Pada bagian ini, akan dibiasakan menuliskan pendapat siswa atas hasil pengamatan pada beragam tari etnis di Indonesia. Tulisan lebih bersifat deskripsi analitis dalam tiga tahapan tulisan. Tahapan pertama siswa diminta mendeskripsikan penampilan kelompok yang dianggap menarik dalam 50 kata. Tahap kedua menuliskan hubungan nilai estetis, nilai etis dan relevansinya dengan penampilan tarinya dalam 50 kata. Tahap ketiga menuliskan pendapatnya mengenai penampilan tari yang dilakukan kelompok temannya, kelebihannya maupun kekurangannya. Tahap ketiga inilah intinya kritik yang berdasar pada pengamatan, argumen yang jernih dan disampaikan secara seimbang penuh kesantunan. Bagian ini sangat penting, peran guru sebagai moderator yang menengahi semua kemungkinan perbedaan faham, sekaligus harus bisa mencairkan suasana. Yang seyogyanya diperhatikan guru adalah keterkaitan antara tiga tahapan tulisan tadi harus nyambung, cara penyampaian yang santun berdasarkan pada pengamatan dan argumen. Pada kegiatan ini akan tergali kompetensi lisan dan tulisan siswa.
No. Unsur Kritik
1. Wiraga
a. Keterampilan menari
b. Hafal gerakan
c. Ketuntasan
d. Kebersihan
e. Keindahan gerak
2. Wirama
a. Kesesuaian dan keserasian gerak dengan irama (iringan)
b. Kesesuian dan keserasian gerak dengan tempo
3. Wirasa
a. Harmonisasi antara wiraga dan wirahma
b. Kesesuaian dengan busana
c. Kesesuaian dengan ekspresi
Sumber : buku k13 seni budaya kelas xi