RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SD AL-ISLAH
Tema : 1(Hidup Rukun)
Sub
Tema :4(Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran : 1
Kelas/
Semester : 2 / 1
Alokasi
Waktu : 5 x 35 menit
Hari/
Tanggal : Jumat, 6 Juni 2014
A.
KOMPETENSI
INTI
KI
1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI
2 :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI
3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
sekolah, dan tempat bermainnya.
KI
4 :Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan
logis dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi
Dasar
1.1 Menerima anugrah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.5. Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa indonesia lesan dan tulis yang
dapat disi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri
bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.8 Membedakan contoh sikap hidup rukun
dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.8 Menyimpulkan isi teks permintaan
maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
PPKn
Kompetensi
Dasar
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggungjawab,
santun,peduli,dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
4.4 Bermain
peran tentang bersatu dalam keragaman di lingkungan dan sekolah
Indikator
3.4.7 Menyebutkan bentuk bentuk kegiatan bersama
teman-teman disekitar rumah, baik perempuan maupun laki–laki.
4.4.13 Berprilaku rukun
dengan setiap teman disekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita
cita, dan sifat.
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tretib
dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam
mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli dengan menggunakan blok
dienes (kubus satuan) .
4.1 Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanga–bilangan yang kurang dari 100.
Indikator
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.1
Mengamati dan menyebutkan pola – pola bilangan sederhana menggunakan bilangan
kurang dari 100.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup
rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
·
Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat berprilaku rukun dengan setiap
teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita-cita, dan
sifat dengan santun.
·
Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menulis kesimpulan isi teks
permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah
dibaca dengan percaya diri.
·
Dengan mengamati gambar siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman–teman disekitar rumah,baik perempuan maupun laki- laki.dengan
santun.
·
Dengan memperhatikan buku siswa, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai
500 dengan teliti.
·
Dengan mengurutkan bilangan, siswa dapat mengamati pola-pola bilangan
sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Sikap hidup
rukun dan tidak rukun.
·
Teks
permintaan maaf.
·
Bentuk
bentuk kegiatan bersama teman disekitar rumH.
·
Urutan
bilangan sampai 500.
·
Pola–pola
bilangan sederhana menggunakan pola bilangan kurang dari 100.
E.
METODE,
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
· Metode
: diskusi, observasi, penugasan.
· Pendekatan
: - Saintifik
-
Tematik terpadu
F.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·
Media :
-
Teks bacaan
-
Gambar - gambar angka.
-
Gambar sikap
hidup rukun
·
Alat / Bahan
:
- Kertas, Spidol,
Pensil.
*
Sumber
:
-
Buku Guru SD/MI
Kelas II Tema I, Hidup rukun, Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Hal. 160 s.d.167 Jakarta. Kemendikbud.
-
Buku Siswa SD /
MI Kelas II Tema Hidup rukun,
Buku Tematik terpadu kurikulum 2013. Hal .128 s.d.153 Jakarta.
Kemendikbud.
G.
LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam dan mengajak
berdo’a.
· Guru melaksanakan absensi, menyiapkan materi dan alat peraga.
· Guru
menanyakan kondisi siswa pada saat akan mengikuti pembelajaran hari ini.
· Guru melakukan apersepsi tentang
pembelajaran yang akan disampaikan..
· Guru memberi
motivasi siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran yang akan
disampaikan.
· Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan materi yang akan dipelajari hari ini dengan menggunakan kalimat yang mudah
difahami.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
· Guru
membimbing siswa untuk mengamati teka percakapn dengan teliti (mengamati).
· Siswa
mengamati dan membaca teks percakapan hidup rukun dan tidak rukun(mengamati
dan menalar).
· Guru menanya
tentang perbedaan sikap hidup rukun dan tidak rukun pada teks(menanya).
· Siswa
menjawab pertanyaan guru (mengkomunikasikan).
· Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku siswa hal 129
(menalar).
