan agar tuli dari kebatilan yg ada pada mereka.
wallohu a'lam
~Al Adab Fid Din~



0 Response to "Adab dalam bergaul"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.