sistem sonar


Ekolokasi atau disebut juga biosonar adalah sonar biologi yang digunakan oleh beberapa jenis binatang. Binatang yang memiliki kemampuan ekolokasi mengeluarkan bunyi dan mendengarkan pantulan bunyi tersebut yang dipantulkan oleh objek-objek yang ada di sekitarnya. Dengan menggunakan bunyi pantulan tersebut, binatang itu bisa mengidentifikasi keberadaan objek. Ekolokasi digunakan binatang sebagai alat navigasi untuk berkelana atau berburu.
Beberapa jenis binatang memiliki kemampuan ekolokasi, termasuk beberapa mamalia, beberapa jenis burung, seperti kelelawar, ikan paus, lumba-lumba, juga celurut. Mekanisme ekolokasi yang dilakukan adalah dengan Kelelawar ini dapat mengeluarkan gelombang ultrasonik pada saat ia terbang.
Gelombang yang dikeluarkan akan dipantulkan kembali oleh benda-benda atau binatang lain yang akan dilewatinya dan diterima oleh suatu alat yang berada di tubuh kelelawar, kemampuan kelewar untuk menentukan lokasi ini disebut dengan ekolokasi. Untuk terbang dan berburu kelelawar akan memanfaatkan bunyi yang frekuensi tinggi kemudian mendengarkan gema yang dihasilkan. Pada saat kelelawar mendengarkan gema, kelelawar tidak dapat mendengar suara lain selain dari yang dipancarkannya sendiri.
Lebar frekuensi yang mampu didengar oleh makhluk ini sangat sempit, yang lazimnya menjadi hambatan besar untuk hewan ini.

Sonar atau Sound Navigation and Ranging merupakan suatu metode penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksir ukuran, bentuk, dan kedalaman benda-benda yang biasanya dilakukan oleh hewan-hewan ultrasonik. Salah satu yang memiliki kemampuan ini adalah kelelawar, yaitu kemampuan kelelawar untuk menentukan lokasi dan benda-benda yang ada di sekitarnya. Adanya gelombang ultrasonik dimanfaatkan oleh manusia antara lain utnuk mendeteksi adanya penyakit, pendekteksian kedalaman laut dan pendeteksian bayi melalui USG.

Manfaat dari sistem sonar.
a. Gelombang ultrasonik yang dimanfaatkan untuk mengamati bayi dalam kandungan disebut dengan ultrasonografi (USG). Alat ini akan memancarkan berkas ultrasonik kerahim lalu melacak perubahan frekuensi dalam gema ketika gelombang bunyi memantul dari jantung yang berdenyut dan darah yang beredar, pancaran pendek-pendek dari ultrasonik akan menghasilkan gambar penampang badan manusia, denyut yang menabrak janin dan tulang belakang akan terpantul oleh gema, komputer menyimpan intensitas setiap denyut dan waktu arah gemanya. Dari data, komputer akan menghitung kedalaman dan lokasi setiap benda yang menghasilkan gema, lalu menampilkan titik cerah pada monitor
b. Gelombang ultrasonik, digunakan untuk mendeteki adanya penyakit pada manusia
c. Gelombang ultrasonik juga digunakan untuk menentukan kedalaman dasar lautan

Dampak penggunaan sistem sonar
Terdamparnya paus dilaut, karena adanya kapal-kapal yang menggunakan sistem sonar

Sumber : buku K13 Ilmu Pengetahuan Alam kelas 8



0 Response to "sistem sonar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.