MENANGKAP MAKNA TEKS EKSPLANASI

Langkah- langkah menangkap makna teks eksplanasi adalah sebagai berikut:
1. Bacalah teks dengan cermat
2. Identifikasikanlah teks itu ke dalam struktur teks eksplanasi. Tunjukkan bagian mana yang berupa pernyataan umum, deretan penjelasan (eksplanasi), dan interpretasi.
3. Telaah teks itu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
a. Apa pernyataan penulis tentang obyek yang dibahas dalam teks?
b. Apa definisi penulis tentang objek tersebut?
c. Bagaimana penulis menjelaskan objek yang dibahas?
d. Paparkan sebab dan akibat yang dibuat penulis
e. Apa pandangan atau kesimpulan penulis tentang objek tersebut?

LATIHAN SOAL- SOAL

TSUNAMI
1. Kata “tsunami” berasal dari bahasa Jepang “tsu” yang berarti ‘pelabuhan’ dan “nami” yang berarti ‘gelombang’. Namun, para ilmuwan mengartikan tsunami dengan ‘gelombang pasang’ (tidal wave) atau dikenal juga dengan sebutan gelombang laut karena gempa (seismic sea waves). Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Gelombangnya yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.
2 Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun di sepanjang patahan selama gempa terjadi. Patahannya menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Makin besar daerah patahan yang terjadi, makin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Selain itu, tsunami juga tercipta karena meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan sekitarnya sangat tinggi. Gelombang yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.
3 Gelombang tsunami yang terjadi di laut melaju lebih cepat daripada gelombang normal. Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan ketinggian 30 sampai dengan 50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam. Ketika gelombang tsunami memasuki air dangkal, kecepatannya akan menurun dan ketinggiannya akan bertambah. Ketinggian gelombang itu juga bergantung pada bentuk pantai dan kedalamannya. Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami dan sangat berbahaya bagi manusia.
4 Kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua gempa dan letusan gunung berapi menyebabkan tsunami dan tidak semua tsunami menimbulkan gelombang besar. Tsunami selalu menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang palingbesar terjadi ketika gelombang besar tsunami itu mengenai permukiman manusia sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya.

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!

a. Apa pernyataan penulis tentang obyek yang dibahas dalam teks?
b. Apa definisi penulis tentang objek tersebut?
c. Bagaimana penulis menjelaskan objek yang dibahas?
d. Paparkan sebab dan akibat yang dibuat penulis
e. Apa pandangan atau kesimpulan penulis tentang objek tersebut?



0 Response to "MENANGKAP MAKNA TEKS EKSPLANASI"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.