17. Cermati penggalan teks pidato berikut!
Saudara-saudara,
Sekian tahun kita menjalani kehidupan ini. Berbagai perbuatan telah kita lakukan. Namun, pernahkah kita berpikir sejenak bahwa hidup yang kita jalani ini telah kita isi dengan kegiatan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita? Bagi orang-orang yang menyayangi kita?... Janganlah melakukan perbuatan sebaliknya yang merugikan orang lain.
Kalimat imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah....
a. Kita hanya punya waktu beberapa saat, jangan disia-siakan!
b. Marilah kita isi hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain!
c. Bisakah hidup kita memberikan manfaat bagi orang lain?
d. Jangan sia-siakan hidup yang singkat karena akan merugikan dirimu sendiri
e. Oleh sebab itu, hidup harus bermanfaat bagi orang lain
18. Bacalah kutipan pidato berikut!
Para wali murid yang kami hormati,
Belajar merupakan salah satu kewajiban siswa. Di sekolah siswa belajar dalam bimbingan dan pengawasan guru. Guru memaksimalkan kemampuannya dalam mendidik siswa. Siswa tidak hanya dididik untuk menjadi pintar, tetapi juga memahami nilai-nilai kehidupan. Namun, guru tidak dapat mengontrol aktivitas siswa di luar jam sekolah. Kami tidak mengetahui kebiasaan siswa di rumah. Apakah siswa juga rajin belajar dan membantu orang tua di rumah? Orang tua tentu lebih mengetahui kebiasaan anak-anak di rumah...
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah....
a. Pendidikan sangat penting bagi generasi muda agar kelak tidak menjadi pengangguran yang membebani negara
b. Siswa merupakan generasi penerus bangsa yang harus selalu dididik di mana pun dan kapan pun
c. Orang tua harus selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya di rumah untuk melindungi mereka dari berbagai situasi buruk
d. Marilah kita didik anak-anak kita menjadi generasi penerus bangsa yang pintar dan berbudi pekerti
e. Orang tua harus peduli terhadap pendidikan anak-anaknya agar kelak menjadi orang berguna
19. Cermati kalimat penutup surat lamaran berikut!
Atas perhatian Bapak/Ibu dan kerja sama yang baik, saya berterima kasih banyak.
Perbaikan kalimat penutup surat tersebut adalah....
a. Atas perhatiannya, saya berterima kasih banyak
b. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya berterima kasih banyak
c. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih
d. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih banyak
e. Atas perhatian dan kerja sama, saya berterima kasih
20. Cermati kalimat berikut!
Saya berharap dapat diterima bekerja di perusahaan Bapak. Atas perhatian dan kebaikan Bapak, saya menghaturkan banyak terima kasih.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring adalah....
a. Dengan diterimanya saya bekerja, saya mengucapakn banyak terima kasih
b. Demikian surat lamaran saya, dan untuk itu saya menyampaikan terima kasih
c. Atas diterimanya saya bekerja di perusahaan Bapak, saya ucapkan terima kasih
d. Atas kebaikan Bapak, saya sampaikan ucapan terima kasih
e. Atas perhatian Bapak, saya mengucapakan terima kasih
21. Cermati lowongan pekerjaan berikut!
Dibutuhkan segera
1. Editor Bahasa Indonesia (Min.D3)
2. Administrasi (Min. S1 Jur. Ekonomi)
3. Satpam
Lamaran lengkap kirim ke:
PT Indo Media Pratama
Jalan Hamengku Buwono 13, Yogyakarta
Permata, 30 0ktober 2013
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah....
a. Sehubungan dengan iklan pada lowongan pada harian Permata, 30 Oktober 2013, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai editor Bahasa Indonesia di perisaan yang Bapak/Ibu pimpin
b. Dari iklan lowongan pekerjaan pada 30 Oktober 2013, mengenai edotor bahasa, b ersamaan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan ini
c. Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di harian Permata kami mengajukan sebuah lamaran pekerjaan. Diharapkan saya dapat mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan Anda
d. Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan di harian Permata, 30 Oktober 2013, bersamaan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagaimana yang sedang dicari
e. Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Melinda, 22 tahun, Sarjana Satra Inggris, mengajukan lamaran menjadi Editor Bahasa Inggris yang Bapak/Ibu cari melalui iklan di harian Permata, 30 Oktober 2013
22. ....Sehubungan dengan persiapan pelepasan kelas XII SMA Sentosa, kami panitia mengundang Bapak/Ibu pengurus komite SMA Sentosa untuk menghadiri rapat yang diadakan pada ....
