posisi khusuk

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang istiqomah dalam tauhiid yang lurus. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.
Alloh Swt. berfirman, ..Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada kami.” (QS. Al Anbiya [21] : 90)
Saudaraku, khusyu itu adalah manakala hati kita merasa sangat berharap dan sangat takut. Makanya kalau ada orang yang sangat ketakutan, maka dia akan fokus, konsentrasi memikirkan apa yang ia takutkan. Begitu juga ketika ia sedang sangat berharap, ia akan fokus, konsentrasi memusatkan perhatian pada harapannya. Inilah gambaran orang yang khusyu.
Orang yang khusyu kepada Alloh adalah orang yang sangat takut sekaligus berharap kepada-Nya. Takut pada adzab-Nya dan sangat berharap pada rahmat-Nya. Hati dan pikirannya terpusat, fokus dan konsentrasi kepada Alloh, setiap gerak lahir terfokus mencari ridho Alloh.
Orang yang khusyu maka rasa takut dan harap kepada Alloh yang ada di dalam hatinya akan melahirkan optimisme dan persangkaan yang baik kepada Alloh. Yakin bahwa Alloh Maha Melimpahkan Rahmat, yakin Alloh Maha Menerima Taubat, yakin Alloh Maha Memberi petunjuk, yakin bahwa setiap ketetapan Alloh pasti kebaikan.
Makanya orang yang khusyu kepada Alloh akan selalu bisa mensyukuri setiap keadaan, setiap kenyataan yang terjadi pada dirinya. Berhadapan dengan kelapangan maupun kesulitan, ia tetap bersyukur sehingga ibadahnya tetap terjaga. Hatinya senantiasa tenang karena hanya kepada Alloh hatinya bersandar.
Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang terampil menjaga kekhusyuan kepada Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]
Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.
Editor : Rashid Satari
http://www.smstauhiid.com/ulama/aagym/posisi-khusyu/


0 Response to "posisi khusuk"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.