Ringkasan Materi Notasi Musik

Pada awal materi ini dijelaskan jenis musik yang menggunakan notasi maupun yang tidak. Fungsi notasi musik adalah untuk menuangkan gagasan musik dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain, notasi musik diperlukan sebagai alat komunikasi bagi pemusik. Uraian selanjutnya adalah jenis notasi dan penerapannya pada karya musik, baik vokal maupun instrumental dengan bagian-bagian sebagai berikut:
a. Bagian identitas: judul, nama pencipta atau penggubah.
b. Bagian musik: tanda tempo, nama instrumen, tanda kunci, tanda birama, tanda-tanda ekspresi, dan notasi musik berserta lirik jika ada.
c. Petunjuk lain: nomor birama dan nomor halaman.
Pada musik vokal diberikan contoh penulisan partitur untuk sopran, alto, tenor, dan bas (SATB) posisi terbuka dan tertutup. Kemudian, dijelaskan contoh penulisan identitas karya, seperti pencipta atau judul karya. Selanjutnya adalah contoh penulisan untuk partitur instrumental seperti drum band, dan musik keroncong.

Pembelajaran Notasi Musik
Kegiatan pembelajaran notasi musik disusun seperti berikut ini.
a. Menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti papan tulis musik (bergaris paranada) dan spidol atau komputer yang telah ada program musiknya disertai audio.
b. Menyiapkan materi partitur musik yang akan dipelajari, score musik (partitur) beserta audionya. Apabila materi belum tersedia dapat diakses di internet.
c. Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang apa jenis notasi dan contohnya dalam bentuk partitur sambil memperdengarkan kepada peserta didik bagian musik yang sedang dijelaskan.
d. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi bagian-bagian partitur dan notasi musiknya.
e. Hasil eksplorasi peserta didik dipresentasikan di kelas dalam bentuk lisan atau tulisan.
f. Guru memberi contoh penulisan notasi musik daerah setempat, bila ada. Apabila notasi musik daerah setempat belum ada, peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba menuliskanya pada bentuk notasi angka, balok, atau grafik.
g. Hasil uji coba peserta didik dipresentasikan di kelas.
h. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan peserta didik.
i. Guru memberikan umpan balik (feedback) kepada peserta didik.
j. Peserta didik menerima hasil evaluasi dari guru.
k. Guru menyimpan/mengarsipkan hasil evaluasi.
Pembelajaran materi notasi musik sedapat mungkin dihindari pembelajaran yang bersifat teoritis. Untuk itu, setiap pembelajaran materi ini perlu disertai contoh audionya.





0 Response to " Ringkasan Materi Notasi Musik"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.