Syiqoq dan cerai dengan putusan hakim.

    Al Qur’an surat An Nisa’ ayat 35 :

وإن خفتم شقاق بينهما فابعثوا حكما من أهله وحكما من أهلها إن تريد إصلاحا
يوفق الله بينهما إن الله كان عليما خبيرا
Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberikan taufik kepada suami isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Mengenal.

    Tafsir Ayat Ahkam, M.Ali ash Shabuni, juz I halaman 464 :

الشقاق, الخلاف والعداوة وهو مأخوذ من الشق بمعنى الجانب لأنه كان من
المتخالفين يكون في شق الأخر بسبب العداوة والمباينة
Syiqaq yaitu perselisihan dan permusuhan. Kata syiqaq diambil dari kata “asy syiqqu”dengan arti “sisi”. Adanya perselisihan suami isteri disebut sisi, karena masing-masing pihak yang berselisih itu berada pada sisi yang berlainan disebabkan adanya perlawanan dan pertentangan.

    Kitab Khulashatut Tiryaq halaman 62 :

فإن امتنع على القبول وامتنعت المرأة على الطاعة دخلت القضية فى باب الشقاق
Apabila suami menolak untuk mengabulkan cerai, sedang isteri menolak untuk taat, maka perkara itu masuk pada bab syiqaq.

    Kitab Mughnil Muhtaj juz III halaman 261 :

فإن اشتد الشقاق بعث القاضى حكما من أهله وحكما من أهلها لينظر فى أمرهما بعد اختلاء حكمه به وحكمها بها
Jika perselisihan telah memuncak, maka kahim wajib mengangkat seorang Hakam dari ahlinya suami dan seorang Hakam dari ahlinya isteri, untuk mengetahui duduk perkaranya suami isteri itu, dan mengambil sikap sesudah Hakam pihak suami menghubungi suami dan Hakam pihak isteri menghubungi isteri.

    Kitab Mughnil Muhtaj juz III halaman 261 :

والبعث واجب وأما كونـهما من أهلهما فمستحب غير مستحق إجماعا
Mengangkat hakam adalah wajib, adapun perihal hakamain dari ahlinya masing-masing adalah sunat, bukan wajib menurut ijma’.

    Kitab At Tanbih halaman 102 :

وهما حكمان من جهة الحاكم في القول الأخر فيجعل الحاكم إليهما الإصلاح
والتفريق من غير رضى الزوجين وهو الأصح
Kedudukan dua hakam tersebut, menurut pendapat lain adalah sebagai pendamai atas kuasa dari Hakim. Maka Hakim memberi kewenangan kepada mereka untuk mendamaikan atau mencerai kan dengan tanpa adanya persetujuan suami isteri. Dan pendapat ini adalah yang lebih shahih.

    Kitab Ghoyatul Marom :

وإذا اشتد عدم رغبة الزوجية لزوجها طلق عليه القاضى طلقة
Dan ketika isteri sudah sangat tidak senang terhadap suaminya maka Hakim dibolehkan menjatuhkan talak satu suami.

    Kitab Fiqhus Sunnah juz II halaman 248 :

ذهب الإمام مالك : أن للزوجة أن تطلب من القاضي التفريق إذا ادعت إضرار الزوج بـها إضرارا لا يستطاع معه دوام العشرة بين أمثالهما مثل ضربها أو سبها أو إيذائها بأي نوع من أنوع الإيذاء الذي لا يطاق او إكراهها على منكر من القول أو الفعل
Imam Malik berpendapat : Seorang isteri berhak mengajukan gugatan kepada hakim untuk diceraikan dari suaminya, apabila ia mendakwakan adanya perbuatan suami yang membahayakan dirinya sehingga siisteri merasa tidak mampu melangsungkan kehidupan rumahtangga yang sepantasnya bersama si suami, seperti memukulnya, memaki-maki/mencelanya atau menyakiti dengan segala macam bentuk menyakiti yang tidak tertahankan atau kebencian si isteri atas kemunkaran berupa perkataan atau perbuatan.

