rpp tema hidup rukun




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                   : SD AL-ISLAH
Tema                                 : 1(Hidup Rukun)
Sub Tema                          :4(Hidup  Rukun di Rumah  Pembelajaran                 : 1
Kelas/ Semester                 : 2 / 1
Alokasi Waktu                  : 5  x 35 menit
Hari/ Tanggal                    : Jumat, 6 Juni 2014


A.    KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan  rasa ingin  tahu  tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di sekolah, dan tempat bermainnya.
KI 4 :Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya  yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

BAHASA INDONESIA

Kompetensi Dasar
1.1   Menerima anugrah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
 sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
  2.1  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam
         kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.5. Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa indonesia lesan dan tulis yang dapat disi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator
     3.5.8 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan  teman.
     4.5.8 Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.




PPKn
Kompetensi Dasar
1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa  di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,peduli,dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
 3.4   Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
 4.4   Bermain peran tentang bersatu dalam keragaman di lingkungan dan sekolah

Indikator
3.4.7  Menyebutkan bentuk bentuk kegiatan bersama teman-teman disekitar rumah, baik perempuan maupun laki–laki.
4.4.13 Berprilaku rukun dengan setiap teman disekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita cita, dan sifat.

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tretib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1  Mengenal bilangan asli dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan) .
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanga–bilangan yang   kurang dari 100.

Indikator
3.1.7  Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.1 Mengamati dan menyebutkan pola – pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
·         Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat berprilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, cita-cita, dan sifat dengan santun.
·         Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menulis kesimpulan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca dengan percaya diri.
·         Dengan mengamati gambar siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman–teman disekitar rumah,baik perempuan maupun laki- laki.dengan santun.
·         Dengan memperhatikan buku siswa, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dengan teliti.
·         Dengan mengurutkan bilangan, siswa dapat mengamati pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.




D.    MATERI PEMBELAJARAN
·         Sikap hidup rukun dan tidak rukun.
·         Teks permintaan maaf.
·         Bentuk bentuk kegiatan bersama teman disekitar rumH.
·         Urutan bilangan sampai 500.
·         Pola–pola bilangan sederhana menggunakan pola bilangan kurang dari 100.

E.     METODE, PENDEKATAN PEMBELAJARAN
·      Metode : diskusi, observasi, penugasan.
·      Pendekatan : -     Saintifik
-          Tematik terpadu

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·         Media :
-    Teks bacaan
-    Gambar - gambar angka.
-    Gambar sikap hidup rukun
·         Alat / Bahan :
- Kertas, Spidol, Pensil.
      *   Sumber :
-    Buku Guru SD/MI Kelas II Tema I, Hidup rukun, Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Hal. 160 s.d.167 Jakarta. Kemendikbud.
-    Buku Siswa SD / MI Kelas II Tema Hidup rukun, Buku Tematik terpadu kurikulum 2013. Hal .128 s.d.153 Jakarta. Kemendikbud.


