Materi Pemberlajaran Aktivitas Ritmik
Nama permainan: Permainan Membeku
Deskripsi pembelajaran: Dengan permaian membeku ini bisa mengenali dan memahami konsep yang terkandung dalam sebuah lagu. Siswa harus melakukan tugas belajar gerak dengan penuh tanggung jawab, sportivitas, dan diharapkan siswa berkembang dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilannya.
Langkah awal yang harus kamu lakukan yakni harus mengamati, tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Ketika kamu mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan sampai dengan kamu melakukan atau mencoba tugas belajar gerak, dalam melakukannya kamu harus mengumpulkan informasi terkait dengan tugas belajar gerak yang dilakukan. Ketika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan tugas belajar yang diberikan oleh guru kamu, alangkah baiknya kamu menanyakan kepada teman atau ke guru kamu.
Capaian belajar siswa: mampu memaknai suatu lagu dengan konsep ketukan, berbuat jujur dalam pembelajaran, dan terampil dalam gerak dasar aktivitas ritmik.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran::
1. Bertebarlah di lapangan yang telah disediakan oleh guru.
2. Siswa harus memperhatikan musik yang diputar oleh guru.
3. Ketika musik diputar, siswa harus melakukan gerakan dansa,namun ketika musik dihentikan maka siswa harus diam dalamposisi terakhir yang dilakukan.
4. Siswa akan mulai bergerak ketika musik diputar kembali olehguru.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Ketukan musik diperlambat.
2. Durasi musik diperpendek.
Cara mempersukar:
1. Gerakan yang dilakukan harus kompleks.
2. Ketukan musik dipercepat.
Nama permainan: Berjalan dan Menari
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus melakukan kombinasi antara berjalan dan menari diiringi dengan musik, kemudian harus berusaha berada di dalam hulahoop yang telah disebar oleh guru.
Lakukan dengan sportivitas, dan setelah melakukan ini diharapkan berkembang dalam aspek pengetahuan sikap dan keterampilanya.
Kamu harus mengamati teman kamu. Ketika teman kamu melakukan, cobalah ajukan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah kamu mengamati dan bertanya, cobalah kamu lakukan tugas belajar gerak tersebut.
Ketika kamu melakukan, cobalah kamu tentukan gerakan mana yang paling efektif. Cobalah komunikasikan dengan teman kamu ketika kamu telah selesai melakukan pembelajaran, supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Capaian belajar siswa: Tugas belajar gerak yang dikombinasikan dengan berjalan dan menari diharapkan siswa berkembang dalam keterampilan aktivitas ritmik, mengetahui jenis musik/ketukan, serta menghargai teman ketika melakukan tugas belajar gerak
Alat dan bahan pembelajaran: hulahoop, pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran:
1. Siswa harus berjalan mengelilingi hulahoop yang telah disebar oleh guru.
2. Siswa harus berjalan ketika musik sedang diputar. Ketika musik dihentikan, harus masuk ke dalam hulahoop yang telah disebar.
3. Siswa harus masuk ke dalam hulahoop secepat mungkin supaya tidak terdahului oleh teman yang lainnya.
4. Siswa yang berada di luar akan berusaha masuk ke dalam hulahoop yang ada.
5. Jumlah hulahoop akan terus berkurang seiring dengan jumlah siswa yang tidak masuk ke dalam hulahoop.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah::
1. Jumlah hulahoop diperbanyak.
2. Penghentian musik dikasih durasi yang panjang.
Cara mempersukar:
1. Mengurangi jumlah hulahoop yang ada.
2. Menambah jumlah orang di setiap kelompok.
Nama permainan: Kereta Api
Deskripsi pembelajaran: Dengan adanya aktivitas pembelajaran ini, siswa dapat mengembangkan aktivitas ritmik dengan memperhatikan orang yang ada di depannya. Ketika melakukan tugas belajar gerak, lakukan dengan sportivitas tinggi, tanggung jawab dan kembangkan pula aspek pengetahuan sikap dan keterampilan.
Capaian belajar siswa: Mampu mengetahui tugas belajar gerak secara bersama-sama, mengetahui jenis hentakan, dan terampil dalam gerakan aktivitas ritmik.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran:
1. Buatlah kelas menjadi empat kelompok sesuai dengan jumlah siswa yang ada di kelas.
2. Ketika guru memerintahkan memasuki lapangan, barislah sesuai dengan perintah guru.
3. Ketika musik mulai diputar, ikutilah gerakan yang dilakukan oleh barisan yang berada di paling depan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Libatkan guru kamu dalam melakukan tugas belajar gerak supaya lebih mudah dalam memahami gerakan yang sedang dilaksanakan.
