5 CARA PENYAJIAN ALGORITMA


 Penyajian Algoritma
Algoritma dapat disajikan dengan dua teknik yaitu teknik tulisan dan teknik gambar. Teknik tulisan biasanya menggunakan metode structure english dan pse udocode, sedangkan teknik gambar biasanya menggunakan diagram alir (flow chart).
SUBSTANSI :
1. STRUCTURE ENGLISH DAN PSEUDOCODE
2. ATURAN PENULISAN TEKS ALGORITMA
3. FLOWCHART
4. FLOWCHART PROGRAM
5. FLOWCHART SYSTEM
6. PEDOMAN MEMBUAT FLOWCHART

1. STRUCTURE ENGLISH DAN PSEUDOCODE
Structure English merupakan alat yang cukup efisien untuk menggambarkan suatu algoritma. Basis dari structure english adalah bahasa inggris, tetapi juga bisa digunakan bahasa indonesia, sedangkan pseudocode berarti kode yang mirip dengan kode pemrograman sebenarnya. Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti imitasi/mirip/menyerupai dan code yang berarti program. Pseudocode berbasis pada kode program yang sesungguhnya seperti Pascal, C, C++. Pseudocode lebih rinci dari structure english misalnya dalam menyatakan tipe data yang digunakan.

Contoh struktur Indonesia
Baca data jam_kerja
Hitung gaji adalah jam_kerja dikalikan tarif
Tampilkan gaji

Pseudocode dengan Pascal :
Read jam_kerja
Gaji := jam_kerja * tarif
Write gaji


2. ATURAN PENULISAN TEKS ALGORITMA
Langkah-langkah penyelesaian masalah dalam teks algoritma dapat ditulis dalam notasi apapun, dengan syarat bahwa langkah-langkah tersebut mudah dipahami dan dimengerti. Tidak ada notasi yang baku dalam teks algoritma sebagaimana notasi dalam bahasa pemrograman (notasi dalam algoritma disebut dengan notasi algoritmik). Setiap orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritmik sendiri. Berkaitan hal itu untuk memudahkan translasi notasi algoritmik ke dalam bahasa pemrograman, sebaiknya notasi algoritmik tersebut berkorespondensi dengan notasi bahasa pemrograman secara umum. Sebagai contoh :

Tulis nilai X dan Y

Dalam notasi algoritmik menjadi :

Write(X,Y)

Notasi write ini berarti nilai X dan Y dicetak ke piranti keluaran. Notasi write ini berkorespondensi dengan write atau writeln dalam bahasa pascal, printf dalam bahasa C dan cout dalam bahasa C++. Jadi, translasi write(X,Y) dalam masing-masing bahasa tersebut adalah :

writeln(X,Y);    { dalam bahasa pascal }
printf(“%d %d”, X,Y);    /* dalam bahasa C */
cout<< X << Y;    /* dalam bahasa C++ */

Perhatikan bahwa setiap bahasa pemrograman mempunyai aturan sendiri dalam menggunakan perintah penulisan.

Contoh lain :

Isikan nilai X ke dalam max

Ditulis dalam notasi algoritmik menjadi :

max ← X

Notasi “←” berarti mengisi (assign) peubah (variable) max dengan nilai peubah X. Translasi notasi “←” kedalam bahasa Pascal adalah “:=”, dalam bahasa C adalah “=”, dalam bahasa C++ adalah “=”. Translasi max ← X dalam masing-masing bahasa adalah :

max := X;   { dalam bahasa Pascal }
max = X;     /* dalam bahasa C */
max = X;    /* dalam bahasa C++ */

3. FLOWCHART
Dalam structure English / struktur Indonesia digambarkan tahap-tahap penyelesaian masalah dengan menggunakan kata-kata (teks). Kelemahan cara ini adalah dalam penyusunan algoritma sangat dipengaruhi oleh tata bahasa pembuatnya, sehingga kadang-kadang orang lain sulit memahaminya. Oleh sebab itu kemudian dikembangkan metode yang menggambarkan tahap-tahap pemecahan masalah dengan merepresentasikan simbol-simbol tertentu yang mudah dimengerti, mudah digunakan dan standar. Salah satu penulisan simbol tersebut adalah dengan menggunakan flowchart. Flowchart terdiri dari dua macam yaitu Flowchart Program  &  Flowchart System.

4. FLOWCHART PROGRAM
Bagan alir program adalah suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari data yang akan diproses dalam suatu program dari awal sampai akhir. Bagan alir program merupakan alat yang berguna bagi programmer untuk mempersiapkan program yang rumit. Bagan alir terdiri dari simbol-simbol yang mewakili fungsi-fungsi langkah program dan garis alir (flow lines) menunjukan urutan dari simbol yang akan dikerjakan.

5. FLOWCHART SYSTEM
Bagan alir sistem berbeda dengan bagan alir program. Bagan alir program sifatnya lebih terperinci tentang langkah-langkah proses di dalam program dari awal sampai akhir. Bagan alir sistem hanya menggambarkan arus data dari sistem. Simbol-simbol yang digunakan pada bagan alir sistem ada yang sama dan ada yang berbeda dengan simbol-simbol yang digunakan pada bagan alir program.



0 Response to "5 CARA PENYAJIAN ALGORITMA "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.