KLASIFIKASI TEKS EKSPLANASI

Ada 3 jenis fenomena berdasarkan sifatnya, yang prosesnya dapat diungkapkan melalui teks eksplanasi, yaitu fenomena alam/ sifatnya alami, fenomena campur tangan manusia dan sosial budaya (Sosiokultural).
1. Fenomena Alam (yang sifatnya Alami)
Yaitu fenomena yang berkaitan dengan proses terjadinya fenomena/ gejala alam. Yaitu banjir, hujan, tanah longsor, metamorfosis, dll
2. Fenomena yang sifatnya Campur Tangan Manusia
Yaitu fenomena yang berkaitan dengan proses terjadinya fenomena/ gejala yang mana ada campur tangan manusia di dalamnya. Contoh: proses perkembangbiakan mangga melalui sistem stek, waduk/ bendungan, dll
3. Fenomena Sosiokultural (Sosial budaya)
Yaitu fenomena yang berkaitan dengan proses terjadinya fenomena/ gejala sosial budaya. Atau fenomena/ peristiwa yang terjadi pada suatu masyarakat yang sudah berlangsung secara turun temurun ada kalanya sebagai tradisi yang diwariskan oleh leluhur mereka. . Contoh: sekaten, grebeg suro, terbentuknya keluarga, RT, RW, proses terbentuknya kelompok pergunjingan dalam lingkungan sosial, dan lain- lain.


TUGAS MENGIDENTIFKASI JENIS TEKS EKSPLANASI (platinum hal 175- 176)

1. Bacalah beberapa penggalan teks eksplanasi di bawah ini!
2. Bacalah secara cermat penggalan- penggalan teks eksplanasi tersebut!
3. Kelompokkan mana di antara teks tersebut yang termasuk eksplanasi alamiah dan sosiokultural!

TEKS 1
Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya.proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatifatau elektron dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai keseimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektronmampu menembus ambang batas isolasi udara inilah, terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif maka petir juga bisa terjadi antar awan  yang berbeda muatan.

TEKS 2
Benua (daratan) dan samudra (perairan) merupakan dua wilayah yang memiliki sifat fisika berbeda dalam hal menerima energi panas. Sebagai material padat, benua lebih cepat menyerap panas tetapi cepat pula melepaskannya. Sebaliknya, samudra atau wilayah perairan lebih lambat menerima dan melepaskan energi panas. Perbedaan sifat fisik kedua wilayah ini tentunya mengakibatkan perbedaan kerapatan dan tekanan udara. Akibat adanya perbedaan tekanan udara yang sangat mencolok antara wilayah benua dan samudra, mengalirlah massa udara yang disebut angin muson (monsoon) dari kawasan benua ke samudra atau sebaliknya. Perubahan arah gerakan muson biasanya seiring dengan pergantian musim panas dan dingin.

TEKS 3
Kirab budaya raja- raja Nusantara dalam rangkaian Pagelaran Agung Keraton se- Dunia “World Royal Heritage Festival” akan digelar pada Minggu (8/ 12) di kawasan Monumen Nasional  (Monas). Kirab akan dimulai pukul 15.00 WIB dengan rute dari silang monas timur laut lalu ke jalan Medan Merdeka Utara, lintas istana negara, jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Lintas Balai Kota, dan berakhir di silang Monas Tenggara. Kirab dibuka dengan Pataka/ simbol- simbol kerajaan, lalu ada keuntungan yang merupakan simbol komunikasi. Setelah itu ada jaran kepang dan jathilan, proses Boyong Kedhaton yang merupakan prosesi yang dilakukan Pakubuwono II saat memindahkan keraton dari kartosuro ke Solo.

TEKS 4
Telur asin merupakan salah satu makanan khas yang digemari sebagian besar masyarakat indonesia. Mulai dari kalangan anak- anak hingga orang tua menyukai makanan khas brebes Jawa tengah ini. Nah, apakah kalian tahu pembuatan telur asin? Pertama telur dicuci bersih di dalam air. Kedua, telur bebek dilumuri dan dimasukkan pada adonan batu bata yang dicampur dengan garam. Ketiga telur direndam dan didiamkan pada campuran batu bata dan garam tersebut selama 14 hari. Keempat, ambil telur asin yang sudah jadi dan cuci bersih hingga telur siap dimasak.

TEKS 5
Tedak siten atau upacara turun tanah adalah suatu tradisi budaya Jawa yang dilakukan ketika si kecil pertama kali belajar jalan dan pada saat usia sekitar tujuh atau delapan bulan. Tujuan upacaraini agar si kecil menjadi anak yang mandiri. Prosesi diawali dengan membimbing si kecil menapaki “Jadah”(sejenis makanan dari ketan) 7 warna. kemudian, si kecil diarahkan untuk menaiki tangga yang terbuat dari tebu arjuna. Selanjutnya si kecil dimasukkan ke dalam kurungan ayam yang telah dihiasi dan di dalamnya diletakkan cincin, alat tulis, kapas, dan lainnya. Di sini si kecil dibiarkan mengambil salah satu dari barang tersebut, barang yang dipilihnya merupakan gambaran kegemaran dan pekerjaan saat dewasa.



0 Response to "KLASIFIKASI TEKS EKSPLANASI"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.