. Apresiasi Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Simbol Dalam Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
Simbol merupakan lambang yang mengandung makna atau arti. Kata simbol dalam bahasa Inggris: symbol; Latin symbolium, berasal dari bahasa Yunani symbolon (symballo) yang berarti menarik kesimpulan, bermakna atau memberi kesan. Secara konseptual, kata simbol ini memiliki beberapa pengertian sebagai berikut.
1. Sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang kelihatan yang menggantikan gagasan atau objek tertentu.
2. Kata; tanda, isyarat, yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain: arti, kualitas, abstraksi, gagasan, objek.
3. Apa saja yang diberikan arti dengan persetujuan umum dan/ atau dengan kesepakatan atau kebiasaan. Misalnya, lampu lalu lintas.
4. Tanda konvensional, yakni sesuatu yang dibangun oleh masyarakat atau individu-individu dengan arti tertentu yang kurang lebih standar yang disepakati atau dipakai anggota masyarakat itu. Arti simbol dalam konteks ini sering dilawankan dengan tanda alamiah.
Dalam buku siswa telah disampaikan bahwa salah satu pengertian ”simbol” adalah makna yang dikandung dalam karya seni rupa baik pada wujud objeknya maupun pada unsur-unsur rupanya. Siswa sudah mempelajari hal ini di kelas X dan XI. Salah satu unsur seni rupa yang sering digunakan perupa untuk menyimbolkan atau melambangkan sesuatu adalah unsur warna.
Misalnya warna merah, digunakan untuk menyimbolkan keberanian, putih untuk menyimbolkan kesucian, hijau untuk menyimbolkan kesuburan dan sebagainya. Demikian pula objek pada karya seni rupa tiga dimensi. Objekobjek tertentu kerap digunakan sebagai simbol sesuatu. Patung katak sebagai simbol pemanggil hujan. Patung kuda sebagai simbol kegagahan, keledai melambangkan kebodohan dan lain sebagainya.
32 Kelas XII SMA/ MA/ SMK/ MAK
Di antara karya seni rupa tiga dimensi yang dapat memiliki makna dan simbol tertentu. adalah patung, tugu dan monumen. Kebiasaan untuk membuat karya seni rupa tiga dimensi yang melambangkan atau menyimbolkan sesuatu sudah dilakukan orang sejak jaman dahulu. Karya seni rupa tiga dimensi ini terbuat dari berbagai material seperti kayu, batu, logam, dan sebagainya.
Karya-karya seni rupa ini dibuat untuk memperingati tokoh, peristiwa penting atau untuk menandai tempat-tempat bersejarah. Tokoh orang yang berjasa atau yang dihormati oleh masyarakat sering dibuatkan patungnya. Patung itu menjadi simbol ketokohannya melambangkan kekuatan, kepahlawanan dan perjuangannya. Banyak tokoh orang yang berjasa di negara kita. Ketokohan dan perjuangan orang–orang tersebut dikenang hingga saat ini, dijadikan tauladan bagi masyarakat dan bangsa.
Seseorang yang dianggap, pahlawan, berjasa atau dihormati sering dibuatkan patungnya. Patung itu menjadi simbol kekuatan, kepahlawanan dan perjuangannya. Kebiasaan untuk membuat tokoh orang yang berjasa atau dihormati ini dilakukan oleh hampir semua suku bangsa di dunia. Patungpatung ini ditempatkan di ruang-ruang publik untuk diapresiasi tidak hanya keindahan atau keunikan bentuknya saja tetapi juga untuk mengenang jasa dari para tokoh tersebut.
Karya seni rupa tiga dimensi memiliki unsur-unsur rupa warna, garis, bidang, bentuk, dan sebagainya seperti halnya karya seni rupa dua dimensi.
Unsur-unsur rupa ini digunakan selain untuk memperindah bentuknya dapat saja memiliki makna simbolik. Kesan garis tebal, garis tipis, garis lurus, garis lengkung memiliki makna simbolik yang berbeda-beda. Warna merah, hitam, putih dan sebagainya juga memiliki makna simbolik yang berbeda-beda. Makna-makna simbolik ini mungkin saja berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Sebagai contoh, warna hitam seringkali digunakan sebagai lambang duka cita, tetapi suku bangsa tertentu menggunakan warna kuning atau putih sebagai lambang berduka cita.etis Karya Seni Rupa 3
Dimens






0 Response to ". Apresiasi Karya Seni Rupa Tiga Dimensi"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.