G.    LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam dan mengajak berdo’a.
·   Guru melaksanakan absensi, menyiapkan materi dan alat peraga.
·   Guru menanyakan kondisi siswa pada saat akan mengikuti pembelajaran hari ini.
·   Guru melakukan apersepsi tentang pembelajaran yang akan disampaikan..
·   Guru memberi motivasi siswa dengan memberikan pertanyaan tentang pelajaran yang akan disampaikan.
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari hari ini dengan menggunakan kalimat yang mudah difahami.
10 menit
Kegiatan Inti
·   Guru membimbing siswa untuk mengamati teka percakapn dengan teliti (mengamati).
·   Siswa mengamati dan membaca teks percakapan hidup rukun dan tidak rukun(mengamati dan menalar).
·   Guru menanya tentang perbedaan sikap hidup rukun dan tidak rukun pada teks(menanya).
·   Siswa menjawab pertanyaan guru (mengkomunikasikan).
·   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku siswa hal 129
(menalar).
·   Siswa menceritakan kembali isi teks percakapan  permintaan maaf sikap hidup rukun dengan menggunakan bahasasendiri sesuai dengan panduan di buku siswa hal 129. (menalar).
·   Siswa mempresentasikan hasil di depan kelas
 (mengkomunikasikan).
·   Mengamati gambar bentuk bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah di buku siswa hal 130 (mengamati).
·   Guru menanya tentang macam – macam bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah (menanya).
·   Siswa mendiskusikan pertanyaan guru tentang macam–macam bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah.
(mengkomunikasikan).
·   Guru menjelaskan tentan cara mengurutan bilangan sampai 500
 (meggomunikasikan).
·   Siswa memegang satu kartu bilangan( mencoba).
·   Siswa berbaris sesuai kartu bilangan yang dipegang(mencoba).
·   Siswa mulai mengurutkan bilangan sesuai kartu bilangan yang dipegangnya(mencoba).
·   Guru memberi umpan balik dan penguatan pada siswa.
155 menit
Kegiatan Penutup
·   Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran hari ini.
·   Siswa menjawab perenungan atau refleksi dari kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu :
1.      Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ?
2.      Materi apa yang masih sulit dipahami?
3.      Materi apa yang sudah dipahami dengan baik ?
4.      Pelajaran baik apa yang bisa diambil dari kegiatan pembelajaran hari ini ?
·   Guru memberikan dirumah bentuk – bentuk kegiatan bersama dengan teman dirumah serta mengurutkan bilangan.
·   Salam dan do’a penutup.
10 menit


H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
·   Tes tulis dalam bentuk uraian
·   Penilaian proses selama pembelajaran
·   Tes observasi
·    Tes Unjuk kerja











1.      Penilain Sikap ( Percaya diri, Teliti santun  )

N0
NAMA SISWA
Perubahan Tingkah Laku
Percaya diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3

1
2
3


1
2
3







































































Keterangan
BT  = Belum tampak
MT =  Mulai tampak
MB = Mulai berkembang
SM = Sudah Membudaya

2.      Penilaian pengetahuan:
Instrumen tes tertulis (Uraian)

B.Indonesia( teks percakapan 5 soal )
Jawablah Pertanyaan dibawah ini sesuai percakapan diatas!
1.      Apa artinya bergotong royong?
2.      Apakah perlu bergotong royong?
3.      Menurutmu, siapa yang yang menunjukkan sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam percakapan di atas?
4.      Kegiatan gotong royong apa yang pernah dilakukan dilingkungan rumahmu?
5.      Apakah kamu ikut membantu kegiatan gotong royong tersebut?


           Kunci jawaban

1.      Mengerjakan pekerjaan secara bersama-sama.
2.      Perlu
3.      Edo dan Badu
4.      Disesuaikan jawaban siswa
5.      Disesuaikan dengan jawaban siswa

Skor : tiap soal = 20
Skor maksimal = 100

Matematika
A.    Urutkan bilangan berikut dari yang tekecil!
1.      256, 356, 167, 467, 365 = _____, ______, _____, ______, _____ .
B.     Urutkan bilangan berikut dari terbesar!
1.      156, 436, 255, 300, 500 = _____, ______, _____, ______, _____.



            Kunci jawaban :
A.1. 167, 256, 356,365, 467
B.1. 500, 436, 300, 255, 156

            3.Penilaian Keterampilan
               a.   Penilaian Unjuk Kerja (Bahasa Indonesia)
              
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan

4
3
2
1
1.
Kemampuan membaca lancar teks
Mampu membaca keseluruhan teks.
Mampu membaca setengah atau lebih bagian teks.
Mampu menggambar garis sebagian kecil dengan baik
Belum mampu menggambar garis dengan baik
2.
Pemahaman isi teks
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan.
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan.
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks  yang diajukan.
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan.
         
