RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                            : SMP  Newstar Trawas
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                                 : VII/ Semester Satu
Materi Pokok                                      : Teks Hasil Observasi
Alokasi Waktu                                 : 3  pertemuan (3 X 2 Jam Pelajaran)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.1.1        Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
2.       
2.1  Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi

2.1.1        Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks
2.1.2        Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
2.1.3        Senantiasa menggunakan kata-kata ynag tidak menyinggung perasaan orang lain
3.       
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi,tanggapan diskriptif,eksposisi,eksplanasi,dan cerita pendek baik melalui lisan dan tulisan


3.3.1        Mengklasifikasi teks eksposisi yang           
Termasuk kategori eksposisi argumentatif
3.3.2        Mengklasifikasi teks eksposisi yang termasuk kategori persuasif



4.
4.3  Menelaah dan merevisi teks hasil
       Observasi, tanggapan deskriptif,
       Eksposisi,eksplanasi,dan cerita
       Pendek sesuai dengan struktur  dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

4.3.1 Aspek penelaahan teks eksposisi
         - Menelaah judul teks eksposisi
         - Menelaah thesis teks eksposisi
         - Menelaah argumen pendukung thesis
         - Menelaah bahasa teks eksposisi:
           Struktur kalimat,ejaan,dan tanda baca
4.3.2 Merevisi isi dan bahasa teks eksposisi

C.      Tujuan Pembelajaran  

1.         Pertemuan ke-1
a.       Peserta didik terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
    b.    Peserta didik Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks
              c.   Peserta didik Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
         d.   Peseta didik Senantiasa menggunakan kata-kata ynag tidak menyinggung perasaan orang lain
                          


2.         Pertemuan ke-2
a.      Disajikan teks eksposisi peserta didik dapat mengklasifikasi teks eksposisi yang termasuk kategori eksposisi argumentatif
b.      Diajikan  teks eksposisi peserta didik dapat mengklasifikasi teks eksposisi yang termasuk kategori eksposisi persuasif

3.         Pertemuan ke-3
               a. Aspek penelaahan teks eksposisi
                   - Menelaah judul teks eksposisi
                   - Menelaah thesis teks eksposisi
                   - Menelaah argumen pendukung thesis
                   - Menelaah bahasa teks eksposisi:
                  Struktur kalimat,ejaan,dan tanda baca
              b. Merevisi isi dan bahasa teks eksposisi



D.      Materi Pembelajaran 

1.        Pertemuan ke-1

Pengenalan struktur teks eksposisi
Struktur isi:
·         Tesis/opini [Pembuka]
·         Argumentasi[isi]
·         Penegasan ulang[Penutup]

        2.       Pertemuan ke-2
    Penyusunan teks eksposisi
-          Penyusunan draf teks  eksposisi
-          Penentuan kelengkapan dan kebenaran struktur teks eksposisi

         3.        Pertemuan ke-3

  Merevisi teks eksposisi
-          Merevisi keefektifan kalimat dalam teks eksposisi


E.                                         Metode Pembelajaran
Saintifik  dan  inkuiri

F.        Sumber Belajar
  • Mahsun, dkk. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 


G.      Media Pembelajaran
Model     :  Teks eksposisi
Gambar   :  Gambar Pahlawan
       Realita     :  Pidato Bung Tomo

H.                                        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran       

1.        Pertemuan ke-1

a.                                                                                      Pendahuluan  (12  menit )
1)      Pendidik dan peserta didik bertanya jawab Pahlawan Bung Tomo
2)      Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang sifat baik Pahlawan Bangsa.
3)      Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
4)      Pendidik dan peserta didik menyepakatai langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.

b.                                                                                     Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
·         Peserta didik mengamati teks eksposisi untuk menentukan  struktur eksposisi
·         Peserta didik secara mandiri mengamati teks eksposisi untuk menemukan fitur-fitur bahasa
Menanya
·         Peserta didik dengan bimbingan guru mengajukan pertanyaan dengan berpedoman dengan kata tanya apa, di mana, bagaimana, mengapa sesuai dengan isi teks tersebut.
·         Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang bahasa yang digunakan pada teks eksposisi dengan memperhatikan pilihan kata, jenis kata , dan kalimat.