Cara mempersukar:
1. Supaya mempersukar dalam melakukan gerakan orang yang berada pada barisan pertama dapat membuat gerakan tersendiri.
Nama permainan: Komando Dansa
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus mengombinasikan antara siapa yang menjadi komado yang sangat berpengaruh terhadap gerakan dengan ketepatan dalam menemukan komandonya.
Lakukan dengan sportivitas, tanggung jawab dan kembangkan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Capaian belajar siswa: Dengan melakukan tugas belajar gerak komando dansa, siswa bisa terampil dalam melakukan aktivitas ritmik, tepat dalam mengambil keputusan, saling menghargai keputusan teman.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran::
1. Buatlah lingkaran dengan beranggotakan 5-10 orang setiap kelompoknya.
2. Tentukan siapa yang akan ditutup matanya untuk berada di dalam lingkaran.
3. Kemudian, tentukan siapa yang akan menjadi komando setelah anak yang ditutup matanya masuk ke dalam lingkaran.
4. Ketika sudah terbentuk semuanya, lakukan gerakan dengan diiringi musik, kemudian komando bisa mengubah gerakan dari berjalan menjadi melamban, dsb.
5. Petugas yang ditutup matanya adalah menebak siapa yang menjadi komando dalam gerakan yang dilakukan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah komando.
Cara mempersukar:
1. Menambah jumlah kelompok yang berada di dalam lingkaran.
2. Komando selalu bergerak dan selalu berganti-ganti dalam melakukan gerakan.
Nama permainan: Komando Tari
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus berkonsentrai dengan musik yang diberikan oleh guru. Ketika tidak berkonsentrasi, tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Lakukan dengan sportivitas tinggi, tanggung jawab serta kembangkan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Capaian belajar siswa: Diharapkan siswa berkembang dalam keterampilan aktivitas ritmik, mengetahui koordinasi dalam gerakan, saling menghargai dalam melakukan aktivitas belajar.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran:
1. Masuklah ke dalam lapangan yang telah disedikan oleh guru.
2. Ketika musik mulai diputar, kalian harus melakukan tugas menari/berolahraga.
3. Menari bisa dilakukan seperti gerak binatang, menggunakan bokong.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Mempermudah tugas menari atau olahraga.
Cara mempersukar:
1. Memberikan tugas menari dengan berpasangan dan mengelompokkan menjadi tiga orang per kelompok.
Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX
Nama permainan: Permainan Membeku
Deskripsi pembelajaran: Dengan permaian membeku ini bisa mengenali dan memahami konsep yang terkandung dalam sebuah lagu. Siswa harus melakukan tugas belajar gerak dengan penuh tanggung jawab, sportivitas, dan diharapkan siswa berkembang dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilannya.
Langkah awal yang harus kamu lakukan yakni harus mengamati, tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Ketika kamu mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan sampai dengan kamu melakukan atau mencoba tugas belajar gerak, dalam melakukannya kamu harus mengumpulkan informasi terkait dengan tugas belajar gerak yang dilakukan. Ketika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan tugas belajar yang diberikan oleh guru kamu, alangkah baiknya kamu menanyakan kepada teman atau ke guru kamu.
Capaian belajar siswa: mampu memaknai suatu lagu dengan konsep ketukan, berbuat jujur dalam pembelajaran, dan terampil dalam gerak dasar aktivitas ritmik.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran::
1. Bertebarlah di lapangan yang telah disediakan oleh guru.
2. Siswa harus memperhatikan musik yang diputar oleh guru.
3. Ketika musik diputar, siswa harus melakukan gerakan dansa,namun ketika musik dihentikan maka siswa harus diam dalamposisi terakhir yang dilakukan.
4. Siswa akan mulai bergerak ketika musik diputar kembali olehguru.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Ketukan musik diperlambat.
2. Durasi musik diperpendek.
Cara mempersukar:
1. Gerakan yang dilakukan harus kompleks.
2. Ketukan musik dipercepat.
Nama permainan: Berjalan dan Menari
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus melakukan kombinasi antara berjalan dan menari diiringi dengan musik, kemudian harus berusaha berada di dalam hulahoop yang telah disebar oleh guru.
Lakukan dengan sportivitas, dan setelah melakukan ini diharapkan berkembang dalam aspek pengetahuan sikap dan keterampilanya.
Kamu harus mengamati teman kamu. Ketika teman kamu melakukan, cobalah ajukan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah kamu mengamati dan bertanya, cobalah kamu lakukan tugas belajar gerak tersebut.
