Mengenal File dan Folder


File adalah unit penyimpanan dasar dalam sebuah komputer. Sebuah file memungkinkan sistem operasi windows memisahkan sekumpulan informasi yang satu dengan yang lain. Sebagai contoh ketika menggunakan pengolah kata untuk menulis surat, kamu akan menyimpan file surat tersebut ke dalam sebuah nama dan jenis yang unik. Pada saat menggunakan pengolah gambar, kamu akan menyimpan file gambar dalam sebuah jenis file unik yang berbeda. Kumpulan dari file-file itu disebut folder.
Folder di sini dapat dibayangkan sebagai sebuah map yang isinya terdapat berbagai file atau dokumen. Kita bisa menyimpan berbagai file atau dokumen kita ke dalam folder-folder sesuai keinginan kita.

Jenis kumpulan-kumpulan folder dimana fungsinya yaitu untuk menampung semua jenis file dan berapapun jumlah file folder itu pasti bisa menampungnya.

Jenis-jenis tipe file yang ada pada komputer diantaranya adalah *.dat, *.avi, *.doc, *.dll, *.ini, *.jpg, *.bmp dan lain-lainnya masih banyak lagi tipe file yang belum bisa disebutkan disini. Yang pasti setiap tipe file fungsinya berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya nanti kita pertemuan berikutnya bisa langsung dilihat di komputer pada saat jam praktikum.

Membuat folder baru (New)
Langkah-langkah membuat folder :
1. buka Windows Explorer
2. pilih Desktop  My Documents, atau Drive yang terdapat di My Computer, di mana akan dibuatkan folder
3. klik menu File  New  Folder
4. beri nama folder tersebut sesuai keinginan

Mengganti nama folder (Rename)
1. klik kanan di folder yang ingin diubah namanya.
2. sorot dan klik Rename
3. beri nama baru pada folder, lalu tekan Enter.

Properties pada folder
Properties pada folder berguna untuk melihat tipe folder, lokasi, ukuran file, status folder, juga bisa digunakan untuk sharing atau berbagi data dengan komputer lain melalui jaringan, serta kegunaan lainnya.
Untuk masuk ke properties pada sebuah folder, klik kanan pada folder tersebut lalu sorot dan klik Properties.

Delete folder
Fasilitas ini digunakan untuk menghapus atau men-delete sebuah folder. Caranya sangat mudah, klik kanan pada folder yang ingin dihapus, lalu pilih Delete dan pilih Yes pada kotak dialog konfirmasi. Atau dengan klik pada folder lalu tekan tombol Delete pada keyboard.


Search / Find
Ada saatnya pada saat kita ingin bekerja pada suatu file atau direktori, kita lupa di mana kita menyimpan file atau direktori tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Windows menyediakan fasilitas Search (pada Windows XP) atau Find (pada Windows ’98).
Adapun langkah-langkah untuk memulai menu ini adalah :
Klik pada tombol Start.
Sorotlah menu Search atau Find.
Sorotlah Files or Folders.
Tekan Enter. Sebuah kotak dialog akan muncul. Isilah kriteria-kriteria file atau direktori yang diinginkan.

Running program via Start Menu
Cara memulai program melalui Start Menu adalah sebagai berikut :
Klik kiri pada tombol Start .
Sorot pada Programs yang akan diikuti oleh munculnya Program Menu.
Jika Anda melihat ada tanda panah, artinya pada bagian itu terdapat menu bagian. Carilah program yang ingin Anda jalankan dan klik pada program tersebut 2 kali untuk memulainya.

Running program via shortcut.
Sebelum bisa memulai running via shortcut, kita harus membuat shortcut program terlebih dahulu pada desktop. Desktop shortcut dilambangkan dengan sebuah icon yang merupakan file kecil yang mewakili sebuah program, file, direktori, dokumen, atau alamat internet yang terdapat di desktop atau layer komputer.
Ada beberapa cara untuk membuat shortcut :

1. Cara pertama
Klik pada Start dan temukan item atau program yang ingin Anda buat shortcutnya.
Klik kanan pada item tersebut tanpa melepasnya dan bawa item tersebut ke desktop Anda (drag).

2. Cara kedua
Bukalah Windows Explorer.
Temukan item yang ingin Anda buat shortcutnya.
Klik kanan item tersebut, lalu sorot Send To.
Klik pada Desktop (created Shortcut).
Setelah membuat shortcut, maka langkah selanjutnya untuk menjalankan program adalah dengan mengklik kiri 2 kali pada shortcut tersebut.

Running program via Run Menu
Klik pada tombol Start
Sorot menu Run
Pada kotak dialog ketikkan nama program yang ingin dijalankan, cara mengetikkannya harus sesuai dengan alamat path program itu berada. Biar lebih enak kita bisa klik tombol Browse kemudian kita cari program yang akan kita jalankan, setelah itu baru klik tombol OK.





0 Response to "Mengenal File dan Folder"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.