Mengumpulkan data
·         Peserta didik berkelompok terdiri atas 4-5 orang
·         Kelompok peserta didik membaca sumber-sumber lain untuk menentukan perbedaan struktur isi dan bahasa  teks eksposisi.

Mengasosiasi
·         Kelompok peserta didik mendiskusikan perbedaan struktur teks eksposisi
·         Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan perbedaan bahasa yang digunakan pada teks sesuai dengan data yang terdapat  teks tersebut
·         Peserta didik membandingkan dan menyimpulkan perbedaan struktur teks eksposisi tepat waktu
·         Peserta didik dalam kelompok membandingkan dan menyimpulkan perbedaan bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi

Mengomunikasikan
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang perbedaan struktur isi teks eksposisi
·         Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok lain dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan
·         Tanggapan kelompok memperhatikan pilihan kata yang tidak menyinggung perasaan kelompok lain
·         Dengan dibimbing pendidik, peserta didik menyimpulkan  struktur isi dan bahasa teks eksposisi

c.                                                                                      Penutup (18 menit)
1)   Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung
2)   Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3)   Peserta didik  menerima tugas membaca teks eksposisi
4)   Peserta didik menerima rencana kegiatan berikutnya berupa  mengamati jenis-jenis teks eksposisi

2.      Pertemuan ke-2

a.       Kegiatan Pendahuluan  (12 menit )
1)   Peserta didik dan pendidik bertanya jawab tentang hasil membaca teks eksposisi
2)   Peserta didik bercerita manfaat membaca teks eksposisi dan mengemukaan pandangannya tentang teks eksposisi
3)   Peserta didik menerima informasi tujuan kegiatan pembelajaran yang akan ditempuh.
4)   Peserta didik dan Pendidik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan dalm pembelajaran.

b.       Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
·         Peserta didik membaca teks eksposisi
·         Peserta didik menandai bagian-bagian teks eksposisi
·         Peserta didik menandai pilihan kata yang merupakan penciri teks eksposisi
Mananya
·         Peserta didik dalam kelompok mengajukan pertanya tentang tata cara mengelompokkan jenis-jenis eksposisi
·         Peserta didik dalam kelompok mengajukan tata cara menyusun kerangka teks eksposisi
Mengumpulkan data
·         Peserta didik berkelompok dalam 4 atau 5 orang per kelompok dengan dipandu pendidik
·         Setiap kelompok menerima teks eksposisi
·         Setiap kelompok mengamati teks eksposisi

Mengasosiasi
                              Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menyusun kerangka teks eksposisi

      


           Mengomunikasikan

·      Masing-masing kelompok secara bergantian menyampaikan hasil pengamatannya dengan pedoman pada strukutur teks eksposisi
·      Kelompok lain menanggapi dengan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan
·      Berdasarkan hasil pengamatan dan komentar kelompok lain, setiap kelompok menyempurnakan kerangka penulisan teks eksposisi
·      Pendidik memberikan penguatan struktur kerangka teks eksposisi dan tata cara menyusunnya
·      Setiap peserta didik dalam kelompok menyempurnakan kerangka teks eksposisi berdasarkan masukan yang diperolehnya

c.        Kegiatan Penutup (18 menit)
1)   Peserta didik mengemukakan pengalaman-pengalamannya selama melakukan pengamatan dan perancangan penulisan pengembangan kerangka penulisan.
2)   Peserta didik menyampaikan struktur tulisan karya teman sendiri untuk dibandingkan dengan struktur tulisan teman dalam kelompok.
3)   Peserta didik dan Pendidik menyepakati strukur kerangka pengembangan yang akan dijadikan penulisan teks eksposisi.
4)   Peserta didik menerima tugas memperbaiki kerangka penulisan yang telah dibuatnya.
5)   Pendidik menyampaikan rancangan kegiatan berikutnya berupa tata cara pengembangan kerangka penulisan teks eksposisi.

