RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD AL-ISLAH
Kelas/
Semester : IV/ 2 (Dua)
Tema/
Subtema : 7.Cita –Citaku / 2.
Hebatnya Cita – Citaku.
Pembelajaran : 4
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35
Menit)
Hari/Tanggal :
Kamis, 13 Pebruari 2014
A.Kompetensi
Inti (KI)
KI 1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
KI 3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.Kompetensi
Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
1.1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.11. Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun
tak beraturan yang membentuk pola
pengubinan melalui pengamatan.
4.5. Mengurai
dan menyusun kembali jaring- jaring bangun ruang sederhana.
4.6. Membentuk
jaring- jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada.
4.7. Membuat
benda- benda berdasarkan jaring- jaring bangun ruang yang ditemukan dengan
memanfaatkan barang- barang bekas yang ada di sekitar sekolah atau tempat
bermain.
Indikator:
3.11.1.
Mengidentifikasi bangun segi banyak pada pola pengubinan jaring- jaring balok, limas
dan prisma.
4.5.1. Menggambar
berbagai variasi jaring- jaring balok.
4.6.1. Membuat
jaring –jaring balok dari karton.
4.7.1. Membuat
kreasi benda (kotak celengan ) dari bahan bekas berdasarkan jaring- jaring
balok.
IPS
Kompetensi
Dasar
1.1.Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3. Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.5. Memahami manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.5.Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator
3.5.1.Mengidentifikasi manfaat suatu cita- cita
dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya.
4.5.1.Menuliskan manfaat suatu cita- cita terhadap
masyarakat, lingkungan alam, dan budaya.
SBDP
Kompetensi Dasar
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni
dan karya kreatif masing- masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1. Menunjukkan sikap
berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.4. Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media
karya kreatif.
4.4. Membentuk
karya seni tiga dimensi dari bahan alam.
Indikator:
3.4.1.
Menceritakan alur pembuatan media karya
kreatif
4.4.1.
Membuat kotak celengan dari kardus bekas.
C.Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah mengamati dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi
bangun segi banyak pada pola pengubinan jaring- jaring balok dengan benar.
2.
Setelah mengamati dan diskusi, siswa mampu menggambar
berbagai jaring- jaring balok dengan benar.
3.
Setelah pengamatan dan eksplorasi, siswa mampu membuat
jaring- jaring balok dari karton dengan
benar.
4.
Setelah pengamatan dan eksplorasi, siswa mampu membuat kreasi
benda dari bahan bekas berdasarkan jaring- jaring balok atau kubus dengan
benar.
5.
Berdasarkan teks intruksi, siswa mampu menceritakan alur pembuatan media karya
kreatif dengan benar.
6.
Setelah diskusi dan membaca teks bacaan secara mendalam,
siswa mampu mengidentifikasi manfaat suatu cita- cita dengan lingkungan alam,
sosial, dan budaya dengan benar.
7.
Setelah berdiskusi dan membaca teks bacaan dengan mendalam,
siswa mampu menuliskan manfaat suatu cita- cita terhadap masyarakat, lingkungan
alam, dan budaya dengan benar.
D.Materi
Pembelajaran
1. Bangun segi banyak
2. Jaring- jaring balok dan kubus
3. Membuat kreasi kotak celengan dari barang bekas
4. Menceritakakan alur pembuatan media
karya.
5. Menuliskan manfaat cita- cita terhadap
masyarakat ,lingkungan, dan budaya.
E.Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi, serta penugasan.
Pendekatan : Scientific
(mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasikan).
F.Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1. Media dan : teks bacaan, gambar bangun
segi banyak, gambar jaring-jaring balok dan kubus.
2. Alat : kardus, gunting, kertas kado, kertas karton.
3. Sumber :
Afriki dkk.
2013. Buku Siswa Tema 7 “Cita -citaku”.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Afriki dkk.
2013. Buku Guru Tema 7 “Cita- Citaku”.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
G.Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran dengan berdoa bersama dan
menyapa menyapa siswa serta menanyakan kabar
mereka.
2. Guru mengabsensi siswa dan menyiapkan materi
serta alat peraga.
3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum
melaksanakan pembelajaran inti.
4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat dipahami.
|
10
Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati kotak/kardus yang mereka bawa dan membandingkan dengan sebuah bangun datar yang disediakan
oleh guru. (mengamati).
2. Siswa
bersama guru melakukan tanya jawab tentang kotak kardus tersebut.(menanya).
3. Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menyebutkan kegiatan yang akan
dilakukan adalah membuat bangun ruang “bongkar pasang”.(mengkomunikasikan).
4. Siswa kemudian menggambarkan prediksi
jaring- jaring bangun datar yang membentuk kardus pada tabel yang telah
disediakan. (menalar).
5. Siswa membuka kotak kemasan yang
mereka bawa dan memperhatikan jaring- jaring atau bangun- bangun datar yang
membentuknya ( mengamati, eksperimen)
6. Siswa menggambar jaring- jaring dari
kotak kardus tersebut (eksperimen)
7. Siswa memperhatikan demontrasi guru
yang memotong jaring- jaring kemasan menjadi bangun datar tunggal (mengamati)
8.
Siswa
kemudian mendemontrasikan membongkar pasang bangun tersebut menjadi susunan-
susunan baru yang bisa membentuk bangun ruang yang sama .setiap menemukan
pola jaring- jaring baru, siswa menggambarnya di buku siswa. (eksperimen)
9.