Penulisan pemerian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah....
a. hari, tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012;
waktu : 10.00 – 12.00;
tempat : Aula SMA Sentosa;
acara : penetapan acara dan dana.
b. Hari, Tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
Waktu : 10.00 – 12.00,
Tempat : Aula SMA Sentosa,
Acara : penetapan acara dan dana.
c. hari, tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
waktu : 10.00 – 12.00,
tempat : AULA SMA SENTOSA,
acara : penetapan acara dan dana.
d. HARI, TANGGAL : SABTU, 12 MEI 2012,
waktu : 10.00 – 12.00,
tempat : Aula SMA SENTOSA,
acara : penetapan acara dan dana.
e. Hari, Tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
waktu : 10.00 – 12.00,
tempat : Aula SMA Sentosa,
acara : penetapan acara dan dana.
23. Nomor surat di bawah ini yang tepat adalah ....
a. XI/01/MU/2010
b. 01/MU/2010
c. 01/MU/XI/2010
d. 01/XI/MU/2010
e. MU/XI/01/2010
24. Unsur resensi
(1) Ulasan keunggulan kelemahan buku
(2) Identitas buku
(3) Judul resensi
(4) Kesimpulan
(5) Gambaran mengenai isi buku
Urutan unsur resensi yang tepat adalah….
a. (1),(2),(3),(4), dan (5)
b. (2),(3),(4),(5), dan (1)
c. (3),(2),(1),(5), dan (4)
d. (3),(1),(2),(5), dan (4)
e. (3),(2),(5),(1), dan (4)
25. Bacalah kutipan resensi berikut !
Kiranya, buku-buku semacam inilah yang sangat dinantikan masyarakat Indonesia. Buku-buku bertemakan agama dan politik sudah banyak bertebaran di rak-rak buku, namun implikasi nyatanya tidak tampak. Makanya, buku analisis riil atas jerih payah anak bangsa menjadi sangat patut kita pelajari.
Kutipan resensi tersebut terdapat pada bagian….
a. Identitas buku
b. Kelemahan buku
c. Isi resensi
d. Penutup
e. Keunggulan
26. Berikut yang merupakan urutan alur yang tepat adalah….
a. Pengenalan, Pengungkapan peristiwa, puncak konflik, terjadi konflik, dan penyelesaian.
b. Pengenalan, puncak konflik, terjadi konflik, penyelesaian, dan pengungkapan peristiwa.
c. Pengenalan, terjadi konflik, puncak konflik, penyelesaian, dan pengungkapan peristiwa.
d. Pengenalan, pengungkapan peristiwa,terjadi konflik, puncak konflik, dan penyelesaian.
e. Pengenalan, penyelesaian, pengungkapan peristiwa,terjadi konflik, dan puncak konflik.
27. Perhatikan penggalan novel berikut ini!
Lurian lagi berbaring di sofa membaca buku. Kedua belah tangannya memegang buku itu ke atas, supaya terang kena cahaya lampu dari belakangnya. Kepalanya berbantalkan tiga buah bantal sepon sepaya tinggi, badannya seolah-olah setengah bersandalkan bantal itu. Biasanya dia sudah tidur atau sudah berbaring di tempat tidur, seolah-olah sudah nyenyak, tetapi sebenarnya dia menunggu-nunggu Winarko pulang.
Unsur intrinsik setting yang tampak pada penggalan novel tersebut adalah….
a. Di tempat tidur
b. Di teras rumah
c. Di ruang belajar
d. Di ruang tengah
e. Di ruang tunggu
28. Kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomer 28—30 .
(1) “ Anak kecil!” Dia tertawa mengejekku. “Mengapa duduk di belakang?Sini! Sini, duduk di muka! Masih ada tempat.”
(2) Tangannya melambai, lalu mendekat, berjalan ke arah belakang bangku-bangku.
(3) “Tidak, Pak! Di sini saja,” Jawabku.
(4) Dia berdiri di samping bangkuku. Tidak ada yang duduk bersamaku.
(5) “Mengapa? Supaya paling akhir mendapatkan giliran?”tanyanya.
(6) Seisi kelas tertawa
(7) “Tidak, Pak. “kataku lagi. “Supaya dapat melihat orang-orang lain. Sedangkan mereka, yang duduk di depan. Harus berpaling untuk melihatku.”
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama sebagai pengamat
c. orang ketiga serba tahu
d. orang ketiga pelaku utama
e. orang ketiga pelaku sampingan
29. Tokoh “aku” yang jujur dan polos dibuktikan dalam kutipan nomor….
a. (3)
b. (4)
c. (5)
d. (6)
e. (7)
30. Watak tokoh “aku” dideskripsikan dengan cara….
a. Pelukisan dalam bentuk fisik tokoh
b. Penggambaran lingkungan sekitar tokoh
c. Pengungkapan jalan pikiran tokoh
d. Dialog antartokoh
e. Tanggapan tokoh lain
26. D
17. B 27. D
18. D 28. A
19. C 29. E
20. E 30. D
Saudara-saudara,
Sekian tahun kita menjalani kehidupan ini. Berbagai perbuatan telah kita lakukan. Namun, pernahkah kita berpikir sejenak bahwa hidup yang kita jalani ini telah kita isi dengan kegiatan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita? Bagi orang-orang yang menyayangi kita?... Janganlah melakukan perbuatan sebaliknya yang merugikan orang lain.