3.      Pertemuan ke-3

a.    Kegiatan Pendahuluan  (12 menit )
1)      Peserta didik dan Pendidik bertanya jawab tentang keunggulan dan kelemahan teks eksposisi yang dibuatnya;
2)      Peserta didik membandingkan karya eksposisi yang dibuatnya dengan teks eksposisi yang ditayangkan pendidik kemudian membahas keuntungan-keuntungan menulis teks eksposisi;
3)      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan berlangsung;
4)      Peserta didik dan pendidik bersepakat  langkah-langkah kegiatan yang akan digunakan untuk mencapai kompetensi.
b.        Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik duduk dalam kelompok seperti pada pertemuan sebelumnya;
2)      Peserta didik dalam kelompok membaca ulang dan mencermati kerangka penulisan yang sudah diperbaiki;

Menanya
·         Peserta didik dalam kelompok mengajukan pertanyaan tentang kelengkapan struktur kerangka penulisan yang dibuat masing-masing anggota
·         Peserta didik dalam kelompok mengajukan pertanyaan tentang tata cara menyempurnakan kerangka teks dan pengembangannya menjadi teks eksposisi.


Mengumpulkan data

·         Masing-masing peserta didik dalam kelompok mengumpulkan teks eksposisi.
·         Bersama-sama kelompoknya, peserta didik mengumpulkan pilihan kata penciri teks eksposisi sesuai dengan struktur isi

Mengasosiasi
·         Masing-masing peserta didik dalam kelompok menulis draf teks eksposisi berdasarkan kerangka yang telah dibuatnya.
·         Peserta didik dalam kelompok membandingkan draf tulisannya dengan draf tulisan teman dalam kelompok dengan memperhatikan struktur isi.
·         Peserta didik dalam kelompok membandingkan draf tulisannya dengan draf tulisan teman dengan fokus memperhatikan fitur bahasa yang digunakan.

Mengomunikasikan
·         Masing-masing anggota kelompok dalam kelompok saling menukar tulisan untuk dibaca dan dikomentari berdasarkan struktur isi  teks eksposisi dan bahasa yang digunakan.
·         Peserta didik memajang hasil draf hasil tulisannya sesuai dengan kelompoknya masing-masing, kelompok lain menilai dengan memperhatikan struktur isi dan fitur bahasa.
·         Pendidik memberi penguatan  tentang draf tulisan teks eksposisi peserta didik sesuai bagian-bagian struktur teks eksposisi dan bahasa yang digunakan.

c.                                                                                  Penutup (18 menit)
1)      Peserta didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya mengikuti kegiatan penulisan teks eksposisi dengan alasan yang logis;
2)      Peserta didik dan Pendidik menyimpulkan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi sesuai struktur teks yang dikuasai;
3)      Pendidik memberi tugas mandiri memperbaiki draf tulisan  teks eksposisi;
4)      Peserta dan Pendidik merumuskan rencana pembelajaran pada tahap berikutnya berupa penelaahan dan reviu teks hasil eksposisi karya peserta didik.


I.                                           Penilaian

1.      Sikap spiritual

a.      Teknik Penialaian : Observasi
b.      Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.       Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
Aspek lembar observasi
-          Sikap menghargai
-          Sikap bersyukur

Instrumen terlampir (Lampiran 1a)

2.      Sikap Sosial

a.      Teknik Penialaian : Observasi, Penilaian diri
b.      Bentuk Instrumen : Lembar Observasi, Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas untuk kegiatan membedakan teks hasil observasi dengan deskripsi

Menyelesaikan tugas  membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu (tanggung jawab)

2
Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain pada kegiatan menanggapi perbedaan pendapat tentang teks eksposisi dan deskripsi

Menanggapi simpulan perbedaan  yang disampaikan teman dengan menggunakan intonasi  dan pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain (santun)

3
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks eksposisi

Menuliskan  teks  eksposis karya sendiri sesuai dengan detail data yang ditemukan (jujur)

Instrumen terlampir (Lampiran 1 b)

3.      Pengetahuan
a.      Teknik Penialaian : Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan teks observasi dan deskripsi, peserta didik dapat

-          Mengidentifikasi perbedaan teks struktur isi teks hasil observasi dengan deskripsi
-          Mengidentifikasin perbedaan bahasa yang digunakan pada teks hasil observasi dan deskripsi




Berdasarkan teks hasil observasi  dan deskripsi jelaskan ciri-ciri judul, klsifikasi umum, dan deskripsi pada teks observasi yang kamu baca!

Jelaskan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam teks observasi dan deskripsi yang kamu baca disertai bukti yang mendukung jawabanmu!




