Pengertian Teks Eksplanasi


Adalah teks yang bertujuan memaparkan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa. Peristiwa yang dipaparkan dapat berupa fenomena alam maupun fenomena sosiokultural. Baik yang terjadi secara alamiah atau dengan campur tangan manusia.

Isi teks Eksplanasi mencakup hal-hal sebagai berikut
  Teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial secara ilmiah.
  Teks eksplanasi lebih memperhitungkan penyebab sesuatu itu terjadi, artinya isi teks eksplanasi itu lebih menjelaskan proses-proses terjadinya fenomena tersebut. adanya penjelasan proses itulah yang membedakan teks ekplanasi dengan teks eksposisi.

Ciri Bahasa Teks Eksplanasi
- Memuat istilah
- Memuat kata sambung yang menunjukkan adanya suatu tahapan
- Struktur kalimatnya menggunakan kata sambung yang  menunjukkan hubungan sebab-akibat
- Menjelaskan kondisi  (menjelaskan fenomena bukan menceritakan masa lalu)

STRUKTUR TEKS EKSPLANASI
1. JUDUL
2. PERNYATAAN UMUM,
merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan. Kalimat-kalimat yang ada di dalam pernyataan bersifat umum.
3. RINCIAN PENJELASAN (Eksplanasi),
merupakan inti penjelasan tentang apa yang disampaikan. Deretan penjelas harus berurutan sesuai dengan sebab dan akibatnya.
4. KESIMPULAN  (Interpretasi),
Berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.

Latihan soal
Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

PROSES GERHANA BULAN DAN MATAHARI

Kali ini saya akan memberikan info tentang gerhana matahari dan bulan. Menurut para ahli astronomi, Gerhana merupakan proses tertutupnya matahari atau bulan secara tiba-tiba. Gerhana dibedakan menjadi dua, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.

Gerhana bulan terjadi karena sinar matahari yang menuju bulan terhalang bumi. Karena sinar matahari mengarah ke bumi, di belakang bumi terbentuklah bayangan, yaitu bayangan gelap total (umbra) dan bayangan redup (penumbra). Gerhana bulan total terjadi jika bulan berada pada daerah umbra. Jika bulan berada di daerah penumbra, gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian atau gerhana parisal.Gerhana bulan terjadi pada waktu malam hari. Proses terjadinya gerhana bulan dapat dilihat pada gambar berikut. Jika kita lihat gambar di bawah, gerhana bulan terjadi jika posisi Matahari - Bumi - Bulan berada dalam satu garis.


Selanjutnya, Gerhana matahari terjadi jika bulan melintas di antara Bumi dan Matahari. Bumi yang berada di daerah umbra akan mengalami gerhana matahari total, sedangkan bumi yang berada di daerah penumbra akan mengalami gerhana matahari sebagian (parsial). Gerhana matahari terjadi pada waktu siang hari. Proses terjadinya gerhana matahari dapat dilihat pada gambar berikut. Kita lihat bahwa posisi Matahari - Bulan - Bumi berada pada satu garis lurus.

A. Tentukan struktur teks eksplanasi di atas!



0 Response to "Pengertian Teks Eksplanasi"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.