  Catatan: Rumus nilai akhir =Nilai yang diperoleh  X  100
                                                                      Nilai maksimal
1.      Skor 1 = kurang
2.      Skor 2 = cukup
3.      Skor 3 = baik
4.      Skor 4 = sangat baik







b.      Penilaian Unjuk Kerja (Bahasa Indonesia)
Rubrik menulia kembali teks percakapan ke dalam cerita
              
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan

4
3
2
1
1.
Penggunaan huruf besar, kata depan, dan tanda baca.
Seluruh kalimat menggunakan huruf besar, kata depan, dan tanda baca yang tepat.
Kalimat menggunakan dua di antara huruf besar, kata depan, dan tanda baca.
Kalimat hanya menggunakan salah satu dari huruf besar, kata depan, dan tanda baca.
Seluruh kalimat belum menggunakan huruf besar, kata depan, dan tanda baca yang tepat.
2.
Kelengkapan penulisan kata
Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang lengkap.
Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang lengkap.
Terdapat setengah dari teks penulisan kata yang belum lengkap.
Sebagian besar kalimat menggunakan penulisan kata yang belum lengkap.
3.
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema hidup rukun.
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau tema.
Kurang dari setengan isi karangan sesuai judul atau tema.
Seluruh isi karangan belum sesuai.
4.
Penggunaan kalimat yang efektif.
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Terdapat lebih dari 3 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.

Catatan: Rumus nilai akhir =Nilai yang diperoleh  X  100
                                                     Nilai maksimal

1.      Skor 1 = kurang
2.      Skor 2 = cukup
3.      Skor 3 = baik
4.      Skor 4 = sangat baik

c.       Penilaian Unjuk Kerja ( Matematika)
RubrikPenilaian kemampuan menentukan pola pada bilangan
              
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan

4
3
2
1
1.
Kemampuan menetukan pola bilangan.
Mampu menentukan pola bilangan secara keseluruhan
Mampu menentukan sebagian besar pola bilangan.
Mampu menentukan sebagian kecil pola bilangan.
Belum mampu menentukan pola bilangan.
2.
Kemampuan mengikuti aturan permainan.
Mampu mengikuti aturan permainan sampai selesai.
Mampu mengikuti aturan permainan hampir sampai selesai.
Mampu mengikuti aturan permainan sebagian kecil sampai selesai.
Belum mampu mengikuti aturan permainan sampai selesai
                   
        
           Catatan: Rumus nilai akhir =Nilai yang diperoleh  X  100
                                                                    Nilai maksimal

1.      Skor 1 = kurang
2.      Skor 2 = cukup
3.      Skor 3 = baik
4.      Skor 4 = sangat baik



Kesimpulan yang diharapkan :
1.      Contoh sikap hidup rukun seperti menolong teman, menghormati tetangga, dan sebagainya.
2.      Contoh sikap hidup tak rukun seperti bertengkar dengan teman, tetangga, mau menang sendiri, tidak memperhatikan kelestarian lingkungan, dan sebagainya.
3.      Menceritakan kembali isi teks percakapan tentang permintaan maaf harus memperhatikan penggunaan huruf besar, kata depan, dan tanda baca, kelengkapan penulisan kata, kesesuaian tema, serta penggunaan kalimat yang efektif.
4.      Contoh bentuk kegiatan  bersama teman di sekitar  rumah yaitu kerja bakti membersihkan lingkungan, kerja kelompok, bermain bersama, dan sebagainya.
5.      Mengurutkan bilangan sampai 500 bisa diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar.
6.      Bentuk pola-pola bilangan seperti 1 .... 2 .... 13 .... 14 .... 25. Pola bilangan tersebut menjadi 1, 11, 1, 11.


Catatan :
      Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
·      Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

·      Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

                                                                                                             Surabaya,  6 Juni 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Kelas  II





H.Abdul Barry, S.Pd.                                                                            Wiwik Muarofah, S.Pd.