rpp Hebatnya Cita – Citaku




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SD AL-ISLAH
Kelas/ Semester         : IV/ 2 (Dua)
Tema/ Subtema         : 7.Cita –Citaku / 2. Hebatnya Cita – Citaku.
Pembelajaran            : 4
Alokasi Waktu           : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
Hari/Tanggal             : Kamis, 13 Pebruari 2014



A.Kompetensi Inti (KI)
        KI 1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
        KI 2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
        KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
        KI 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
1.1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1.  Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan  tugas.
3.11. Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk  pola pengubinan melalui pengamatan.
4.5.   Mengurai dan menyusun kembali jaring- jaring bangun ruang sederhana.
4.6.  Membentuk jaring- jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang  yang sudah ada.
4.7.  Membuat benda- benda berdasarkan jaring- jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang- barang bekas yang ada di sekitar sekolah atau tempat bermain.

Indikator:
3.11.1. Mengidentifikasi bangun segi banyak pada pola pengubinan jaring- jaring balok,  limas dan prisma.
4.5.1.     Menggambar berbagai variasi jaring- jaring balok.
4.6.1.     Membuat jaring –jaring balok dari karton.
4.7.1.   Membuat kreasi benda (kotak celengan ) dari bahan bekas berdasarkan jaring- jaring balok.

IPS
Kompetensi Dasar
1.1.Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3.  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.5.  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.5.Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator
3.5.1.Mengidentifikasi manfaat suatu cita- cita dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya.
4.5.1.Menuliskan manfaat suatu cita- cita terhadap masyarakat, lingkungan alam, dan budaya.
SBDP
Kompetensi Dasar
1.1.    Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing- masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
       2.1.  Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
  3.4.  Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan  media karya kreatif.
  4.4.  Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam.
Indikator:
3.4.1. Menceritakan alur pembuatan media karya  kreatif
4.4.1. Membuat kotak celengan dari kardus bekas.



C.Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengamati dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi bangun segi banyak pada pola pengubinan jaring- jaring balok dengan benar.
2.      Setelah mengamati dan diskusi, siswa mampu menggambar berbagai jaring- jaring balok dengan benar.
3.      Setelah pengamatan dan eksplorasi, siswa mampu membuat jaring- jaring balok dari karton  dengan benar.
4.      Setelah pengamatan dan eksplorasi, siswa mampu membuat kreasi benda dari bahan bekas berdasarkan jaring- jaring balok atau kubus dengan benar.
5.      Berdasarkan teks intruksi, siswa  mampu menceritakan alur pembuatan media karya kreatif dengan benar.
6.      Setelah diskusi dan membaca teks bacaan secara mendalam, siswa mampu mengidentifikasi manfaat suatu cita- cita dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya dengan benar.
7.      Setelah berdiskusi dan membaca teks bacaan dengan mendalam, siswa mampu menuliskan manfaat suatu cita- cita terhadap masyarakat, lingkungan alam, dan budaya dengan benar.
D.Materi Pembelajaran
1.      Bangun segi banyak
2.      Jaring- jaring balok dan kubus
3.      Membuat kreasi kotak celengan  dari barang bekas
4.      Menceritakakan alur pembuatan media karya.
5.       Menuliskan manfaat cita- cita terhadap masyarakat ,lingkungan, dan budaya.
E.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode         : Ceramah, tanya jawab,  diskusi, dan demonstrasi, serta penugasan.
Pendekatan   : Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).

