Keberhasilan pementasan suatu musik

Apapun jenis acara yang diikuti, pergelaran musik hendaknya dilakukan dengan baik. Keberhasilan pementasan suatu musik, selain ditentukan oleh proses latihan yang baik perlu didukung pula oleh aspek lainnya.
Acara yang dikhususkan untuk pergelaran musik memerlukan bantuan orang lain karena pemusik bertanggungawab pada karya musik yang akan disajikan. Untuk itu panitia pementasan perlu dibentuk. Tugas utama panita adalah membantu pemusik (termasuk penyanyi) agar dapat menyajikan musik dengan baik dan pendengar dapat menyaksikan pementasan musik dengan baik pula.
 Oleh karena itu, panitia penyelenggara menyiapkan hal-hal pokok berikut ini yaitu:
a. Tempat pementasan, jika diperlukan ijin penyelenggaraan pementasan.
b. Perlengkapan panggung, seperti sound system, ligthing, dll.
c. Menjaga agar penonton (apresiator) dapat mendengarkan musik dengan baik.
d. Menjaga agar perlengkapan pementasan berfungsi dengan baik selama acara berlangsung.
Tujuan pementasan musik agar karya musik dapat dinikmati oleh pendengar (apresiator). Untuk mencapai hal itu, selama pementasan berlangsung, pemusik menjaga diri agar tetap dalam kondisi baik.
Berikut ini adalah hal-hal penting yang diperhatikan oleh pemusik:
a. Datang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Umumnya pemusik diminta hadir beberapa jam sebelum acara pementasan berlangsung. Kehadiran tepat waktu akan membantu konsentrasi pemusik pada penyajian musik karena memiki waktu persipan yang cukup.
b. Membawa alat musik yang menjadi tanggung jawab masingmasing pemain.
c. Membawa partitur masing-masing, jika diperlukan.
d. Mengikuti petunjuk yang diberikan sebelum pentas. Misalnya, cara masuk dan ke luar panggung, kostum yang dipakai untuk pentas, dll.
e. Memainkan musik selama pentas berlangsung sesuai dengan bagiannya sambil menjaga kekompakkan dengan pemusik lainnya.
Dengan persiapan yang baik, musik yang akan dipentaskan diharapkan dapat berlangsung dengan baik dan memberi kepuasan bagi pemusiknya serta penonton. Sebaliknya, persipan pementasan yang kurang baik akan membuat kecewa semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, pemusik perlu disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama yang baik selama proses latihan hingga pementasan usai.