merencanakan Wirausaha Produk Kesehatan Khas Daerah

1. Skema Proses Wirausaha Produk Kesehatan Khas Daerah
Kesehatan merupakan faktor penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Produk kesehatan menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari dalam upaya menjaga kesehatan, meningkatkan stamina, pencegahan terhadap penyakit, menyembuhan maupun pemulihan. Produk kesehatan memiliki potensi pengembangan yang besar mengingat saat ini produk kesehatan baik yang tradisional maupun yang modern sama-sama diminati pasar. Wirausaha produk kesehatan seperti wirausaha produk lainnya harus memperhatikan pasar sebagai muara terakhir dari usaha dan produksi yang dilakukannya.
Skema proses dalam wirausaha produk kesehatan secara umum sama dengan skema proses yang terjadi pada wirausaha produk lainnya. Perbedaannya terdapat pada detail aktivitas yang dilakukan.

Proposal Usaha
Peluang usaha ditindaklanjuti dengan membuat perencanaan wirausaha produk kesehatan khas daerah. Wirausaha pada dasarnya adalah kegiatan pengelolaan sumberdaya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar).
Man (manusia) atau SDM (Sumber Daya Manusia) dalam wirausaha pengolahan meliputi Man Power dan Mind Power. Mind (pemikiran dan kreativitas) dari sumber daya manusia di bidang pengolahan sama pentingnya dengan tenaga dan keterampilan yang dimiliki. Mind dibutuhkan untuk melakukan riset mendalam tentang potensi-potensi bahan nabati dan hewani untuk dijadikan bahan baku produk kesehatan.
Pengembangan obat tradisional menjadi produk modern membutuhkan kemampuan riset dari sumber daya manusia di dalam wirausaha produk kesehatan. Pengelolaan sumber daya manusia dalam bidang pengolahan harus membuat pekerja selalu fokus dan teliti dalam bekerja. Suasana kerja harus dibuat agar memberikan kenyamanan bagi pekerjanya.
Suasana kerja yang nyaman akan mendukung terciptanya kerja yang teliti untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Produk berkualitas penting untuk kemajuan wirausaha kesehatan.
Money meliputi dana yang menjadi modal usaha, perputaran uang yang terdiri atas pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam usaha tersebut. Kemampuan pengelolaan uang yang terpenting adalah kemampuan mengelola keuntungan yang diperoleh untuk pengembangan usaha agar menjadi usaha yang lebih besar dan lebih baik.
Material, machine, dan method terkait langsung dengan proses produksi yang terjadi dalam usaha tersebut. Tantangannya adalah standar bahan baku harus berkualitas karena menyangkut produk kesehatan. Proses kerja pengolahan produk kesehatan menuntut kinerja yang teliti dan higienis, dengan demikian prosedur kerja harus dijalankan dengan penuh disiplin. Pada wirausaha produk kesehatan, alat yang digunakan dapat berupa alat sederhana, bukan mesin yang rumit. Produksi kesehatan mengutamakan ketelitian dan kepresisian. Oleh karena itu perkakas, peralatan, dan mesin sederhana harus selalu digunakan dengan tepat sesuai dengan peruntukannya. Kemampuan wirausahawan dalam mengelola produk kesehatan secara efektif dan e!sien dapat menghasilkan keuntungan wirausaha yang lebih besar.
Market atau pasar sasaran dari produk kesehatan cukup luas dengan kebutuhan yang beragam. Pengetahuan tentang pasar sasaran menjadi salah satu kunci penting untuk keberhasilkan wirausaha kesehatan. Posisi suatu usaha terhadap pesaingnya harus diketahui oleh wirausahawan agar dapat memenangkan persaingan. Inovasi penemuan produk kesehatan yang baru harus terus dilakukan untuk perkembangan wirausaha produk kesehatan.

Perencanaan pengelolaan sumberdaya tersebut dituangkan ke dalam sebuah proposal usaha. Proposal usaha berisi informasi dan rencana pelaksanaan usaha. Proposal usaha biasanya dibuat oleh wirausahawan untuk menawarkan ide usahanya kepada pihak lain untuk kerjasama dalam hal permodalan usaha. Ide dan informasi yang disampaikan pada proposal harus jelas dan detail agar calon pemodal atau rekanan usaha dapat memahami ide dan rencana yang ditawarkan. Informasi yang jelas juga dapat menghindarkan dari kesalahpahaman tentang ide dan rencana usaha yang ditawarkan. Proposal juga sebaiknya dibuat menarik untuk dibaca. Desain sampul muka proposal berperan penting dalam memberikan informasi awal dari hal yang akan ditawarkan. Sampul muka yang baik akan membuat calon pemodal dan rekanan tertarik untuk membaca proposal tersebut.

Proposal Usaha :
a. Deskripsi perusahaan
􀁴􀀁 Deskripsi umum
􀁴􀀁 Visi, misi, dan tujuan
􀁴􀀁 Jenis usaha
􀁴􀀁 Produk yang dihasilkan
b. Pasar dan pemasaran
􀁴􀀁 Gambaran lingkungan usaha
􀁴􀀁 Kondisi pasar (pasar sasaran, peluang pasar, dan estimasi pangsa pasar)
􀁴􀀁 Rencana pemasaran (Penetapan harga, strategi pemasaran, dan estimasi penjualan)
c. Aspek produksi
􀁴􀀁 Deskripsi lokasi usaha
􀁴􀀁 Fasilitas dan peralatan produksi
􀁴􀀁 Kebutuhan bahan baku
􀁴􀀁 Kebutuhan tenaga kerja
􀁴􀀁 Proses produksi
􀁴􀀁 Kapasitas produksi
􀁴􀀁 Biaya produksi
d. Aspek keuangan
􀁴􀀁 Biaya pemasaran, administrasi, dan umum
􀁴􀀁 Sumber pembiayaan dan penggunaan dana
􀁴􀀁 Proyeksi laba rugi
Proposal Usaha
􀁴􀀁 Membuat Proposal Sederhana untuk Usaha Produk Kesehatan Khas Daerah
􀁴􀀁 Buat desain sampul muka proposal yang informatif dan menarik.
   


0 Response to "merencanakan Wirausaha Produk Kesehatan Khas Daerah"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.