soal + kunci excel kkpi tik

17.    Agar tabel hanya menampilkan data-data sesuai kriteria yang dimasukkan, harus dilakukan ….

a.    Editing
b.    Deleting
c.    Filtering
d.    Tabulasi
e.    penyisipan

18.    Sebelum mulai mencetak sebuah dokumen sebaiknya Anda memeriksanya dengan ….

a.    Page Setup
b.    Quick Print
c.    Print Preview
d.    Publish
e.    Print Range

19.    Untuk mengatur tata letak cetakan, menu yang dipilih adalah ….

a.    Print Range
b.    Page Setup
c.    Quick Print
d.    Print Preview
e.    Publish

20.    Formula = MAX () pada program Excel digunakan untuk ….

a.    mencari nilai terkecil dari sekelompok data
b.    menghitung rata-rata dari sekelompok nilai
c.    mencari nilai terbesar dari sekelompok data
d.    menjumlahkan sekelompok nilai
e.    mencari angka dari sekelompok data
21.    Untuk melakukan penjumlahan data pada Excel digunakan formula .…

a.    AVERAGE
b.    MIN
c.    MAX
d.    SUM
e.    IF

22.    Berikut penulisan formula penjumlahan yang benar adalah .…

a.    = sum (B2 – B7)
b.    = sum (B3 – B8)
c.    = sum (C2 * D2)
d.    = sum (B4 : C4)
e.    = sum (B2 = B7)

23.    Fungsi Look up adalah untuk mencocokkan teks dengan ….

a.    daftar IF
b.    tabel referensi
c.    pernyataan
d.    sintak
e.    keadaan

24.    Untuk menghasilkan ONE dari tulisan INDONESIA, digunakan perintah ….

a.    = RIGHT (“INDONESIA”, 4,3)
b.    = MID (“INDONESIA”, 1,3)
c.    = MID (“INDONESIA”, 3,3)
d.    = LEFT (“INDONESIA”, 3,3)
e.    = MID (“INDONESIA”, 4,3)

25.    Perintah yang digunakan untuk membuat grafik adalah ….

a.    Format Object
b.    Edit Chart
c.    Insert Chart
d.    Format Chart
e.    Insert Object
26.    Jika pada suatu sel terdapat pernyataan “#VALUE!”, yang harus Anda lakukan adalah ….

a.    menghapus isi sel
b.    mengklik undo
c.    memeriksa nilai pada sel
d.    mengklik redo
e.    menyisipkan sel baru
27.    Pengurutan data dilakukan dengan cara mengklik sel yang akan diurutkan kemudian pada Ribbon diklik pada grup ….

a.    Sort and filter
b.    Cell styles
c.    Format
d.    Insert
e.    Find and Select
28.    Untuk menyisipkan objek gambar ke dalam dokumen, tab pada Ribbon yang harus diklik adalah ….

a.    Data
b.    Home
c.    Insert
d.    Formulas
e.    Review

29.    Untuk menyisipkan simbol “±” saat membuat suatu dokumen, langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengklik ….

a.    Insert > Text Box > ±
b.    Review > Spelling
c.    Insert > Symbol – ±
d.    Page Layout > Print titles
e.    Formulas > Insert Function

30.    Untuk mengganti ukuran kertas yang akan diprint, pada kotak dialog Page Setup dipilih tab ….

a.    Page
b.    Margins
c.    Header/Footer
d.    Sheet
e.    Border


16.    D
17.    C
18.    C
19.    B
20.    C
21.    D
22.    D
23.    B
24.    C
25.    E
26.    C
27.    A
28.    C
29.    C
30.    A