Bacaan dan  Rubrik penilaian terlampir  (Lampiran 2)

4.      Keterampilan
a.      Teknik Penilaian     : Proyek
b.      Bentuk Instrumen    : Rubrik penilaian
c.       Kisi-kisi

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan ilustrasi  tugas pengamatan siswa dapat menulis teks observasi dengan bagian-bagian secara lengkap sesuai struktur teks observasi (judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi)
Disajikan ilustrasi tugas pengamatan  siswa dapat menulis judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi dengan isi yang sesuai hasil pengamatan
Disajikan ilustrasi tugas pengamatan  siswa dapat menulis judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi dengan kalimat dan pilihan kata secara tepat
Disajikan ilustrasi tugas pengamatan  siswa dapat menulis judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi dengan tanda baca dan ejaan secara tepat

1.      Pilih salah satu objek observasi yang ada di lingkunganmu! 
2.      Tentukan aspek-aspek yang diamati!
a.       Jika yang diamati tumbuhan  unsur yang harus diamati meliputi (a) ciri fisik, (b) kondisi tempat tumbuh, (c) perilaku tumbuhan, (d) karakteristik rinci dari tiap-tiap bagian, dan (e) proses pertumbuhannya. Kalian bisa menambahkan unsur lain yang relevan.
b.      Jika yang diamati benda-benda cindera mata,  benda tradisional khas, atau  situs sejarah  yang ada di daerahmu,  unsur yang diamati adalah (a) ciri fisik (warna, motif, ukuran), (b)  asal muasal,  dan (c)  perkembangan/ variasi bentuk cindera mata dari tahun ke tahun. Kalian bisa menambahkan unsur lain yang relevan.
3.      Kembangkan hasil observasimu  menjadi teks secara utuh dan beri judul yang sesuai!



Rubrik Penilaian Proyek terlampir (Lampiran 3)


Jakarta,   15 Sept  2013
Mengetahui                                                                     
Kepala SMP Newstar Trawas                                                               Pendidik,



_________________________                                                                 Dra Titik Leksani
NIP                                                                                                            NIP



Lampiran 1. a


Lembar Pengamatan KD 1.1

No.
Aspek
Deskriptor
Hasil Pengamatan
BT
MT
MK
1
Sikap menghargai
Terbiasa tidak mencemooh kesalahan teman penggunaan bahasa Indonesia di kelas belajar dengan tingkat kesalahan tinggi



Terbiasa memberi saran kepada teman ketika tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kelas belajar



2
Sikap bersyukur
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kelas dan lingkungan sekolah



Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah secara wajar





BT = Belum teramati
MT= Mulai teramati
MK= Makin konsisten


Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal




Lampiran 1. b. 1)
Lembar Pengamatan Penilaian KD 2.1 dalam konteks KD 3.2

Aspek Sikap
Deskriptor
Tanda Cek
Ya
Tidak
Jujur
Mendeskripsikan   perbedaan dengan usaha  sendiri (tidak mencontek)


Mau  menerima kritik dan mengritik sesuai fakta


Tanggung jawab 
Menyelesaikan tugas  membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu


Santun
Menanggapi simpulan perbedaan  yang disampaikan teman dengan menggunakan  pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain





Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal













Lampiran 1.b. 2)
Pengamatan  Proses  KD 2.1 dalam Konteks Pembelajaran  KD 3.2

Aspek
yang dinilai
Hasil Pengamatan
BT
MT
MK
Membaca dengan  tekun  (tanggung  jawab)




Membandingkan struktur teks dengan  apa adanya




Menanggapi perbedaan kedua teks dengan pilihan kata yang tidak menyinggung  perasaan





BT = Belum teramati
MT= Mulai teramati
MK= Makin konsisten


Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal














Lampiran 1.b.  3)

Penilaian Sikap Sosial

Lembar Pengamatan Penilaian KD 2.1 dalam konteks KD 3.2

Aspek Sikap
Deskriptor
Tanda Cek
Ya
Tidak
Tanggung jawab 
Menyelesaikan tugas  membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu


Santun
Menanggapi simpulan perbedaan  yang disampaikan teman dengan menggunakan  pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain


Jujur
Mendeskripsikan   perbedaan dengan usaha  sendiri (tidak mencontek)


Mau  menerima kritik dan mengritik sesuai fakta






Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal








Lampiran 1.b. 4)