Siswa berkelompok sesuai arahan guru dan mendapat bangun ruang yang
berbeda:kubus, balok, prisma segitiga, limas segitiga, limas segiempat.(mengumpulkan
informasi/
mengasosiasi)
10. Dalam kelompok, siswa membongkar-
pasang bangun ruang yang mereka punya sehingga membentuk jaring- jaring baru
sesuai dengan jenis bangun ruang yang ditentukan kemudian dihubungkan dengan
lem.
( mencoba/eksperimen)
11. Masing- masing kelompok menampilkan
hasil kerjanya di depan kelas. (mengkomunikasikan).
12. Siswa lain mengamati dan memberikan
apresiasi terhadap hasil kerja temannya. (mengamati)
13. Siwa mengidentifikasi bangun
segibanyak pada pola pengubinan jaring- jaring balok, limas, dan prisma.(menalar).
14. Siswa menukarkan bangun ruang yang mereka gambar dengan
teman – teman sekelompoknya sesuai arahan guru.(mengkomunikasikan)
15. Siswa mengidentifikasi jenis- jenis
bangun datar dan pola pengubinan jaring- jaring balok, limas, dan prisma yang membentuk bangun
ruang tersebut.misalnya: limas segiempat, terdiri dari :4 segiempat dan 1
persegi.(menalar)
16. Siswa besama guru membuat kesimpulan
mengenai bangun pola pengubinan kubus.(mengkomunikasikan)
17. Siswa kembali ke kelas dan mengamati
cara pembuatan celengan kardus di buku siswa.(mengamati)
18. Siswa kemudian menceritakan alur
pembuatan celengan kardus kepada temannya dengan dengan bahasannya sendiri.(mengomunikasikan)
19. Siswa membuat karya 3 dimensi dengan
memanfaatkan jaring- jaring kubus yang alat dan bahannya sudah disiapkan
sebelumnya dengan membaca langkah-langkah yang ada di buku siswa.Menegenai
pelubangan bisa dilakukan oleh guru.(eksperimen)
20. siswa menghias hasil karyanya dan
memajangnya.
21. Kemudian siswa menceritakan hebatnya
seorang perajin bagi masyarakat.(mengomunikasikan)
22. Siswa bersama guru mengulas kembali
mengenai kekebatan seorang perajin melalui bertanya jawab dengan siswa
misalnya: apa kehebatan perajin, apa manfaat perajin dalam masyarakat, dan
seterusnya. ( menggali
informasi,mengomunikasikan)
23. Guru memberi penguat dan
umpan balik terhadap siswa.
|
155
Menit
|
Penutup
|
|
10
Menit
|
H.Penilaian
Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Cermat, teliti, dan
tanggungjawab
2. Penilaian Pengetahuan : kuis
3.
Unjuk
Kerja: Membuat karya tiga dimensi dari barang bekas.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1.
Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke-……. Bulan …………2013
Subtema ………….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perubahan Tingkah
Laku
|
||||||||
Cermat
|
Teliti
|
Tanggungjawab
|
||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
C
|
BT
|
T
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Beni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT = belum
tampak
T = tampak
M = menonjol
Berilah tanda
centang (v) pada kolom yang sesuai.
2.
Lembar Penilaian Pengetahuan
Daftar periksa Matematika
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu
mengidentifikasi bangun segibanyak pada pola pengubinan jaring- jaring
|
|
|
2.
|
Siswa mampu
menggambar berbagai variasi jaring-jaring balok
|
|
|
3.
|
Siswa mampu membuat jaring-
jaring balok dari karton
|
|
|
4.
|
Siswa mampu membuat
kreasi dari bahan bekas.
|
|
|
Daftar
Periksa IPS
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu
menyebutkan minimal 5 kehebatan perajin dari teks.
|
|
|
2.
|
Siswa mampu
menjelaskan 3 manfaat perajin dalam masyarakat.
|
|
|
|
3.
Lembar Penilaian Keterampilan
Penilaiaan
SBDP
Rubrik:
membuat hasil karya 3 dimensi
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Ketepatan
|
Siswa mampu
menggambar seluruh jaring- jaring balok dengan akurat.
|
Sebagian besar gambar
jaring- jaring balok digambar dengan akurat
|
Sebagian besar
jaring- jaring balok digambar dengan tidak akurat.
|
Bentuk geometri
|
Seluruh bentuk
digambar sesuai
|
Sebagian besar brntuk
geometri digambar sesuai
|
Sebagian besar bangun
tidak digambar sesuai.
|
Model
|
Siswa dapat membuat 3
model jaring- jaring balok
|
Siswa dapat membuat 2
model jaring- jaring balok
|
Siswa dapat membuat 1
model jaring- jaring balok.
|
Siswa membuat
kesimpulan yang terdiri dari :
·
Bentuk
bangun
·
Jumlah
segibanyak
·
Pola
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi 2 kriteria
|
Memenuhi 1 kriteria
|
Catatan:
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai x 10
12
Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi
perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat
perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi
catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
*
Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Remedial:
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang
ditetapkan.
Pengayaan:
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi
target pencapaian kompetens.
Surabaya, 13 Pebruari 2013
Kepala
Sekolah Guru
Kelas IVC
H.Abdul Barry, S.Pd. Wiwik Muarofah, S.Pd.