· Siswa
menceritakan kembali isi teks percakapan
permintaan maaf sikap hidup rukun dengan menggunakan bahasasendiri
sesuai dengan panduan di buku siswa hal 129. (menalar).
· Siswa
mempresentasikan hasil di depan kelas
(mengkomunikasikan).
· Mengamati
gambar bentuk bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah di buku siswa
hal 130 (mengamati).
· Guru menanya
tentang macam – macam bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah (menanya).
· Siswa
mendiskusikan pertanyaan guru tentang macam–macam bentuk kegiatan bersama
teman di sekitar rumah.
(mengkomunikasikan).
· Guru
menjelaskan tentan cara mengurutan bilangan sampai 500
(meggomunikasikan).
· Siswa
memegang satu kartu bilangan( mencoba).
· Siswa
berbaris sesuai kartu bilangan yang dipegang(mencoba).
· Siswa mulai
mengurutkan bilangan sesuai kartu bilangan yang dipegangnya(mencoba).
· Guru memberi
umpan balik dan penguatan pada siswa.
|
155 menit
|
Kegiatan Penutup
|
· Guru dan
siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran hari ini.
· Siswa
menjawab perenungan atau refleksi dari kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu
:
1. Apakah
pembelajaran hari ini menyenangkan ?
2. Materi apa
yang masih sulit dipahami?
3. Materi apa
yang sudah dipahami dengan baik ?
4. Pelajaran
baik apa yang bisa diambil dari kegiatan pembelajaran hari ini ?
· Guru
memberikan dirumah bentuk – bentuk kegiatan bersama dengan teman dirumah
serta mengurutkan bilangan.
· Salam dan do’a penutup.
|
10 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
· Tes
tulis dalam bentuk uraian
· Penilaian
proses selama pembelajaran
· Tes observasi
· Tes Unjuk kerja
1. Penilain
Sikap ( Percaya diri, Teliti santun )
N0
|
NAMA SISWA
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1
|
2
|
3
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
BT = Belum tampak
MT = Mulai tampak
MB = Mulai berkembang
SM = Sudah Membudaya
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen tes
tertulis (Uraian)
B.Indonesia( teks percakapan 5 soal )
Jawablah Pertanyaan
dibawah ini sesuai percakapan diatas!
1. Apa artinya bergotong royong?
2. Apakah perlu bergotong royong?
3. Menurutmu, siapa yang yang menunjukkan sikap hidup rukun
dan tidak rukun dalam percakapan di atas?
4. Kegiatan gotong royong apa yang pernah dilakukan
dilingkungan rumahmu?
5. Apakah kamu ikut membantu kegiatan gotong royong
tersebut?
Kunci jawaban
1. Mengerjakan pekerjaan secara bersama-sama.
2. Perlu
3. Edo dan Badu
4. Disesuaikan jawaban siswa
5. Disesuaikan dengan jawaban siswa
Skor : tiap soal =
20
Skor maksimal = 100
Matematika
A.
Urutkan bilangan berikut dari yang tekecil!
1.
256, 356, 167, 467, 365 = _____, ______, _____, ______,
_____ .
B.
Urutkan bilangan berikut dari terbesar!
1.
156, 436, 255, 300, 500 = _____, ______, _____, ______,
_____.
Kunci jawaban :
A.1. 167, 256, 356,365, 467
B.1. 500, 436, 300, 255, 156
3.Penilaian Keterampilan
a. Penilaian Unjuk Kerja (Bahasa Indonesia)
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan membaca lancar teks
|
Mampu membaca keseluruhan teks.
|
Mampu membaca setengah atau lebih bagian teks.
|
Mampu menggambar garis sebagian kecil dengan baik
|
Belum mampu menggambar garis dengan baik
|
2.
|
Pemahaman isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan.
|
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang
diajukan.
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks yang diajukan.
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan.
|
Catatan: Rumus nilai
akhir =Nilai yang diperoleh X 100
Nilai maksimal
1.
Skor 1 = kurang
2.