Penilaian Sikap Sosial

KD 2. 1 Rubrik Penilaian Keterampilan Merencanakan dan Melakukan Keterampilan Menulis dalam KD 4.2
No.
Aspek yang Diamati
Deskriptor
Tanda Cek
Ya
Tidak
1.
Perencanaan  dengan penuh tanggung jawab
·         Dengan tekun merencanakan objek yang diamati
·         Menentukan  rincian aspek yang akan diamati dengan cermat


2.
 Pelaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab
·         Mengamati objek  dengan sungguh-sungguh



3.
Pelaksanaan dengan penuh kejujuran
·         Benar-benar melaksanakan tugas observasi
·         Mencatat  hasil observasi apa adanya (sesuai fakta)






Lampiran 1.b.5)

Penilaian Diri

KD 2.1 Terintegrasi dalam KD 4.2

No.
Sikap yang diamati
Tanda Cek
Ya
Tidak
1
Tanggung jawab



a.      Saya melakukan observasi dengan penuh konsentrasi



b.      Saya melakukan observasi dengan tahapan yang disepakati



c.       Saya menyelesaikan tugas menulis hasil observasi sampai selesai


2
Jujur



a.      Saya mendapatkan data observasi tanpa menyontek data teman



b.      Saya menyusun laporan sesuai data hasil observasi tanpa mengurangi dan melebihi



c.       Saya membuat laporan dengan pilihan kata dan kalimat yang saya susun sendiri


3
Santun



a.      Sebelum menanggapi laporan teman, terlebih dahulu saya mengacungkan tangan untuk meminta kesempatan menanggapi



b.      Saya menanggapi laporan teman dengan intonasi datar dan ekpresi wajah ramah



c.       Saya menanggapi laporan teman dengan kata-kata yang tidak menyinggung teman



Jumlah Tanda Cek





Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal




Lampiran 2

Instrumen  KD 3.2 (Soal dan Rubrik; pedoman penskoran)

Bacaan untuk Penilaian KD 3

Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Komodo,  Binatang Melata Terberat di Dunia

       Tahukah Anda binatang melata apakah yang paling besar? Binatang itu adalah komodo. Binatang itu hidup di semak-semak belukar dan di daerah hutan di sejumlah pulau di Indonesia.
Komodo adalah binatang melata terberat di dunia, mempunyai berat 100 kg atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur mempunyai panjang lebih dari 3 meter dan berat 166 kg, tetapi ukuran komodo rata-rata yang hidup secara liar adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.
Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indera penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai binatang yang terletak beberapa kilometer di kejauhan. Komodo memburu binatang melata lainnya, seperti binatang mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai binatang kanibal.
Hampir semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi. Ketika komodo sedang makan, gusinya berdarah dan menjadi media ideal bagi berkembangnya bakteri yang berbahaya. Bakteri yang hidup dalam air liur komodo menyebabkan darah korban yang digigit keracunan. Komodo akan menggigit binatang mangsanya, lalu membuntutinya sampai binatang itu lemas tidak berdaya untuk dibawa pergi.
Spesies binatang melata ini terancam punah. Kenyataan itu, antara lain, disebabkan oleh kegiatan perburuan yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, ancaman kepunahan  komodo disebabkan oleh terbatasnya binatang yang menjadi mangsanya dan habitatnya yang rusak.
(Sumber: http://olvista.com/fauna/kiwi-burung-unik-dari-selandia-baru)
Teks 2
Si Piko, Kucingku
Piko, kucingku, sangat nakal.Tiap pagi ia duduk persis di depan mukaku untuk membangunkanku. Bulu-bulunya yang mengenai hidungku membuatku sulit bernafas dan membuatku terbangun sambil bersin-bersin. Ia juga suka mengikuti ibuku di seputar dapur. Kelihatannya lucu tetapi kadang-kadang membuat ibuku risih dengan ulahnya yang mengikuti ibuku, menggesek-gesekkan kepalanya di kaki ibuku sambil mengeong. Piko juga sangat pilih-pilih makanan. Ia sering menolak makanan kaleng dan makanan yang tidak segar. Ia hanya mau makan ikan dan susu segar. Jika merasa bosan, ia suka berjalan-jalan mengelilingi rumah dan mencakar-cakar apa saja yang ditemuinya dengan kukunya yang tajam. Ia seringkali meloncat-loncat dan menjatuhkan perabotan di rumah kami.
Kenakalan Si Piko sebanding dengan kemanjaan dan kelucuannya. Ketika ibuku atau aku sedang duduk-duduk di sofa sambil membaca buku, ia pasti meloncat ke pangkuanku atau ke pangkuan ibuku. Tangannya pasti akan menarik-narik buku yang kami baca, jika kami tidak mengelus-elus kepalanya. Ia akan tertidur pulas di pangkuan kami, jika kami memanjakannya denga mengelus-elus kepalanya. Ketika ada seekor cicak melintas, dengan cekatan ia akan menangkapnya. Ia tidak memakan cicak itu, ia justru bermain-main dengan ekor cicak yang putus dan cicak dibiarkannya berlari. Dengan tingkahnya yang lucu, ia akan terus mengamati dan membolak-balik ekor cicak yang terus bergerak.
Kami sekeluarga sangat senang karena Si Piko kucing yang tidak jorok. Ia masih selalu mengingat apa yang kami ajarkan untuk selalu buang air kecil dan buang air besar di toilet. Kadang kami harus berebut untuk duluan ke toilet. Jika di antara kami tidak mau mengalah, dengan sabar ia akan menungu sampai kami keluar. Dengan kebiasaannya itu, kami sekeluarga merasa nyaman karena rumah kami terbebas dari kotoran yang berceceran dengan baunya yang tidak sedap. Kami sekeluarga sangat mencintai Si Piko dengan segenap kenakalan, kemanjaan, dan kelucuannya.

