Apa yang siswa bayangkan dari bentuk karya musik kreasi?



Keragaman sebuah karya seni musik kreasi telah tumbuh dan berkembang di wilayah nusantara tercinta ini, mulai dari musik vokal dalam bentuk lagu yang berupa nyanyian, sampai pada musik instrumen yang ditimbulkan dari suara alat yang berupa instrumenalia. Setiap karya musik kreasi itu memiliki makna, nilai, dan filosofi budaya yang beragam. Karya musik kreasi muncul sebagai buah karya hasil penciptaan seseorang. Penciptaan karya seni musik adalah suatu tindakan dan atau perilaku berkarya musik yang menghasilkan satu bentuk pernyataan musikal yang asli dari penciptanya, yang sebelumnya belum ada atau belum terwujud.
Tujuan yang diharapkan setelah mempelajari konsep dan teori penciptaan musik adalah agar pembelajar dapat menciptakan musik kreasi baik dalam wujud lagu maupun iringan lagu yang sederhana. Dalam penyusunan musik, composer perlu memerhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal terkait, antara lain ide musikal atau gagasan penerapan unsur-unsur musik. Hal tersebut diperkuat Hadjar Pamadhi (2008: 6.24) bahwa yang perlu dipertimbangkan dalam penciptaan musik instrument, yaitu (1) karakteristik bunyi dan register masing-masing instrumen atau sumber bunyi, (2) tingkat kesulitan teknik penyuaraan dan atau teknik permainan instrumen tersebut, (3) hasil perpaduan bunyi sebagian atau keseluruhan instrumen yang digunakan, dan (4) instrumen natural atau transpose.
Langkah-langkah untuk mencipta sebuah komposisi musik baik berupa lagu ataupun instrumental atau musik iringan dapat menggunakan tahapan berikut:
1. Mendengarkan contoh bentuk-bentuk komposisi lagu atau instrumen dari rekaman.
2. Memilih sebuah teks yang baik dan tepat sesuai dengan tingkat perkembangan.
3. Membaca teks dan membayangkan jenis musik yang dapat mendukung isi teks dan media ungkap aspek musical.
4. Membaca berulang-ulang pola komposisi untuk mendapatkan gerak irama dan kelompok aksennya.
5. Menetapkan unsur-unsur musikal yang digunakan dalam penyusunan komposisi musik.
6. Mendengarkan komposisi melodi dari setiap frase.
7. Menulis karya komposisi dengan baik, agar dapat dibaca, dinyanyikan dan diapresiasi dalam kegiatan selanjutnya.
8. Menyajikan karya komposisi musik untuk dievaluasi.