Manfaat minum air putih dalam keadaan perut kosong


Jakarta - Minum air putih merupakan kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Di Jepang, mengonsumsi air putih adalah suatu keharusan. Bahkan, di negara tersebut setiap orang diwajibkan mengonsumsi air putih di pagi hari, terutama pada saat perut dalam keadaan kosong.
Kalau kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, dehidrasi dapat menjadi risiko. Jika sudah dehidrasi berkepanjangan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Seperti penyakit obesitas, hipertensi, batu ginjal, kanker kandung kemih dan lainnya.
Pakar kesehatan dari Indiana University School of Medicine, Aaron E. Carroll, beberapa waktu lalu mengatakan tubuh laki-laki membutuhkan 2,6 liter air dan wanita sekitar 2,1 liter air. Taylor menyarankan untuk minum empat sampai enam gelas standar air per hari. Namun, jumlah air bisa ditambah jika sedang berada di tempat dengan suhu panas dan Anda sangat aktif melakukan kegiatan. Sebaliknya, ketika suhu dingin, konsumsi air bisa dikurangi.
Nah, berikut ini aneka manfaat yang bisa didapat dengan minum air putih di pagi hari saat perut kosong, seperti dikutip detikHealth dari berbagai sumber:
1. Cegah perut kembung
Tidak adanya kandungan kalori dalam air membuat mengonsumsi air di pagi hari dalam keadaan perut kosong menjadi salah satu detoks racun dan mencegah perut kembung. Tak hanya itu, metabolisme juga akan meningkat dan mempercepat pembakaran kalori.
2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Minum air di saat perut kosong bermanfaat menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Adanya keseimbangan tersebut akan menjaga kekebalan tubuh, di mana lebih sempurna melindungi dari serangan virus dan bakteri.
3. Menyehatkan kulit
Minum segelas air putih saat perut sedang kosong dapat membantu melancarkan pergerakan usus menjadi lebih teratur. Kondisi ini dapat mendetoksifikasi tubuh, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersinar.
4. Mencegah batu ginjal dan infeksi kantung kemih
Minum air putih setelah bangun tidur bisa bantu cegah batu ginjal dan infeksi kantung kemih. Minumlah dalam jumlah cukup untuk menghindari aneka ragam penyakit infeksi yang disebabkan oleh racun.
5. Menyehatkan pencernaan
Pencernaan yang tidak sehat bisa menjadi awal dari menurunnya kesehatan tubuh. Oleh karena itu, minum air bermanfaat untuk mengeluarkan semua racun dari sistem pencernaan, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sehingga tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.
6. Membersihkan racun
Racun yang ada di dalam tubuh Anda mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh. Minum cukup air mampu membersihkan racun tersebut dan tetap menjaga agar tubuh Anda selalu sehat. Nah, racun tersebut akan keluar melalui urine. Minum cukup air putih juga bisa membantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.
(vit/vit)

Sumber :
http://m.detik.com/health/read/2016/12/12/141107/3369115/763/manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong



0 Response to "Manfaat minum air putih dalam keadaan perut kosong"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.