F.Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media dan   : teks bacaan, gambar bangun segi banyak, gambar jaring-jaring balok dan kubus.
2.      Alat              :  kardus, gunting, kertas kado, kertas karton.
3.      Sumber        :
    Afriki dkk. 2013. Buku Siswa Tema 7 “Cita -citaku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Afriki dkk. 2013. Buku Guru Tema 7 “Cita- Citaku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan berdoa bersama dan menyapa menyapa siswa serta menanyakan kabar mereka.
2.      Guru mengabsensi siswa dan menyiapkan materi serta alat peraga.
3.      Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati  kotak/kardus  yang mereka bawa dan membandingkan  dengan sebuah bangun datar yang disediakan oleh guru. (mengamati).
2.      Siswa  bersama guru melakukan tanya jawab tentang kotak kardus tersebut.(menanya).
3.      Siswa mendengarkan penjelasan guru  dan menyebutkan kegiatan yang akan dilakukan adalah membuat bangun ruang “bongkar pasang”.(mengkomunikasikan).
4.      Siswa kemudian menggambarkan prediksi jaring- jaring bangun datar yang membentuk kardus pada tabel yang telah disediakan. (menalar).
5.      Siswa membuka kotak kemasan yang mereka bawa dan memperhatikan jaring- jaring atau bangun- bangun datar yang membentuknya ( mengamati, eksperimen)
6.      Siswa menggambar jaring- jaring dari kotak kardus tersebut (eksperimen)
7.      Siswa memperhatikan demontrasi guru yang memotong jaring- jaring kemasan menjadi bangun datar tunggal (mengamati)
8.      Siswa kemudian mendemontrasikan membongkar pasang bangun tersebut menjadi susunan- susunan baru yang bisa membentuk bangun ruang yang sama .setiap menemukan pola jaring- jaring baru, siswa menggambarnya di buku siswa. (eksperimen)
9.      Siswa berkelompok sesuai arahan guru  dan mendapat bangun ruang yang berbeda:kubus, balok, prisma segitiga, limas segitiga, limas segiempat.(mengumpulkan informasi/ mengasosiasi)
10.  Dalam kelompok, siswa membongkar- pasang bangun ruang yang mereka punya sehingga membentuk jaring- jaring baru sesuai dengan jenis bangun ruang yang ditentukan kemudian dihubungkan dengan lem.
( mencoba/eksperimen)
11.  Masing- masing kelompok menampilkan hasil kerjanya di depan kelas. (mengkomunikasikan).
12.    Siswa lain mengamati dan memberikan apresiasi terhadap hasil kerja temannya. (mengamati)
13.    Siwa mengidentifikasi bangun segibanyak pada pola pengubinan jaring- jaring balok, limas, dan prisma.(menalar).
14.    Siswa menukarkan  bangun ruang yang mereka gambar dengan teman – teman sekelompoknya sesuai arahan guru.(mengkomunikasikan)
15.    Siswa mengidentifikasi jenis- jenis bangun datar dan pola pengubinan jaring- jaring balok, limas, dan prisma yang membentuk bangun ruang tersebut.misalnya: limas segiempat, terdiri dari :4 segiempat dan 1 persegi.(menalar)
16.    Siswa besama guru membuat kesimpulan mengenai bangun pola pengubinan kubus.(mengkomunikasikan)
17.    Siswa kembali ke kelas dan mengamati cara pembuatan celengan kardus di buku siswa.(mengamati)
18.    Siswa kemudian menceritakan alur pembuatan celengan kardus kepada temannya dengan dengan bahasannya sendiri.(mengomunikasikan)
19.    Siswa membuat karya 3 dimensi dengan memanfaatkan jaring- jaring kubus yang alat dan bahannya sudah disiapkan sebelumnya dengan membaca langkah-langkah yang ada di buku siswa.Menegenai pelubangan bisa dilakukan oleh guru.(eksperimen)
20.    siswa menghias hasil karyanya dan memajangnya.
21.    Kemudian siswa menceritakan hebatnya seorang perajin bagi masyarakat.(mengomunikasikan)
22.    Siswa bersama guru mengulas kembali mengenai kekebatan seorang perajin melalui bertanya jawab dengan siswa misalnya: apa kehebatan perajin, apa manfaat perajin dalam masyarakat, dan seterusnya. ( menggali informasi,mengomunikasikan)
23.    Guru memberi penguat dan umpan balik terhadap siswa.
155 Menit
Penutup
  1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama-sama materi pembelajaran hari ini.
  2. Siswa menjawab perenungan atau refleksi yang ada di buku siswa seperti apakah pembelajaran hari ini menyenangkan, materi apa yang sudah atau belum dipahami, pelajaran baik apa yang bisa diambil dari pembelajaran hari ini dan sebagainya.
  3. Guru memberi pesan moral yang baik kepada siswa.
  4. Guru memberi tugas rumah atau PR.
  5. Kegiatan pembelajaran ditutup dengan doa dan salam.
10 Menit


H.Penilaian
Teknik Penilaian
1.      Penilaian Sikap: Cermat, teliti, dan tanggungjawab
2.      Penilaian Pengetahuan : kuis
3.        Unjuk Kerja: Membuat karya tiga dimensi dari barang bekas.


Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Lembar Penilaian Sikap
   Minggu ke-……. Bulan …………2013                                                         Subtema ………….
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Cermat
Teliti
Tanggungjawab
BT
T
M
BT
T
C
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
Beni









2.
Siti









3.
Dayu










Keterangan :
BT = belum tampak
T    = tampak
M  = menonjol
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai.

2.      Lembar Penilaian Pengetahuan
          Daftar periksa Matematika
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu mengidentifikasi bangun segibanyak pada pola pengubinan jaring- jaring


2.
Siswa mampu menggambar berbagai variasi jaring-jaring balok


3.
Siswa mampu membuat jaring- jaring balok dari karton


4.
Siswa mampu membuat kreasi dari bahan bekas.







Daftar Periksa IPS
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu menyebutkan minimal 5 kehebatan perajin dari teks.


2.
Siswa mampu menjelaskan 3 manfaat perajin dalam masyarakat.




3.      Lembar Penilaian Keterampilan
Penilaiaan SBDP
Rubrik: membuat hasil karya 3 dimensi
Kriteria
Bagus
Cukup
Berlatih Lagi
Ketepatan
Siswa mampu menggambar seluruh jaring- jaring balok dengan akurat.
Sebagian besar gambar jaring- jaring balok digambar dengan akurat
Sebagian besar jaring- jaring balok digambar dengan tidak akurat.
Bentuk geometri
Seluruh bentuk digambar sesuai
Sebagian besar brntuk geometri digambar sesuai
Sebagian besar bangun tidak digambar sesuai.
Model
Siswa dapat membuat 3 model jaring- jaring balok
Siswa dapat membuat 2 model jaring- jaring balok
Siswa dapat membuat 1 model jaring- jaring balok.
Siswa membuat kesimpulan yang terdiri dari :
·         Bentuk bangun
·         Jumlah segibanyak
·         Pola
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 1 kriteria
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian       : total nilai  x  10
                                  12


Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Remedial:
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan:
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetens.



        Surabaya, 13 Pebruari 2013
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas IVC




    H.Abdul Barry, S.Pd.                                               Wiwik Muarofah, S.Pd.