Tugas
1.      Tuliskan perbedaan kedua teks tersebut dari segi struktur teks! Beri bukti dari teks!
2.      Tuliskan perbedaan kedua teks tersebut dari segi isi! Beri bukti  dari teks!
3.      Tuliskan perbedaan kedua teks tersebut dari segi  penggunaan kalimat dan pilihan kata!


Tulislah perbedaan dengan mengisi tabel berikut!

No.
Perbedaan
Bukti Pebedaan
Teks 1
Teks 2
Teks 1
Teks 2
1




2




3






Rubrik Penilaian
Rubrik Penilaian

No.
Aspek
yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1
Ketepatan perbedaan  observasi dan deskripsi  dari segi struktur teks

Belum menemukan perbedaan struktur
Menemukan perbedaan struktur teks observasi dan deskripsi  secara tepat
Menemukan perbedaan struktur teks observasi dan deskripsi dengan bukti secara tepat
2
Ketepatan perbedaan cakupan isi  teks  deskripsi  dari segi segi isi

Belum menemukan perbedaan isi
Menemukan perbedaan teks observasi dan deskripsi dari segi isi 
Menemukan perbedaan struktur teks observasi dan deskripsi dengan bukti
3
Ketepatan perbedaan cakupan isi  teks  deskripsi  dari segi segi  penggunaan bahasa (kalimat dan pilihan kata)

Belum menemukan perbedaan isi
Menemukan perbedaan  teks observasi dan deskripsi dari segi isi 
Menemukan perbedaan struktur teks observasi dan deskripsi dengan bukti


Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal




Lampiran 3

Rubrik penilaian proyek (Keterampilan)
4.2 Rubrik Penilaian  Hasil  Akhir Kemampuan Menulis Teks Hasil Observasi

No.
Aspek yang Diamati
Deskriptor
Tanda Cek
Ya
Tidak
1.
Judul
·         Apakah judul sudah memunculkan ciri khas dari sesuatu yang hendak diinformasikan?


2.
Klasifikasi Umum
·         Apakah ada klasifiaksi umum berisi pengenalan fenomena benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya?


3.
Rincian
·         Apakah unsur-unsur deskripsi lengkap?
·         Apakah unsur-unsur deskripsi (ciri fisik, asal muasal, perkembangan motif, perkembangan corak/warna,  jenis, teknik, dan  diuraikan secara rinci dan mendalam?


4.
Keterpaduan wacana
·         Apakah antara paragraf satu dengan paragraf berikutnya berkaitan ditandai oleh keterkaitan isi?


5.
Struktur kalimat
·         Apakah tidak ada kesalahan struktur kalimat?


6.
Pilihan kata
·         Apakah  pilihan kata baku dan  menggunakan  istilah-istilah teknis  (dalam bidang tertentu)?


7.
Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
·         Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca?






0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.