kisah isro' mi'roj 1

KISAH
PERJALANAN ISRO’ DAN MI’ROJ BAGINDA NABI MUHAMMAD SAW

KISAH 1
(DATANGNYA PARA MALAIKAT)
Tatkala Nabi Saw berada di hijir isma’il dekat baitulloh sedang berbaring di antara dua laki laki (hamzah dan ja’far bin abi tholib), tiba-tiba beliau di datangi oleh jibril dan mikail masing-masing keduanya bersama malaikat yang lain, maka para malaikat itu membawa beliau tanpa memberitahu kedua laki laki itu hingga mereka memopong beliau ke sumur zamzam, lalu mereka membaringkan punggung beliau dengan penuh hormat dan ketenangan. Yang bertanggunh jawab untuk menjaga beliau adalah malikat jibril.
Sebuah riwayat dikatakan  “atap rumahku dibelah lalu turunlah jibril “. Maka setelah itu jibril membelah pangkal leher beliau sampai kebawah perut, kemudian jibril berkata kepada mikail “datangkan aku baskom yang berisi air zamzam supaya aku dapat mensucikan hatinya dan melapangkan dadanya”, maka keluarlah hati beliau lalu jibril membasuhnya tiga kali dan mencabut sesuatu yang kotor disana, sedangkan mikail mondar-mandir dengan membawa tiga baskom yang berisi air zamzam, kemudian jibril mendatangkan baskom dari emas yang penuh dengan hikmah dan iman lalu menuangkannya di dalam dada beliau dan memenuhinya dengan kesabaran, ilmu, keyakinan dan islam.
Kemudian jibril menutupnya kembali dan diberikan setempel kenabian di antara dua pundak beliau dengan khotimunnubuwwah.
KISAH 2
(MEMULAI PERJALANAN/ISRO’)
Lalu Jibril mendatangi Buroq yang berpelana dan mempunyai kendali, ia adalah binatang yang sangat putih dan panjang lebih besar dari himar (keledai) dan lebih kecil dari baghl (hasil persilangan kuda dan keledai), langkah kakinya sejauh penghujung pandangannya, dan kedua telinganya selalu bergerak.
Saat ia menaiki gunung kedua kakinya memanjang, dan ketika menuruni gunung kedua tangannya memanjang, ia memiliki dua sayap di kedua pahanya yang berpungsi untuk menguatkan kecepatan larinya. Maka buroq itu berjingkrak memperlihatkan kekuatannya lalu jibril meletakkan tangannya tepat di kepalanya untuk memperkenalkannya, kemudian jibril berkata “tidakkah engkau malu hai buroq, demi Alloh orang yang hendak menunggangimu adalah makhluk yang paling mulia disisi Alloh, maka buroq itupun merasa malu hingga bercucuran keringatnya barulah ia tenang dan diam hingga beliau dapat menungganginya.
Ternyata para Nabi sebelum beliaupun telah menungganginya, Sa’id Bin Al Musayyab dan yang lain berkata “ia adalah binatangnya Nabi Ibrohim yang di gunakan untuk pergi ke Baitul Harom, lalu berangkatlah jibril dengan beliau di sebelah kanan dan mikail di sebelah kiri. Menurut Ibnu Sa’d “yang bertugas sebagai pengendara adalah jibril dan sebagai pengendali kekangnya adalah mikail”.
Lalu mereka berjalan hingga sampai di kebun kurma, maka jibril berkata kepada beliau “turunlah dan sholatlah disini” maka beliau mengerjakannya, kemudian melanjutkan perjalanan lalu jibril berkata “apakah engkau tahu dimanakah engkau sholat?” beliau berkata “saya tidak tau,,” jibril berkata “tadi engkau sholat di daerah toyyibah (madinah) dan disanalah engkau akan hijrah”, maka berangkatlah buroq itu dengan menggerakkan sayapnya dan langkahnya sejauh manapun pandangannya, maka jibril berkata kepada beliau “silahkan baginda turun dan sholatlah disini” maka beliau mengerjakannya, kemudian melanjutkan perjalanan lalu jibril bertanya “apakah baginda tahu dimana baginda sholat tadi?” beliau berkata “saya tidak tau,,!?”, jibril berkata “tadi baginda sholat di daerah Madyan dekat pohonnya Musa (tempatnya berteduh)”.
Maka berangkatlah buroq itu dengan menggerakkan sayapnya (setelah sampai) kemudian jibril berkata “silahkan baginda turun dan sholatlah disini” maka beliau mengerjakannya, kemudian melanjutkan perjalanan lalu jibril bertanya “apakah baginda tahu dimanakah baginda  sholat tadi?” beliau berkata “saya tidak tau,,!?” jibril berkata “tadi baginda sholat di daerah Thur Sina saat Alloh berbicara dengan Musa As.
Kemudian beliau sampai di bumi yang terlihat jelas bangunan Istana Negeri Syam, maka jibril berkata “silahkan baginda turun dan sholatlah disini” maka beliau mengerjakannya, kemudian melanjutkan perjalanan, lalu buroq itu berangkat dengan menggerakkn sayapnya kemudian  jibril bertanya “apakah baginda tahu dimanakah baginda sholat tadi?” beliau berkata “saya tidak tau,,!?” jibril berkata “tadi baginda sholat di daerah Baitu Lahm tempat di lahirkannya Isa As Ibnu Maryam”.