Pengertian Polimer

Pengertian Polimer

Polimer adalah suatu makromolekul atau dikenal juga dengan molekul raksasa yang tersusun dari beberapa monomer (merupakan molekul-molukul kecil yang sederhana). Molekul kecil/monomer yang menyusun polimer tersebut bisa atau dapat berupa senyawa berikatan rangkap atau juga senyawa yang mempunyai gugus fungsional.

Sifat Polimer

Sifat-Polimer
Polimer ini adalah makromolekul yang terdiri dari banyak sekali kelas material alami dan juga sintetik yakni dengan sifat-sifat yang juga beragam. Perbedaan dari kedua material ini terletak pada mudah tidaknya sebuah polimer tersebut didegradasi atau juga dirombak oleh mikroba. Biasanya, polimer untuk bahan sintetik tersebutakan lebih sulit diuraikan oleh mikroorganisme apabila dibanding polimer bahan alami.

Sifat Polimer berdasarkan Strukturnya

Perbedaan dari sifat-sifat polimer ini juga  dipengaruhi oleh struktur polimernya, meliputi diantaranya:
  • Panjang rantai polimer
    Semakin panjang rantai polimer, maka kemudian kekuatan serta juga titik leleh senyawanya itu semakin tinggi.
  • Gaya antar molekul
    Semakin besar gaya antar molekul dirantai polimer tersebut maka polimer ini akan menjadi kuat serta juga sukar meleleh.
  • Percabangan
    Rantai polimer yang bercabang banyak tersebut memiliki daya tegang rendah serta akan mudah meleleh.
  • Ikatan silang antar rantai polimer
    Semakin banyaknya ikatan silang maka polimer tersebut akan semakin kaku serta juga rapuh sehingga akan mudah patah. Hal ini dikarenakan oleh kIkatan silang antar rantai polimer tersebut menyebabkan terjadinya jaringan yang kaku serta juga membentuk bahan yang keras.
  • Sifat kristalinitas rantai polimer
    Semakin tinggi sifat dari kristalinitas, maka rantai polimer tersebut akan lebih kuat serta jugalebih tahan terhadap bahaan-bahan kimia serta juga enzim. Umumnya yang mempunyai sifat kristalinitas tinggi ini merupakan sebuah polimer dengan struktur yang teratur, dan sedangkan untuk polimer berstruktur dengan tidak teratur itu cenderung mempunyai kristanilitas yang rendah serta sifatnya ialah amorf (tidak keras).

Sifat Polimer Secara Umum

Secara umum polimer tersebut memiliki beberapa sifat diantaranya sebagai berikut :

a. Sifat Termal

Polimer ialah sebagai isolator mempunyai sifat termal yang baik walaupun polimer tersebut bukanlah konduktor. Apabila ditinjau dari jenisnya, polimer yang dipanaskan tersebut ada yang menjadi lunak tetapi terdapat juga  yang menjadi keras. Perubahan tersebut sangat penting sebagai bahan komponen tertentu.

b. Sifat Kelenturan

Disebabkan karna sifatnya lentur, polimer tersebut tentu akan mudah diolah menjadi sebuah produk yang diinginkan. Tetapi, polimer alam ini lebih untuk diolah sesuai dengan keinginan dibandingkan polimer sintetis.

c. Sifat Ketahanan Terhadap Mikroorganisme

Sifat ketahanan terhadap mikroorganisme tersebut biasanya dipunyai oleh polimer sintetis. Sedangkan untuk polimer alam seperti misalnya sutra, wol, serta polimer alam lainnya itu tidak tahan terhadap suatu mikroorganisme.

d. Sifat Lainnya

Sifat lain yang dipunyai polimer di antaranya, sebagai berikut :
  1. Ringan, dalam artian rasio bobot/volume kecil;
  2. Tahan korosi dan kerusakan terhadap lingkungan yang agresif;
  3. Dimensinya stabil disebabkan karna mempunayi berat molekul besar; serta lainnya.