Komposisi Tubuh



Komposisi tubuh adalah perbandingan berat tubuh berupa lemak dengan berat tubuh tanpa lemak yang dinyatakan dalam persentase lemak tubuh. Komposisi tubuh adalah persentase lemak badan dari berat badan tanpa lemak. Maksudnya adalah kondisi tubuh tanpa adanya lemak tambahan (yang menyebabkan orang menjadi gemuk).
Komponen kebugaran ini membantu mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit degeneratif dan keadaan yang berkaitan dengan aktivitas fisik.
Contoh dari penyakit yang berkaitan dengan aktivitas fisik ialah penyakit jantung koroner, obesitas (kegemukan), kelemahan sendi dan otot.

Indeks Massa Tubuh
Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah perbandingan tinggi-berat yang sering digunakan dalam bidang pengukuran. IMT mengukur komposisi tubuh yang secara khusus dipergunakan dalam skala-besar untuk studi kesehatan masyarakat, namun juga dalam fitnessgram. Cara menghitung IMT adalah dengan menggunakan rumus berikut.
IMT = Berat badan (Tinggi badan)²
Keterangan: Berat badan (kg) Tinggi badan (m)
Contoh menghitung IMT; dengan mengambil berat badan seseorang 64 kg dan tingginya 1,63 meter. IMT orang tersebut jika dihitung menggunakan rumusnya adalah 24,3 kg/m².
IMT =  64* (1,63)² = 64* 2,6569 = 24
Setelah diperoleh nilai IMT, kalian dapat melihat kategori komposisi tubuh dengan melihat tabel berikut ini.
Kategori IMT
kurus < 18,5
normal 18,5 - 24,9
kegemukan 25,0 - 29,9
obesitas tingkat 1 30,0 – 34,9
obesitas tingkat 2 35 – 39,9
obesitas tingkat 3 > 40

Sumber : buku k13 PJOK kelas xi



0 Response to "Komposisi Tubuh"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.