Mengidenti!kasi Teks Tanggapan Kritis

Mengidenti!kasi Teks Tanggapan Kritis
Unsur kebahasaan itu menjadi ciri yang dapat membedakan teks tanggapan kritis dengan teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan melemahkan, ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk menggambarkan penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa. Untuk lebih jelas, perhatikan uraian berikut.

Ungkapan tanggapan dapat dibagi menjadi beberapa ungkapan berikut.
a) Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
(1) Ide tersebut sangat tepat.
(2) Pendapat yang dikemukakan penulis sangat tepat.
(3) Saya sependapat dengan hal itu.

b) Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
(1) Tentu pandangan-pandangan itu dapat terbantahkan.
(2) Pendapat yang penulis ungkapkan tidak berdasarkan fakta.
(3) Saya tidak sependapat dengan hal itu.

c) Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
(1) Dia mengatakan bahwa ....
(2) Dia berpendapat bahwa ….
(3) Penulis menyatakan bahwa ….

d) Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
(1) Data yang disajikan menunjukkan bahwa ….
(2) Simpulan tulisan itu menunjukkan bahwa ….
(3) Alasan yang disampaikan penulis tidak tepat.

􀁈􀀌􀀃 􀀸􀁑􀁊􀁎􀁄􀁓􀁄􀁑􀀃 􀁗􀁄􀁑􀁊􀁊􀁄􀁓􀁄􀁑􀀃 􀁜􀁄􀁑􀁊􀀃 􀁐􀁈􀁑􀁊􀁊􀁘􀁑􀁄􀁎􀁄􀁑􀀃 􀁊􀁄􀁜􀁄􀀃 􀁅􀁄􀁋􀁄􀁖􀁄􀀒􀁐􀁄􀁍􀁄􀁖􀀃 penghalusan
(1) Saya setuju dengan pendapat itu, tetapi ....
(2) Data yang dikumpulkan sudah cukup lengkap, tetapi ....
(3) Secara umum saya sepakat dengan penulis, tetapi saya mempunyai landasan berpikir sendiri dalam hal itu.

f) Ungkapan tanggapan yang menggunakan kata bilangan atau urutan informasi
(1) Alasan pertama adalah ....
(2) Alasan kedua dapat dikemukakan bahwa ....
(3) Dasar berikutnya sebagai penguat pendapat saya adalah ….

Sumber : Buku K13  Bahasa Indonesia  kelas IX