Kisah Burung Elang Jadi Ayam

Dikisahkan ada seorang petani yang menemukan sebutir telur elang. Ketika sampai di rumah ia menempatkan telur itu bersama telur-telur ayam yang sedang dierami induknya. Setelah menetas, anak elang itu pun tumbuh dan berkembang dalam pengasuhan induk ayam. Ia pun berperilaku persis seperti anak ayam, karena mengira dirinya memang anak ayam.
Suatu hari, ketika anak elang itu bermain-main dengan ayam-ayam lain, ia menyaksikan beberapa ekor elang terbang dengan gagah. Mereka melayang-layang tinggi di udara dan sesekali menukik indah. Anak elang ini pun berangan-angan bisa terbang tinggi di langit seperti elang-elang itu. “Wow, luar biasa! Siapakah mereka?” katanya dengan penuh kekaguman.
“Itu burung elang, raja segala burung.” Sahut ayam di sekitarnya.
“Wah, kalau kita bisa terbang, pasti hebat seperti mereka.”
Para ayam menyahut, “Ah, jangan mimpi kamu. Mereka itu makhluk angkasa, sedangkan kita hanya makhluk bumi, kita hanyalah seekor ayam. Mana mungkin bisa terbang seperti mereka? Sudahlah, tidak usah berkhayal”
Setelah kejadian tersebut anak elang itu pun tidak lagi memiliki angan-angan bisa terbang tinggi. Singkat cerita, anak elang itu pun makan, minum, serta menjalani kehidupan seperti ayam. Akhirnya dia mati sebagai seekor ayam.
Sumber: 110 Hikmah untuk Setiap Muslim

SUMBER : Buku K13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas ix