Skor 2 = cukup
3.
Skor 3 = baik
4.
Skor 4 = sangat baik
b.
Penilaian Unjuk Kerja (Bahasa Indonesia)
Rubrik menulia kembali teks percakapan ke dalam cerita
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Penggunaan huruf besar, kata depan, dan tanda baca.
|
Seluruh kalimat menggunakan huruf besar, kata depan,
dan tanda baca yang tepat.
|
Kalimat menggunakan dua di antara huruf besar, kata
depan, dan tanda baca.
|
Kalimat hanya menggunakan salah satu dari huruf
besar, kata depan, dan tanda baca.
|
Seluruh kalimat belum menggunakan huruf besar, kata
depan, dan tanda baca yang tepat.
|
2.
|
Kelengkapan penulisan kata
|
Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang
lengkap.
|
Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang
lengkap.
|
Terdapat setengah dari teks penulisan kata yang
belum lengkap.
|
Sebagian besar kalimat menggunakan penulisan kata
yang belum lengkap.
|
3.
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema hidup
rukun.
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau
tema.
|
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau
tema.
|
Kurang dari setengan isi karangan sesuai judul atau
tema.
|
Seluruh isi karangan belum sesuai.
|
4.
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif.
|
Terdapat lebih dari 3 kalimat menggunakan kalimat
yang kurang efektif.
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum
efektif.
|
Catatan: Rumus nilai akhir =Nilai yang
diperoleh X 100
Nilai maksimal
1.
Skor 1 = kurang
2.
Skor 2 = cukup
3.
Skor 3 = baik
4.
Skor 4 = sangat baik
c.
Penilaian Unjuk Kerja ( Matematika)
RubrikPenilaian kemampuan menentukan pola pada bilangan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan menetukan pola bilangan.
|
Mampu menentukan pola bilangan secara keseluruhan
|
Mampu menentukan sebagian besar pola bilangan.
|
Mampu menentukan sebagian kecil pola bilangan.
|
Belum mampu menentukan pola bilangan.
|
2.
|
Kemampuan mengikuti aturan permainan.
|
Mampu mengikuti aturan permainan sampai selesai.
|
Mampu mengikuti aturan permainan hampir sampai
selesai.
|
Mampu mengikuti aturan permainan sebagian kecil
sampai selesai.
|
Belum mampu mengikuti aturan permainan sampai
selesai
|
Catatan: Rumus nilai akhir =Nilai yang
diperoleh X 100
Nilai maksimal
1.
Skor 1 = kurang
2.
Skor 2 = cukup
3.
Skor 3 = baik
4.
Skor 4 = sangat baik
Kesimpulan yang
diharapkan :
1. Contoh sikap hidup rukun
seperti menolong teman, menghormati tetangga, dan sebagainya.
2. Contoh sikap hidup tak
rukun seperti bertengkar dengan teman, tetangga, mau menang sendiri, tidak
memperhatikan kelestarian lingkungan, dan sebagainya.
3. Menceritakan kembali isi
teks percakapan tentang permintaan maaf harus memperhatikan penggunaan huruf
besar, kata depan, dan tanda baca, kelengkapan penulisan kata, kesesuaian tema,
serta penggunaan kalimat yang efektif.
4. Contoh bentuk
kegiatan bersama teman di sekitar rumah yaitu kerja bakti membersihkan lingkungan,
kerja kelompok, bermain bersama, dan sebagainya.
5. Mengurutkan bilangan
sampai 500 bisa diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar.
6. Bentuk pola-pola bilangan
seperti 1 .... 2 .... 13 .... 14 .... 25. Pola bilangan tersebut menjadi 1, 11,
1, 11.
Catatan :
•
Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus
diperbaiki dan ditingkatkan
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
· Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang
ditetapkan.
· Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi
target pencapaian kompetensi.
Surabaya, 6 Juni 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Kelas II
H.Abdul
Barry, S.Pd. Wiwik Muarofah, S.Pd.