UNSUR KEBAHASAAN

Beberapa unsur kebahasaan yang ada dalam teks eksplanasi, diantaranya yaitu:
1. Penggunaan kata sambung (Konjungsi)
2. Penggunaan Kata Bilangan
3. Penggunaan kata berimbuhan (Afiks)
4. Penggunaan kata ganti
5. Istilah dalam bidang tertentu

1. Konjungsi (Kata Sambung)

Konjungsi adalah kata yang berfungsi untuk menggabungkan atau menyambung dua atau lebih kata, frasa (kelompok kata), atau kalimat (Klausa). Dalam menyusun Teks eksplanasi diperlukan Konjungsi untuk menyatakan tahapan atau proses terjadinya suatu fenomena.
Contoh dalam teks eksplanasi  yang berjudul “Tsunami” ditemukan kalimat-kalimat seperti berikut



  Konjungsi itu ada yang berupa penambahan, perlawanan, sebab akibat, dan pemilihan.

(1) Penambahan (dan) dan (saat)
      Contoh:
      Wahyu sangat senang berkawan dan dia mencintai kedamaian
(2) Sebab-akibat (sehingga)
Contoh:
Siswa kelas VIII itu sangat kompak dalam permainan sepak bola sehingga tim kelas itu menjadi juara 1 dalam pertandingan sepak bola sekolah.
(3) Perlawanan (tetapi)
      Contoh:
Dahulu Irwan dan Rudi kurang akrab saat di SMP, tetapi setelah di SMA hubungan mereka sangatlah kompak.
(4) Pemilihan (atau)
      Contoh:
Pilihan sangat sulit diambil Retno karena dia harus memilih sekolah di SMP dekat rumahnya atau sekolah unggulan yang berada jauh di tengah kota.
(5) Hubungan Penyebab (Karena)
Contoh:Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai.
(6) Menyatakan tambahan pada suatu yang telah disebutkan sebelumnya (Selain itu)

2. KATA BILANGAN
Kata bilangan dapat juga bermanfaat untuk menyatakan suatu proses, misalnya:
“ Proses pertama diawali dengan menetasnya larva kupu- kupu menjadi ulat. Tahap kedua adalah ulat berubah menjadi kepompong. …. “

3. KATA KERJA BERIMBUHAN
Kata kerja berimbuhan dapat juga bermanfaat untuk menyatakan suatu proses. Imbuhannya dapat berupa awalan (prefiks) contohnya Terbentuk, akhiran (sufiks), dan lain- lain.

4. KATA GANTI (Pronomina)
Penggunaan kata ganti merupakan sarana untuk memadukan kalimat dan paragraf. Begitujuga dalam teks eksplanasi, dapat ditemukan penggunaan kata ganti. Misalnya:
“ Dalam beberapa hari, telur- teluritu akan menetas, dan ulat- ulat kecil akan keluar dari dari telur- telur itu. Mereka akan bertahan selama kurang lebih 20 hari dengan terus makan dedaunan. Setelah itu mereka akan menjadi kepompong.”

5. PENGGUNAAN ISTILAH DI BIDANG TERTENTU
Teks eksplanasi dapat juga kita temui di buku pelajaran IPA untuk menjelaskan berbagai fenomena alam dan makhluk hidup. Dengan demikian, kalian dapat menemukan penggunaan istilah bidang tertentu (misalnya istilah bidang IPA) dalam teks eksplanasi. Contoh: metamorfosis, pupa, larva, kepompong, dan lain- lain.
a