English Indonesian Environment.3

Menjelaskan dan Menanyakan PR Peserta Didik
Where is your homework? Di mana PR mu?
Page 6 is your homework. Halaman 6 akan menjadi PR kalian.
Exercise 10 is your homework for tonight. Latihan 10 akan menjadi PR kalian malam ini.
Your homework would be doing exercise 6 on page 50. PR kalian adalah mengerjakan latihan 6 halaman 50.
Do the last three exercises for Saturday. Kerjakan 3 latihan terakhir untuk hari Sabtu.
Do up to exercise 8. Kerjakan sampai latihan 8.
Don’t forget about your homework. Jangan lupa PR kalian.
First, a few words about your homework. Pertama-tama, saya berikan sedikit penjelasan tentang PR kalian.
Remember your homework. Ingat PR kalian.

Membagi Buku Handout atau Gambar
One book for two. Satu buku untuk berdua.
One for two. Satu untuk berdua.
One book for every three pupils. Satu buku untuk setiap 3 peserta didik.
There is one dictionary for each group Ada satu kamus untuk setiap kelompok.
Could you share with Ahmad, please. Silahkan berbagi dengan Ahmad.
I’m afraid I haven’t got enough copies. Maaf, tampaknya fotokopiannya tidak cukup untuk dibagikan.
I’m afraid there is not enough for everybody. Maaf, tampaknya potokopianya tidak cukup untuk semua.
Take one and pass them on. Ambil satu lalu bagikan ke yang lain.
Pass these to the back. Bagikan ini ke belakang.
There are only enough nine pupils Hanya akan cukup untuk 9 peserta didik.
Share with Ali this time. Berbagi dengan Ali kali ini.
You will have to share with him. Kamu harus berbagi dengan dia.

Berkaitan dengan Penggunaan Buku
Get the book from the self. Ambil bukunya dari rak buku.
Take your book out of your bag. Ambil buku dari tas kalian.
Fetch the book from the teachers’ room. Ambil buku dari ruang guru.
Has everybody got a book? Apa semua sudah dapat bukunya?
I hope you all get a copy of exercise 3. Saya berharap semua sudah mendapatkan 1 lembar dari latihan 3.
Is there anybody without a book? Ada yang belum mendapat bukunya?
Is there anybody who hasn’t got a copy? Ada yang belum dapat fotokopiannya?
Can everybody see a copy of the text? Bisa semua melihat fotokopian teksnya?
Where’s your book, Joni? Di mana bukumu Joni?
Don’t forget your books next time. Lain kali, jangan lupa bawa bukumu.
Make sure you bring it on Monday. Pastikan kamu membawanya hari Senin.

Meminta Peserta Didik Membuka Unit dan Bab Tertentu
Books out, please! Bukunya di keluarkan!
Open your book, please. Buka buku kalian.
Open you book on page 18. Buka buku kalian di halaman 18.
Look at page 20. Lihat halaman 20.
Now open page 25. Sekarang buka halaman 25.
Turn over the page. Buka halaman berikutnya.
Over page 15. Sampai halaman 15.
Turn to the next page. Buka halaman berikutnya.
The next page, please. Halaman berikutnya.
Let’s move on to the next page. Mari kita lanjutkan ke halaman berikutnya.
I want you to turn to chapter 3 on page 135. Saya meminta kalian buka Bab 3, halaman 135.
Now turn back to page 15. Sekarang kembali buka halaman 15.
Turn back to the previous page. Kembali ke halaman sebelumnya.
You’ll find the exercise on page 40, unit 2. Kalian akan menemukan latihan di halaman 40 unit 2.
Look at exercise 10 on page 4. Lihat latihan 10 di halaman 4.
Have a look at the graph on page 25. Lihat grafik di halaman 25.

Mengumumkan Ujian/Tes
I’ll give you a test on these lessons/ chapters sometimes next week. Saya akan memberikan tes di pelajaran/Bab ini suatu kali minggu depan.
Please pick up a copy of the exercise as you leave. Silakan ambil satu fotokopian latihan ketika kalian keluar.
Remember to take a sheet as you leave. Ingatlah untuk mengambil satu lembar ketika kalian keluar.
Collect a copy of your homework from my desk. Ambil fotokopi PR kalian dari meja saya.

Mengecek Apakah Peserta Didik Sudah Paham dengan Teks yang Sudah Dibaca
Is everything clear? Apa semuanya sudah jelas?
Do you understand everything? Apa kalian sudah paham semua?
Is there anything you don’t understand? Apakah ada sesuatu yang kalian tidak paham?
Do you know the meaning of the word … ? Apakah kalian paham arti dari kata?
Are there any words you don’t know? Apakah ada kata yang tidak kalian mengerti?
Are there any strange words or expressions? Apakah ada kata atau ekspresi yang terasa aneh?
Are there any phrases you don’t know the meaning of? Apakah ada prasa yang tidak kalian pahami maknanya?
Are there any questions on this text? Apakah pertanyaan tentang teks ini?
Is there anything else you would like to ask about? Ada hal lain yang ingin kalian tanyakan?
Are there any words you’re unfamiliar with? Apakah ada kata yang tidak kalian kenal?
Has anybody got anything to ask about this text? Ada yang ingin bertanya tentang teks ini?

Menanyakan Peserta didik Sudahkah Menemukan Halaman yang Dicari
Have you all found the place? Sudah kalian temukan letaknya?
Seven lines down/up. Tujuh baris ke bawah/ke atas.
It’s on the left/right. Di sebalah kiri/kanan.
It’s at the bottom of the page. Di bagian bawah halaman.
It’s in the top left-hand corner. Di pojok kiri atas.
It’s about halfway down. Setengah ke bawah.
About the middle of line 15. Sekitar tengah-tengah dari baris ke-15
The picture is at the top of the page/ at the very top. Gambarnya ada di bagian atas halaman.
The line is in the middle of the page. Barisnya ada di tengah-tengah halaman.
It’s somewhere near the top/bottom of the page. Itu di dekat bagian atas/bawah halaman.
It’s in the very middle of the page. Tepat di tengah-tengah halaman.
About three-quarters of the way down. Sekitar ¾ ke arah bawah.
It’s ten lines from the top/bottom. Sepuluh baris dari atas/bawah.
Paragraph three, line two. Paragraf 3, baris 2.
(The) last line in the second paragraph. Baris terakhir di paragraf kedua.

Sumber : Buku K13 Bahasa Inggris kelas VIII