e-business




e-business merupakan system kegiatan bisnis yang otomatis dan semiotomatis yaitu deengan menggunakan tekhnologi elektronik. E-business memnungkinkan suatu perusahaan dapat berhubungan satu denga nyang lain nya degan system pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien. Untuk menunjang e-business dubutuhkan sebuah komponen yang disebut infrastruktur e-business. Yaitu arsitektur hardware,software, konten dan data yang digunakan untuk memberikan layanan e-business untuk karyawan,pelanggan dan mitra.
            Sebuah keputusan yang utama dalam menjalankan infrasturuktur e-business yang berbeda dalam sebuah perusahaaan dasn dapat dikelola secara eksternal. Dalam infrsaturkut e-business terdapat dua komponen utama dalam infrsturktur e-business yaitu :
A.    Teechnical e-business infrastructure
B.     Human e-business infrastructure

Dalam infrastructure e-business terdapat strategi yang ada di dalam bisnis di sebuah perusahaan dalam hal ini kebutuhan pengembanagna infrastruktur dalam meneraspkan tekhnologi informasi yang tidak sama karena disebabkan berbagai hal seperti layanan informasi tidak terghantung pada infrasturktur secara fisik lalu
Lalu tekhnologi informasi memungkinkan penyebaran aktifitas ekonomi yang terdapat pada tekhnologi manufaktur yang proses produksinya dilakukan pada satu lokasi supaya dapat berlangsung secara ekonomis. Selain itu tekhnologi informasi bukan merupakann modal yang insentif yang terdapat pada tekhnologi manufaktur. Oleh karena itu infrasturktur e-business yang efektif merupakan cara yang sangat penting dalam mendapatkan sebuah kuntungan dalam perusahaan.






3.1  Terdapat resiko yang terjadi dalam mengelola infrastructure e-business dan banyak juga resikonya seperti


A.    Fast changing tekhnologi
Yaitu perkembangan tekhnologi yang berhasil dalam memproduksi chip yang lebih baik dan lebih besar dari hard disk dan mampu mengirimkan data pada kecepatan yang sangat besar dan juga cepat serta terdapat kemajuan yang konstan. Perkembanagan menajdi resiko untuk perusahaan yang diharuskan mengeluarkan dana yang besar setiap tahun nya unruk membeli hardware yang baru untuk mengupgrade kecepatan dan pelayanan.
B.     Security

Dalam tekhnolgi yang berkembang pesat metode baru hacking pun ditemukan dan dieksploitasi. Dan resiko nya dalah perusahaan akan lkebih rentan terhadap keamaanan dari organisasi yang besar karena meraka cenderung lebih memiliki perangkat yang lebih canggih dan keahlian yang lebih pintar.

C.     Privacy
           
Ketika dunia bergerak dari model yang berbasis host untuk model komputeridsasi internet terdapat ketidak nyamanan perusahaan dalam mengatasi privasi perusahaan dan pelanggan dan mitra bisnis harus diberitsshu tentang cara informasi dikumpulkan tentang system yang akan digunakan

D.    Government Legislation

Karena di setiap negara memliki undang – undang yang berbeda disetiap negara selalu menyajikan berbagai masalah sebagai hokum yang mengatur internet dan praktek bisnis yang berbeda di setiap negara



3.2       Internet seharusnya dikelola dengan baik dan benar karena dalam infrasturktur e-business terdapat banyak sekali resiko yang ditimbulkan. Dan selain itu banyak pula cara dalam mengelola internet dengan baik untuk sebuah perusahaan seperti menjaga privasi klien dan strategi peusahaan agar tidak bocor ke pesaing,selalin itu selalu mengupgrade data yang dimiliki agar dapat bersaing dengan perusahaan lain nya.


            Disini prodegign menggunakan infrasturkutre e-business Wide Area Network atau WAN, merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai jenis jaringan komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari jenis jaringan komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
            Selain itu Prodesign juga menggunakan system human e-business infrastructure yang dimana memakai,keahlian,pengalaman,kompetensi,komitmen,nilai,norma;dan pengetahuan




0 Response to "e-business"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.