Kalimat imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah....
a. Kita hanya punya waktu beberapa saat, jangan disia-siakan!
b. Marilah kita isi hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain!
c. Bisakah hidup kita memberikan manfaat bagi orang lain?
d. Jangan sia-siakan hidup yang singkat karena akan merugikan dirimu sendiri
e. Oleh sebab itu, hidup harus bermanfaat bagi orang lain
18. Bacalah kutipan pidato berikut!
Para wali murid yang kami hormati,
Belajar merupakan salah satu kewajiban siswa. Di sekolah siswa belajar dalam bimbingan dan pengawasan guru. Guru memaksimalkan kemampuannya dalam mendidik siswa. Siswa tidak hanya dididik untuk menjadi pintar, tetapi juga memahami nilai-nilai kehidupan. Namun, guru tidak dapat mengontrol aktivitas siswa di luar jam sekolah. Kami tidak mengetahui kebiasaan siswa di rumah. Apakah siswa juga rajin belajar dan membantu orang tua di rumah? Orang tua tentu lebih mengetahui kebiasaan anak-anak di rumah...
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah....
a. Pendidikan sangat penting bagi generasi muda agar kelak tidak menjadi pengangguran yang membebani negara
b. Siswa merupakan generasi penerus bangsa yang harus selalu dididik di mana pun dan kapan pun
c. Orang tua harus selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya di rumah untuk melindungi mereka dari berbagai situasi buruk
d. Marilah kita didik anak-anak kita menjadi generasi penerus bangsa yang pintar dan berbudi pekerti
e. Orang tua harus peduli terhadap pendidikan anak-anaknya agar kelak menjadi orang berguna
19. Cermati kalimat penutup surat lamaran berikut!
Atas perhatian Bapak/Ibu dan kerja sama yang baik, saya berterima kasih banyak.
Perbaikan kalimat penutup surat tersebut adalah....
a. Atas perhatiannya, saya berterima kasih banyak
b. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya berterima kasih banyak
c. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih
d. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih banyak
e. Atas perhatian dan kerja sama, saya berterima kasih
20. Cermati kalimat berikut!
Saya berharap dapat diterima bekerja di perusahaan Bapak. Atas perhatian dan kebaikan Bapak, saya menghaturkan banyak terima kasih.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring adalah....
a. Dengan diterimanya saya bekerja, saya mengucapakn banyak terima kasih
b. Demikian surat lamaran saya, dan untuk itu saya menyampaikan terima kasih
c. Atas diterimanya saya bekerja di perusahaan Bapak, saya ucapkan terima kasih
d. Atas kebaikan Bapak, saya sampaikan ucapan terima kasih
e. Atas perhatian Bapak, saya mengucapakan terima kasih
21. Cermati lowongan pekerjaan berikut!
Dibutuhkan segera
1. Editor Bahasa Indonesia (Min.D3)
2. Administrasi (Min. S1 Jur. Ekonomi)
3. Satpam
Lamaran lengkap kirim ke:
PT Indo Media Pratama
Jalan Hamengku Buwono 13, Yogyakarta
Permata, 30 0ktober 2013
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah....
a. Sehubungan dengan iklan pada lowongan pada harian Permata, 30 Oktober 2013, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai editor Bahasa Indonesia di perisaan yang Bapak/Ibu pimpin
b. Dari iklan lowongan pekerjaan pada 30 Oktober 2013, mengenai edotor bahasa, b ersamaan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan ini
c. Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di harian Permata kami mengajukan sebuah lamaran pekerjaan. Diharapkan saya dapat mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan Anda
d. Setelah membaca iklan lowongan pekerjaan di harian Permata, 30 Oktober 2013, bersamaan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagaimana yang sedang dicari
e. Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Melinda, 22 tahun, Sarjana Satra Inggris, mengajukan lamaran menjadi Editor Bahasa Inggris yang Bapak/Ibu cari melalui iklan di harian Permata, 30 Oktober 2013
22. ....Sehubungan dengan persiapan pelepasan kelas XII SMA Sentosa, kami panitia mengundang Bapak/Ibu pengurus komite SMA Sentosa untuk menghadiri rapat yang diadakan pada ....
Penulisan pemerian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah....
a. hari, tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012;
waktu : 10.00 – 12.00;
tempat : Aula SMA Sentosa;
acara : penetapan acara dan dana.
b. Hari, Tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
Waktu : 10.00 – 12.00,
Tempat : Aula SMA Sentosa,
Acara : penetapan acara dan dana.
c. hari, tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
waktu : 10.00 – 12.00,
tempat : AULA SMA SENTOSA,
acara : penetapan acara dan dana.
d. HARI, TANGGAL : SABTU, 12 MEI 2012,
waktu : 10.00 – 12.00,
tempat : Aula SMA SENTOSA,
acara : penetapan acara dan dana.
e. Hari, Tanggal : Sabtu, 12 Mei 2012,
waktu : 10.00 – 12.00,
tempat : Aula SMA Sentosa,
acara : penetapan acara dan dana.
23. Nomor surat di bawah ini yang tepat adalah ....
a. XI/01/MU/2010
b. 01/MU/2010
c. 01/MU/XI/2010
d. 01/XI/MU/2010
e. MU/XI/01/2010
24. Unsur resensi
(1) Ulasan keunggulan kelemahan buku
(2) Identitas buku
(3) Judul resensi
(4) Kesimpulan
(5) Gambaran mengenai isi buku
Urutan unsur resensi yang tepat adalah….
a. (1),(2),(3),(4), dan (5)
b. (2),(3),(4),(5), dan (1)
c. (3),(2),(1),(5), dan (4)
d. (3),(1),(2),(5), dan (4)
e. (3),(2),(5),(1), dan (4)
25. Bacalah kutipan resensi berikut !
Kiranya, buku-buku semacam inilah yang sangat dinantikan masyarakat Indonesia. Buku-buku bertemakan agama dan politik sudah banyak bertebaran di rak-rak buku, namun implikasi nyatanya tidak tampak. Makanya, buku analisis riil atas jerih payah anak bangsa menjadi sangat patut kita pelajari.
Kutipan resensi tersebut terdapat pada bagian….
a. Identitas buku
b. Kelemahan buku
c. Isi resensi
d. Penutup
e. Keunggulan
26. Berikut yang merupakan urutan alur yang tepat adalah….
a. Pengenalan, Pengungkapan peristiwa, puncak konflik, terjadi konflik, dan penyelesaian.
b. Pengenalan, puncak konflik, terjadi konflik, penyelesaian, dan pengungkapan peristiwa.
c. Pengenalan, terjadi konflik, puncak konflik, penyelesaian, dan pengungkapan peristiwa.
d. Pengenalan, pengungkapan peristiwa,terjadi konflik, puncak konflik, dan penyelesaian.
e. Pengenalan, penyelesaian, pengungkapan peristiwa,terjadi konflik, dan puncak konflik.
27. Perhatikan penggalan novel berikut ini!
Lurian lagi berbaring di sofa membaca buku. Kedua belah tangannya memegang buku itu ke atas, supaya terang kena cahaya lampu dari belakangnya. Kepalanya berbantalkan tiga buah bantal sepon sepaya tinggi, badannya seolah-olah setengah bersandalkan bantal itu. Biasanya dia sudah tidur atau sudah berbaring di tempat tidur, seolah-olah sudah nyenyak, tetapi sebenarnya dia menunggu-nunggu Winarko pulang.
Unsur intrinsik setting yang tampak pada penggalan novel tersebut adalah….
a. Di tempat tidur
b. Di teras rumah
c. Di ruang belajar
d. Di ruang tengah
e. Di ruang tunggu
28. Kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomer 28—30 .
(1) “ Anak kecil!” Dia tertawa mengejekku. “Mengapa duduk di belakang?Sini! Sini, duduk di muka! Masih ada tempat.”
(2) Tangannya melambai, lalu mendekat, berjalan ke arah belakang bangku-bangku.
(3) “Tidak, Pak! Di sini saja,” Jawabku.
(4) Dia berdiri di samping bangkuku. Tidak ada yang duduk bersamaku.
(5) “Mengapa? Supaya paling akhir mendapatkan giliran?”tanyanya.
(6) Seisi kelas tertawa
(7) “Tidak, Pak. “kataku lagi. “Supaya dapat melihat orang-orang lain. Sedangkan mereka, yang duduk di depan. Harus berpaling untuk melihatku.”
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama sebagai pengamat
c. orang ketiga serba tahu
d. orang ketiga pelaku utama
e. orang ketiga pelaku sampingan
29. Tokoh “aku” yang jujur dan polos dibuktikan dalam kutipan nomor….
a. (3)
b. (4)
c. (5)
d. (6)
e. (7)
30. Watak tokoh “aku” dideskripsikan dengan cara….
a. Pelukisan dalam bentuk fisik tokoh
b. Penggambaran lingkungan sekitar tokoh
c. Pengungkapan jalan pikiran tokoh
d. Dialog antartokoh
e. Tanggapan tokoh lain
26. D
17. B 27. D
18. D 28. A
19. C 29. E
20. E 30. D