    Kitab Fiqhus Sunnah juz II halaman 248 :

وإذا ثبت دعواها لدى القاضي ببينة الزوجية أو اعتراف الزوج وكان الإيذاء ممايطاق معه دوام العشرة بين مثلها وعجز القاضي عن الإصلاح بينهما طلقها طلقة بائنة
Maka apabila telah tetap gugatan isteri dihadapan hakim dengan bukti dari pihak isteri atau pengakuan suami, sedangkan adanya perihal yang menyakitkan itu menyebabkan tidak adanya pergaulan yang pantas antara keduanya, dan Hakim tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak, maka Hakim dapat menceraikannya dengan talak ba’in.
§ Kitab Fiqhu as Sunnah, Juz II, halaman 249 :
اذا ادعت الزوجة اضرار الزوج بـها بما لا يستطاع معه دوام العشرة بين امثالهما يجوزلها ان تطلب من القاضى التفريق وحينئذ يطلقها القاضى طلقة بائنة اذا ثبت الضرر وعجز عن الاصلاح بينهما.
Jika isteri menggugat cerai karena suaminya memadlorotkan terhadap isteri (misal : memukul, mencaci maki, berkata kasar, melakukan perbuatan yang munkar, seperti berjudi dan lain-lainnya sehingga menggoyahkan keutuhan rumah tangga, maka dibolehkan bagi isterinya tersebut utnuk meminta cerai kepada hakim dan bila madlorot tersebut telah terbukti, sedangkan perdamaianpun tidak tercapai, maka hakim menetapkan jatuh talak satu ba’in”.

    Kitab Madaa Hurriyatuz Zaujaini fith Thalaaq Juz I halaman 83 :

وقد اختار الإسلام نظام الطلاق حين تضطرب الحياة الزوجين ولم يعد ينفع فيها نصائح ولا صلح وحيث تصبح الربطة الزواج صورة من غير روح لأن الإستمرار معناه أن يحكم على أحد الزوجين بالسجن المؤبد وهذا ظلم تأباه روح العدالة
Islam memilih lembaga thalaq/cerai ketika rumah tangga sudah dianggap goncang serta dianggap sudah tidak bermanfaat lagi nasehat/perdamaian, dan hubungan suami isteri menjadi tanpa ruh (hampa), sebab meneruskan perkawinan berarti menghukum salah satu suami isteri dengan penjara yang berkepanjangan. Ini adalah aniaya yang bertentangan dengan semangat keadilan.

    Kitab Fiqhus Sunnah juz II halaman 208, Ibnu Sina dalam Kitab Asy Syifa’ :

ينبغى أن يكون إلى الفرقة سبيل ما وأن لا يسد ذلك من كل وجه لأن حسم أسباب التوصل إلى الفرقة بالكلية يقتضى وجوها من الضرر والخلل منها.أن من الطبائع ما لا يألف بعض الطبائع فكلما اجتهد فى الجمع بينهما زاد الشرالنبو (أي الخلاف) وتنغصت المعايش
Seyogyanya jalan untuk bercerai itu diberikan dan jangan ditutup sama sekali, karena menutup mati jalan perceraian akan mengakibatkan beberapa bahaya dan kerusakan. Diantaranya jika tabi’at suami isteri sudah tidak saling kasih sayang lagi, maka ketika dipaksakan untuk tetap berkumpul diantara mereka berdua justru akan bertambah jelek, pecah dan kehidupannya menjadi kalut.

    Kitab Al Mar’ah bainal Fiqh wal Qanun oleh Dr. Musthafa As Siba’i, halaman 100 :

فان الحياة الزوجية لاتستقيم مع الشقاق والنـزاع عداما فى ذلك من ضرر بالغ بتربية الأولاد وسلوكهم ولاخير فى إجتماع بين متباغضين ومهما يكن أسباب هذا النـزاع خطيرا كان اوتافها فإنه من الخير أن تنتهى العلا قة الزوجية بين هذين الزوجين لعل الله يهيئ لكل واحد منهما شريكا أخر لحياته يجد معه الطمأنينة و الإستقرار
Sesungguhnya kehidupan suami isteri tidak akan tegak dengan adanya perpecahan dan pertentangan, selain itu justru akan menimbulkan bahaya yang serius terhadap pendidikan anak-anak dan perkembangan mereka, dan tidak ada kebaikannya mengumpulkan dua orang yang saling membenci. Dan kadang-kadang apapun sebab-sebab timbulnya perselisihan ini, baik yang membahayakan atau patut dapat diduga membahayakan, sesungguhnya yang lebih baik adalah mengakhiri hubungan perkawinan antara dua orang suami isteri ini. Mudah-mudahan (sesudah itu) Allah menyediakan bagi mereka pasangan lain dalam hidupnya, barangkali dengan pasangan baru itu diperoleh ketenangan dan kedamaian.