struktur dan fungsi organ ekskresi paru-paru, hati dan kulit.

Pada organ ekskresi terdapat berbagai proses yaitu:

a. Pada paru-paru akan mensekresikan gas CO2 dan H2O dalam bentuk uap. Karbondioksida diangkut oleh darah ke alveolus sebagian besar terlarut dalam bentuk ion bikarbonat HCO3.

1. Hembuskan napas kamu didepan cermin, coba amati apa yang terjadi pada cermin tersebut ?
2. Hembuskan napas kamu di atas air kapur, coba amati apa yang akan terjadi ? apakah terjadi perubahan pada air kapur?
3. Zat apakah yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat bernapas, dan zat apa yang dikeluarkan ?
4. Buatlah reaksi yang terjadi pada saat kita bernapas, dan zat yang diekskresikan oleh paru-paru ?

Pada cermin menunjukkan cermin menjadi buram, seperti ada uapnya, ini menunjukkan bahwa pada pernapasan kita mengeluarkan uap air (H2O) dan pada saat kita menghembuskan pada air kapur, air kapur berubah menjadi buram hal ini menunjukkan bahwa pada pernapasan kita mengeluarkan CO2. Hal ini dikarenakan pada saat CO2 dan air kapur bereaksi menghasilkan reaksi yang mengakibatkan air kapur berwarna buram. Pada saat proses pernapasan zat yang dibutuhkan adalah Oksigen dan menghasilkan Karbondioksida dan uap air, proses pertukaran ini terjadi pada alveolus.

b. Pada organ hati akan mengekskresikan bilirubin hasil proses perombakan eritrosit tua, selain itu hati juga akan menguraikan kelebihan asam amino menjadi urea yang dikeluarkan melalui ginjal.

c. Kulit akan mengeluarkan keringat yang mengandung sisa metabolisme. Aktivitas kelenjar keringat diatur oleh hipotalamus.

Sumber : buku k13 IPA kelas VIII