Ketika kamu melakukan, cobalah kamu tentukan gerakan mana yang paling efektif. Cobalah komunikasikan dengan teman kamu ketika kamu telah selesai melakukan pembelajaran, supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Capaian belajar siswa: Tugas belajar gerak yang dikombinasikan dengan berjalan dan menari diharapkan siswa berkembang dalam keterampilan aktivitas ritmik, mengetahui jenis musik/ketukan, serta menghargai teman ketika melakukan tugas belajar gerak
Alat dan bahan pembelajaran: hulahoop, pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran:
1. Siswa harus berjalan mengelilingi hulahoop yang telah disebar oleh guru.
2. Siswa harus berjalan ketika musik sedang diputar. Ketika musik dihentikan, harus masuk ke dalam hulahoop yang telah disebar.
3. Siswa harus masuk ke dalam hulahoop secepat mungkin supaya tidak terdahului oleh teman yang lainnya.
4. Siswa yang berada di luar akan berusaha masuk ke dalam hulahoop yang ada.
5. Jumlah hulahoop akan terus berkurang seiring dengan jumlah siswa yang tidak masuk ke dalam hulahoop.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah::
1. Jumlah hulahoop diperbanyak.
2. Penghentian musik dikasih durasi yang panjang.
Cara mempersukar:
1. Mengurangi jumlah hulahoop yang ada.
2. Menambah jumlah orang di setiap kelompok.
Nama permainan: Kereta Api
Deskripsi pembelajaran: Dengan adanya aktivitas pembelajaran ini, siswa dapat mengembangkan aktivitas ritmik dengan memperhatikan orang yang ada di depannya. Ketika melakukan tugas belajar gerak, lakukan dengan sportivitas tinggi, tanggung jawab dan kembangkan pula aspek pengetahuan sikap dan keterampilan.
Capaian belajar siswa: Mampu mengetahui tugas belajar gerak secara bersama-sama, mengetahui jenis hentakan, dan terampil dalam gerakan aktivitas ritmik.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran:
1. Buatlah kelas menjadi empat kelompok sesuai dengan jumlah siswa yang ada di kelas.
2. Ketika guru memerintahkan memasuki lapangan, barislah sesuai dengan perintah guru.
3. Ketika musik mulai diputar, ikutilah gerakan yang dilakukan oleh barisan yang berada di paling depan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Libatkan guru kamu dalam melakukan tugas belajar gerak supaya lebih mudah dalam memahami gerakan yang sedang dilaksanakan.
Cara mempersukar:
1. Supaya mempersukar dalam melakukan gerakan orang yang berada pada barisan pertama dapat membuat gerakan tersendiri.
Nama permainan: Komando Dansa
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus mengombinasikan antara siapa yang menjadi komado yang sangat berpengaruh terhadap gerakan dengan ketepatan dalam menemukan komandonya.
Lakukan dengan sportivitas, tanggung jawab dan kembangkan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Capaian belajar siswa: Dengan melakukan tugas belajar gerak komando dansa, siswa bisa terampil dalam melakukan aktivitas ritmik, tepat dalam mengambil keputusan, saling menghargai keputusan teman.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran::
1. Buatlah lingkaran dengan beranggotakan 5-10 orang setiap kelompoknya.
2. Tentukan siapa yang akan ditutup matanya untuk berada di dalam lingkaran.
3. Kemudian, tentukan siapa yang akan menjadi komando setelah anak yang ditutup matanya masuk ke dalam lingkaran.
4. Ketika sudah terbentuk semuanya, lakukan gerakan dengan diiringi musik, kemudian komando bisa mengubah gerakan dari berjalan menjadi melamban, dsb.
5. Petugas yang ditutup matanya adalah menebak siapa yang menjadi komando dalam gerakan yang dilakukan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah komando.
Cara mempersukar:
1. Menambah jumlah kelompok yang berada di dalam lingkaran.
2. Komando selalu bergerak dan selalu berganti-ganti dalam melakukan gerakan.
Nama permainan: Komando Tari
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus berkonsentrai dengan musik yang diberikan oleh guru. Ketika tidak berkonsentrasi, tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Lakukan dengan sportivitas tinggi, tanggung jawab serta kembangkan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Capaian belajar siswa: Diharapkan siswa berkembang dalam keterampilan aktivitas ritmik, mengetahui koordinasi dalam gerakan, saling menghargai dalam melakukan aktivitas belajar.
Alat dan bahan pembelajaran: Pemutar musik, CD.
Aturan dan peraturan pembelajaran:
1. Masuklah ke dalam lapangan yang telah disedikan oleh guru.
2. Ketika musik mulai diputar, kalian harus melakukan tugas menari/berolahraga.
3. Menari bisa dilakukan seperti gerak binatang, menggunakan bokong.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Mempermudah tugas menari atau olahraga.
Cara mempersukar:
1. Memberikan tugas menari dengan berpasangan dan mengelompokkan menjadi tiga orang per kelompok.
Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX