16. Komunikasi yang merupakan isyarat yang menunjukkkan kemesraan atau keakrapan disebut ...
A. Sociofugal
B. Kinesthetic
C. Thermal
D. Paralanguage
E. Diam
17. Sikap sorang komunikan menjadi lebuh positip setelah menerima pesan dari komunikator.efek ini merupakan perubahan... sebagai hasil dari penerima pesan setelah melakukan komunikasi
A. Attidude
B. Opinion
C. Social
D. Human
E. Behavior
18. Berdasarkan aktif atau pasifnya maka bentuk komunikasi verbal ...
A. Berbicara dan menulis mendengar dan membaca
B. Berbicara
C. Menulis
D. Mendengar
E. Membaca
19. Mudah dalam pengawasan, pengaturan cahaya,udara pengaturan warna dan dekorasi ,serta luwes/fleksibel , dan apabila diperlukan perubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi merupakan kelebihan dari tata ruang kantor...
A. Berkamar
B. Gabungan
C. Berpanorama
D. Terbuka
E. Tertutup
Menurut Muther, dalam menyusun tata ruang kantor harus memperhatikan azas-azsa tata ruang ...
A. Azas kesederhanaan
B. Azas Jarak pendek dan rangkaian kerja
C. Azas keamanan
D. Azas integrasi kegiatan
E. Azas kepuasan kerja
20. Menurut Muther, dalam menyusun tata ruang kantor harus memperhatikan azas-azsa tata ruang ...
A. Azas kesederhanaan
B. Azas Jarak pendek dan rangkaian kerja
C. Azas keamanan
D. Azas integrasi kegiatan
E. Azas kepuasan kerja
21. Meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental melalui upaya pencegahan cederah dan penyakit akipat kerja, menurunkan beban kerja dan mental, mengupayakan promosi dan keputusan kerja...
A. Fungsi Ergonomi
B. Manfaat Ergonomi
C. Tujuan penerapan Ergonomi
D. Jenis Ergonomi
E. Pengertian Ergonomi
22. Petunjuk bagi pegawai untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan standar yang ditetapkan bagi dunia kerja dinamakan ...
A. Pengertian SOP
B. Fungsi SOP
C. Tujuan SOP
D. Manfaat SOP
E. Ruang Lingkup SOP
23. Lambang disebelah Untuk melambangkan pengambilan keputusan bagaimana alur dan plucart berjalan selanjutnya berdasarkan kreteria atau pertanyaan tertentu .
A. Fungsional
B. Lini
C. Staf
D. Struktural
E. Lini dan Staf
24. Nama Gambar disamping ini adalah untuk menggambarkan informasi yang disimpan dalam media penyimpanan data secra umum …
A. Terminal
B. Decision
C. Data base
D. Predfined Proscess
E. Stared Data
25. Dalam menyusun SOP prosedur-prosedur yang distandarkan harus dapat dengan mudah dimengerti dan diterapkan oleh semua pegawai bahkan oleh seseorang yang sama sekali baru dalam pelaksanaan tugasnya. Artinya SOP disusun berdasarkan prinsip …….
A. Perhatian
B. Keselarasan
C. Dinamis
D. Kemudahan dan kejelasan
E. Keterukuran
26. Agar SOP dapat dengan mudah dipahami dan dijalankan maka penyusunan SOP harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berkut ...
A. Kemudahan dan kejelasan, perhatian dan keselarasan,keterukuran,dinamis, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian hukum
B. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , keterukuran, dinamis, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian hukum
C. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , perhatian dan keselarasan,keterukuran, dinamis, berorientasi pada pengguna
D. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , perhatian dan keselarasan, keterukuran, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian hukum
E. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , perhatian dan keselarasan, keterukuran, dinamis, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian
27. POS harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dari seluruh jajaran organisasi dari Lavel yang paling rendah sampai yang tertinggi merupakan prinsip pelaksanaan POS ...
A. Konsisten
B. Mengikat
C. Perbaikan berkelanjutan
D. Komitmen
E. Seluruh unsur memiliki peran penting
28. POS harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke waktu ,oleh siapamun dan dalam kondisi apapun hal ini merupakan pelaksanaan POS yang memenuhi prinsip ………….
A. Konsisten
B. Mengikat
C. Perbaikan berkelanjutan
D. Komitmen
E. Seluruh unsur memiliki peran penting
29. Dari pernyataan berikut :
I. Prosedur Standar yang sangat rinci dari kegiatan yang dilakukan oleh satu orang aparatur atau pelaksana dengan satu peran atau jabatan
II. Prosedur Standar yang bersifat umum dan tidak rinci dari kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang aparatur atau jabatan
III. SOP yang kegiatannya menjadi bagian dari kegiatan SOP yang lebih besar cakupannya
IV. SOP yang merupakan integrasi dari beberapa SOP mikro
Pernyataan diatas yang merupakan SOP Teknis adalah ...
A. II
B. II dan III
C. III
D. IV
E. I
30. Kemampuan menggunakan waktu secara efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal, disebut …
A. Efisiensi
B. Efektifitas
C. Manajemen waktu
D. Rutinitas
E. Skala prioritas
31. Yang merupakan tiga kategori prioritas waktu yang sesuai dengan kategori dan karakteristiknya
A. Jangan dikerjakan,kerjakan nanti,kerjakan sekarang
B. Perencanaan, maksud dan tujuan
C. Melaksanakan fungsi tujuan
D. Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas
E. Rasio output dengan input
32. Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi baik fomal maupun informal didalam maupun diluar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas adalah …
A. Pengertian Otomatisasi Kantor
B. Fungsi Otomatisasi kantor
C. Manfaat Otomatisasi kantor
D. Tujuan Otomatisasi kantor
E. Prinsif Otomatisasi kantor
33. Berikut yang merupakan tujuan dari Otomatisasi Kantor ………..
A. Penggabungan dan penerapan teknologi dalam perkantoran
B. Tuntutan perkembangan teknologi menyebabkan karyawan membutukan banyak waktu mempelajari aplikasi komputer
C. Mengurangi kebutuhan akan stap dalam jumlah besar
D. Memerlukan sedikit tempat untuk menyimpan data
E. Beberapa orang dapat memperbarui data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
34. Yang menunjukkan salah satu pengguna Otomatisasi kantor …………..
A. Manajer
B. Karyawan pabrik
C. Buruh pabrik
D. Office boy
E. Karyawan hotel
35. Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer merupakan jenis otomatisasi ..
A. Electronik calendaring
B. Voice mail
C. Word processing
D. Vidio teks
E. Komputer Conferencing
kunci jawaban
21. C
22. A
23. B
24. A
25. B
26. D
27. E
28. A
29. A
A. Sociofugal
B. Kinesthetic
C. Thermal
D. Paralanguage
E. Diam
17. Sikap sorang komunikan menjadi lebuh positip setelah menerima pesan dari komunikator.efek ini merupakan perubahan... sebagai hasil dari penerima pesan setelah melakukan komunikasi
A. Attidude
B. Opinion
C. Social
D. Human
E. Behavior
18. Berdasarkan aktif atau pasifnya maka bentuk komunikasi verbal ...
A. Berbicara dan menulis mendengar dan membaca
B. Berbicara
C. Menulis
D. Mendengar
E. Membaca
19. Mudah dalam pengawasan, pengaturan cahaya,udara pengaturan warna dan dekorasi ,serta luwes/fleksibel , dan apabila diperlukan perubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi merupakan kelebihan dari tata ruang kantor...
A. Berkamar
B. Gabungan
C. Berpanorama
D. Terbuka
E. Tertutup
Menurut Muther, dalam menyusun tata ruang kantor harus memperhatikan azas-azsa tata ruang ...
A. Azas kesederhanaan
B. Azas Jarak pendek dan rangkaian kerja
C. Azas keamanan
D. Azas integrasi kegiatan
E. Azas kepuasan kerja
20. Menurut Muther, dalam menyusun tata ruang kantor harus memperhatikan azas-azsa tata ruang ...
A. Azas kesederhanaan
B. Azas Jarak pendek dan rangkaian kerja
C. Azas keamanan
D. Azas integrasi kegiatan
E. Azas kepuasan kerja
21. Meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental melalui upaya pencegahan cederah dan penyakit akipat kerja, menurunkan beban kerja dan mental, mengupayakan promosi dan keputusan kerja...
A. Fungsi Ergonomi
B. Manfaat Ergonomi
C. Tujuan penerapan Ergonomi
D. Jenis Ergonomi
E. Pengertian Ergonomi
22. Petunjuk bagi pegawai untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan standar yang ditetapkan bagi dunia kerja dinamakan ...
A. Pengertian SOP
B. Fungsi SOP
C. Tujuan SOP
D. Manfaat SOP
E. Ruang Lingkup SOP
23. Lambang disebelah Untuk melambangkan pengambilan keputusan bagaimana alur dan plucart berjalan selanjutnya berdasarkan kreteria atau pertanyaan tertentu .
A. Fungsional
B. Lini
C. Staf
D. Struktural
E. Lini dan Staf
24. Nama Gambar disamping ini adalah untuk menggambarkan informasi yang disimpan dalam media penyimpanan data secra umum …
A. Terminal
B. Decision
C. Data base
D. Predfined Proscess
E. Stared Data
25. Dalam menyusun SOP prosedur-prosedur yang distandarkan harus dapat dengan mudah dimengerti dan diterapkan oleh semua pegawai bahkan oleh seseorang yang sama sekali baru dalam pelaksanaan tugasnya. Artinya SOP disusun berdasarkan prinsip …….
A. Perhatian
B. Keselarasan
C. Dinamis
D. Kemudahan dan kejelasan
E. Keterukuran
26. Agar SOP dapat dengan mudah dipahami dan dijalankan maka penyusunan SOP harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berkut ...
A. Kemudahan dan kejelasan, perhatian dan keselarasan,keterukuran,dinamis, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian hukum
B. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , keterukuran, dinamis, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian hukum
C. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , perhatian dan keselarasan,keterukuran, dinamis, berorientasi pada pengguna
D. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , perhatian dan keselarasan, keterukuran, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian hukum
E. Kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas , perhatian dan keselarasan, keterukuran, dinamis, berorientasi pada pengguna, kepatuhan dan kepastian
27. POS harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dari seluruh jajaran organisasi dari Lavel yang paling rendah sampai yang tertinggi merupakan prinsip pelaksanaan POS ...
A. Konsisten
B. Mengikat
C. Perbaikan berkelanjutan
D. Komitmen
E. Seluruh unsur memiliki peran penting
28. POS harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke waktu ,oleh siapamun dan dalam kondisi apapun hal ini merupakan pelaksanaan POS yang memenuhi prinsip ………….
A. Konsisten
B. Mengikat
C. Perbaikan berkelanjutan
D. Komitmen
E. Seluruh unsur memiliki peran penting
29. Dari pernyataan berikut :
I. Prosedur Standar yang sangat rinci dari kegiatan yang dilakukan oleh satu orang aparatur atau pelaksana dengan satu peran atau jabatan
II. Prosedur Standar yang bersifat umum dan tidak rinci dari kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang aparatur atau jabatan
III. SOP yang kegiatannya menjadi bagian dari kegiatan SOP yang lebih besar cakupannya
IV. SOP yang merupakan integrasi dari beberapa SOP mikro
Pernyataan diatas yang merupakan SOP Teknis adalah ...
A. II
B. II dan III
C. III
D. IV
E. I
30. Kemampuan menggunakan waktu secara efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal, disebut …
A. Efisiensi
B. Efektifitas
C. Manajemen waktu
D. Rutinitas
E. Skala prioritas
31. Yang merupakan tiga kategori prioritas waktu yang sesuai dengan kategori dan karakteristiknya
A. Jangan dikerjakan,kerjakan nanti,kerjakan sekarang
B. Perencanaan, maksud dan tujuan
C. Melaksanakan fungsi tujuan
D. Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas
E. Rasio output dengan input
32. Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi baik fomal maupun informal didalam maupun diluar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas adalah …
A. Pengertian Otomatisasi Kantor
B. Fungsi Otomatisasi kantor
C. Manfaat Otomatisasi kantor
D. Tujuan Otomatisasi kantor
E. Prinsif Otomatisasi kantor
33. Berikut yang merupakan tujuan dari Otomatisasi Kantor ………..
A. Penggabungan dan penerapan teknologi dalam perkantoran
B. Tuntutan perkembangan teknologi menyebabkan karyawan membutukan banyak waktu mempelajari aplikasi komputer
C. Mengurangi kebutuhan akan stap dalam jumlah besar
D. Memerlukan sedikit tempat untuk menyimpan data
E. Beberapa orang dapat memperbarui data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
34. Yang menunjukkan salah satu pengguna Otomatisasi kantor …………..
A. Manajer
B. Karyawan pabrik
C. Buruh pabrik
D. Office boy
E. Karyawan hotel
35. Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer merupakan jenis otomatisasi ..
A. Electronik calendaring
B. Voice mail
C. Word processing
D. Vidio teks
E. Komputer Conferencing
kunci jawaban
21. C
22. A
23. B
24. A
25. B
26. D
27. E
28. A
29. A