Langkah-langkah untuk menyusun wirausaha budidaya unggas


Agar dapat melakukan wirausaha maka harus dipahami terlebih dahulu seluk beluk bidang wirausaha yang akan ditekuni. Dalam pembelajaran sebelumnya siswa sudah mengetahui teknik budidaya unggas pedaging. Berdasarkan pengetahuan yang dimiliki siswa sudah dapat membuat rencana wirausaha.
Langkah-langkah untuk menyusun wirausaha adalah:
1. Menentukan jenis ternak yang akan dibudidayakan.
2. Menentukan lokasi kandang.
3. Menentukan skala usaha yang akan dibuat.
Guna mengurangi resiko, wirausaha dapat dimulai dengan skala usaha yang kecil. Sambil melaksanakan wirausaha dalam skala kecil siswa dapat mempelajari berbagai hal sehingga dapat menjadi pengalaman dan pedoman jika suatu saat nanti peserta ingin memperbesar skala usaha. Siswa dapat menerapkan prinsip learning by doing (belajar sambil bekerja).

Guru mengajak siswa untuk melakukan survei pasar sehingga dapat memilih jenis unggas yang prospektif untuk dikembangkan. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada responden tentang:
1. Jenis produk budidaya unggas petelur yang dipasarkan.
2. Jenis unggas petelur yang paling laku di pasar.
3. Harga daging unggas.
4. Jumlah daging unggas yang diperjualbelikan.
5. Pengemasan produk budidaya unggas pedaging.

Membuat rencana wirausaha dimulai dengan menentukan jenis unggas yang akan dibudidayakan. Siswa sudah menentukan jenis unggas yang akan dibudidaya melalui survei pasar. Dengan melakukan survei pasar maka siswa akan mendapat informasi tentang unggas yang prospektif untuk dikembangkan.
Selanjutnya adalah menentukan lokasi kandang yang sesuai dan skala usaha budidaya yang akan dibuat sehingga dapat melakukan analisis kebutuhan dan memperkirakan keuntungan yang diperoleh. Komponen biaya dalam wirausaha terdiri dari biaya tetap dan tidak tetap.

Sampai dengan pembelajaran ini, siswa sudah dapat memahami teknik budidaya/pemeliharaan unggas pedaging, dapat menentukan jenis unggas yang akan dibudidayakan berdasarkan hasil survei pasar, dapat memahami analisis biaya dalam wirausaha di bidang unggas pedaging. Selanjutnya guru mengajak siswa untuk melakukan praktik wirausaha.

Harus dipahami bahwa budidaya ternak unggas petelur berhubungan dengan makhluk hidup, yaitu unggas pedaging yang dipelihara sampai panen dalam keadaan hidup. Usaha ternak unggas petelur sangat ditentukan oleh kondisi unggas. Semakin bagus kondisi ayam semakin bagus harga yang didapat, tetapi sebaliknya semakin buruk kondisi ayam, maka semakin rendah harga yang didapatkan.
Usaha ternak ayam pedaging harus dilakukan dengan perencanaan budidaya yang baik agar keuntungan yang didapatkan bisa optimal. Usaha budidaya unggas petelur bukanlah usaha sambilan, tapi harus dilakukan sepenuh hati dan sungguh-sungguh agar tidak mengalami kerugian.

Beberapa kiat untuk memulai usaha unggas petelur adalah memilih waktu yang tepat yaitu ketika memulai usaha unggas petelur dilakukan pada musim dan cuaca yang tepat, hasil dipanen ketika harga unggas sedang bagus, dan harus dimulai dengan skala kecil terlebih dahulu.

Pertama kali pembelajaran, guru harus menjelaskan tujuan pembelajaran dan pokok bahasan selama satu semester kepada siswa. Selanjutnya, guru meminta peserta siswa untuk menceritakan pengalaman mereka yang terkait dengan budidaya maupun wirausaha di bidang ternak unggas. Siswa juga diajak untuk menanyakan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran. Kegiatan tanya jawab dilakukan pada pembelajaran pertama agar siswa dapat menyiapkan !sik dan mental untuk menghadapi pembelajaran selama satu semester.

Materi dan proses pembelajaran prakarya bidang budidaya dari kelas X sampai kelas XI telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal dan mempraktikkan berbagai kegiatan budidaya serta memahami berbagai wirausaha sesuai dengan masing-masing bidang budidaya. Dalam pembelajaran kelas XII siswa tidak diarahkan untuk mengenal budidaya ternak unggas dan mempraktikkan, siswa juga diarahkan untuk dapat melihat peluang wirausaha di budidaya ternak unggas, praktik wirausaha, melakukan analisis biaya untuk wirausaha di bidang budidaya ternak unggas pedaging serta menyusun rencana wirausaha dalam bentuk proposal.




0 Response to "Langkah-langkah untuk menyusun wirausaha budidaya unggas"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.